Optimalisasi Pencatatan Keuangan UMKM Melalui Penggunaan Aplikasi BukuWarung

 


Campusnesia.co.idSendangmulyo, Tembalang (14/12/2023). Saat ini, sektor UMKM menjadi salah satu tiang kuat dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan informasi terbaru dari Badan Koordinasi Penanaman Modal, UMKM telah berkontribusi sebesar 63,5% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada tahun 2022, mencapai jumlah sekitar Rp10.200 triliun. Pemerintah secara berkelanjutan berupaya mendorong UMKM agar beralih ke ranah digital guna meningkatkan kemandirian ekonomi. Namun, saat ini sebagian besar dari pemilik UMKM masih dihadapkan pada kesulitan dalam mengadopsi digitalisasi dalam berbagai aspek operasional, termasuk dalam hal pencatatan keuangan yang berbasis digital. 

Perkembangan teknologi yang sangat pesat ini membuat para pelaku UMKM berupaya untuk menyeimbangkan dengan perubahan tersebut. Tetapi, dalam hal ini banyak para pelaku UMKM yang belum siap dalam menerima perubahan tersebut, terutama dalam hal pencatatan keuangan berbasis digital sehingga lebih merasa nyaman dalam melakukan pembukuan secara konvensional. 

Dari permasalahan tersebut, Jeficca Fania, Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro melakukan sosialisasi, edukasi dan pendampingan terkait penggunaan aplikasi BukuWarung. BukuWarung adalah aplikasi pencatatan keuangan digital yang dapat diunduh secara gratis yang dirancang untuk membantu UMKM dan bisnis kecil menengah dalam mengelola keuangan mereka. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mencatat transaksi, mengelola stok barang, dan membuat laporan keuangan digital yang akurat dan real time serta dapat diunduh dalam bentuk dokumen lain. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat (08/12) secara door-to-door kepada pelaku UMKM di Kelurahan Sendangmulyo. Mahasiswa menyampaikan teknis penggunaan aplikasi secara rinci yang disertai dengan pembagian buku panduan dan praktik secara langsung mengenai pencatatan keuangan melalui aplikasi BukuWarung. Di dalam buku panduan tersebut terdapat penjelasan mengenai pengenalan pembukuan digital, manfaat pembukuan digital, langkah – langkah dan video tutorial dalam mengoperasikan aplikasi BukuWarung, serta tertera contact person mahasiswa jika ada pertanyaan lebih lanjut.

     
Dari sosialisasi, edukasi, dan pendampingan tersebut mendapatkan respons positif dari para pelaku UMKM, dimana mereka merasa terbantu atas pengenalan pencatatan keuangan secara digital dengan penggunaan aplikasi BukuWarung yang dinilai lebih berpotensi dalam menjaga data – data keuangan yang lebih komprehensif dibandingkan secara konvensional. Mereka terlihat sangat antusias saat diperkenalkan mengenai aplikasi BukuWarung yang tersedia pada ponsel mereka dan diberi kesempatan langsung untuk mengaplikasikan aplikasi tersebut dengan mencatat pembukuan sesuai dengan jenis usaha mereka. 

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Bapak Idjam, salah satu pemilik usaha sempol ayam “Pencatatan keuangan seperti ini sangat membantu saya dalam mengetahui pemasukan dan pengeluaran secara teratur sehingga saya dapat mengetahui setiap keuntungan atau kerugian yang saya dapatkan”.

Dengan adanya sosialisasi, edukasi, dan pendampingan pencatatan keuangan secara digital bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), diharapkan dapat meningkatkan pemahaman serta penerapan pencatatan keuangan yang lebih sistematis. Melalui pencatatan yang terstruktur, UMKM dapat mengalami pertumbuhan yang lebih baik dan berkelanjutan, membantu mencegah kemiskinan, dan mendukung perkembangan ekonomi secara maksimal. Selain itu, hal ini juga dapat mempermudah akses UMKM dalam mendapatkan kredit perbankan sesuai kebutuhan mereka.

Tak hanya itu, program ini juga diharapkan membantu dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan UMKM. Data yang tersistematisasi dan terdokumentasi dengan baik dapat menjadi referensi yang kuat bagi para pemilik usaha dalam mengukur pertumbuhan bisnis, mengidentifikasi tren, dan merencanakan langkah-langkah masa depan.




Editor: Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon