TIM II KKN UNDIP Pedulikan Masyarakat Desa Kebondalem, Berikan Sosialisasi Stunting dan ODF

 


Campusnesia.co.idMinggu, 13 Agustus 2023. Batang- TIM II KKN UNDIP melaksanakan sosialisasi mengenai stunting dan ODF bagi warga di Desa Kebondalem, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang. Kegiatan ini merupakan upaya mahasiswa untuk membantu pemecahan masalah yang tak kunjung usai di Desa Kebondalem yang menjadi desa paling tinggi angka stunting dan masih adanya ODF. 

Kegiatan sosialisasi mengenai stunting dan ODF ini diselenggarakan pada Kamis, 10 Agustus 2023 yang diikuti oleh puluhan warga dari berbagai dukuh di Desa Kebondalem. Dalam sesi sosialisasi, TIM II KKN UNDIP memaparkan materi mengenai stunting dan ODF, bahwa ternyata stunting dan ODF masih berkaitan. 

Perilaku ODF merupakan bentuk sanitasi yang buruk, yang menyebabkan peningkatan risiko terkena penyakit pada anak. Kondisi sakit ini memberikan dampak pada kebutuhan gizi anak dan jika perbaikan gizi ini tidak terpenuhi secara optimal maka akan menyebabkan stunting. 

Selain itu, TIM II KKN UNDIP juga memberikan berbagai solusi untuk mengatasi 2 kasus ini yang dibawakan secara rinci dan mudah dipahami oleh warga. Salah satu solusi yang populer untuk pencegahan stunting adalah adanya rekomendasi menu asupan gizi yang bisa dikatakan murah, jadi pemenuhan gizi pada anak belum tentu mahal tetapi juga ada menu-menu yang murah namun mencukupi kebutuhan gizi pada anak. TIM II KKN UNDIP juga membagikan beberapa susu untuk anak yang terkena stunting di Desa Kebondalem. 

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan respon positif dari para warga Desa Kebondalem, terutama dari ibu-ibu yang memberikan apresiasi kepada TIM II KKN UNDIP atas upaya memberikan sosialisasi dan menanamkan kesadaran warga. TIM II KKN UNDIP juga bekerja sama dengan perangkat desa dan para tokoh masyarakat guna merealisasikan apa yang telah disosialisasikan. 

Hal ini menunjukkan bahwa TIM II KKN UNDIP berusaha berperan penting dalam membantu masyarakat mengatasi permasalahan yang berada di Desa Kebondalem dengan menyalurkan ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan.

“Kami akan berusaha seoptimal mungkin demi melancarkan acara dan merealisaskan sosialisasi yang kami bawakan kepada masyarakat setempat, kami berupaya agar menemukan solusi-solusi yang membantu masyarakat mencetak generasi muda yang menjaga lingkungan dan kesehatan di Desa Kebondalem ini.” Ujar Ulfah Nur Azizah sebagai ketua KKN. 

Secara keseluruhan, kegiatan sosialisasi stunting dan ODF yang diselenggarakan oleh TIM II KKN UNDIP di Desa Kebondalem pada Kamis, 10 Agustus 2023 berjalan dengan lancar dan antusias warga sesuai dengan harapan. TIM II KKN UNDIP membuktikan bahwa ilmu dan kepedulian yang diperoleh di universitas dapat digunakan dan bermanfaat guna membantu memberikan solusi di Desa Kebondalem yang lebih baik kedepannya. 


Oleh: TIM II KKN UNDIP

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon