Sedih Melihat Anak Sekolah Tidak Tahu Presiden Ke-7 Indonesia, Mahasiswa KKN Undip Gelar Lomba Rangking 1 Untuk Siswa SD!


(siswa peserta rangking 1 yang masuk dalam 3 besar dalam acara rangking 1)


Campusnesia.co.id[Mokaha,03/08/2023] - Dalam upaya mengatasi kurangnya wawasan pengetahuan umum di kalangan siswa Sekolah Dasar (SD), mahasiswa Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro mengambil langkah proaktif dengan menggelar Lomba Rangking 1. Inisiatif ini bertujuan untuk mendorong minat belajar dan membangun pemahaman yang lebih baik tentang pengetahuan umum di tengah generasi muda.

Lomba bertajuk "Rangking 1: Menantang Pengetahuan Umum Kamu" diadakan di balai desa mokaha pada tanggal 03 Agustus 2023. Peserta lomba ini berasal dari siswa kelas 5 dan 6 SD 1 Mokaha dan SD 2 Mokaha dengan semangat yang luar biasa. Tujuan utama dari lomba ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan pengetahuan lintas disiplin dan memperluas cakrawala mereka.

Pak Ahmad selaku kepala Desa Mokaha turut mengapresiasi acara ini. "Jadikan perlombaan rangking 1 ini sebagai acuan bagi kalian untuk menambah wawasan tentang pengetahuan umum, supaya menjadi anak yang pintar dan berwawasan luas." Ujar pak Ahmad kepada para siswa dalam sesi sambutan kepala desa.
 
(foto perlombaan dan foto juara lomba rangking 1)

Peserta lomba diuji dalam dua babak yaitu babak penyisihan dengan dengan sistem soal benar atau salah dan babak final dengan system soal pilihan ganda. Namun, sangat di sayangkan pada soal pertama babak penyisihan sudah terdapat beberapa siswa yang gugur dengan pertanyaan “Presiden ke-7 Indonesia ialah Bapak Jokowi”, peserta yang gugur tersebut nampak menjawab dengan jawaban “salah”. 

Setelah selesai babak penyisihan dan babak final, maka didapatkan 3 besar yang akan menjadi juara satu, dua dan tiga. Hasil akhirnya didapatkan Farhan dari SD 1 Mokaha keluar sebagai juara satu dalam perlombaan rangking 1 tersebut dan juara dua dan tiga diraih oleh siswa dari SD 2 Mokaha. 

Dengan Lomba Rangking 1 ini, mahasiswa KKN Undip telah memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan wawasan pengetahuan umum di kalangan siswa SD. Melalui semangat kolaborasi dan dedikasi untuk pendidikan, mereka berharap dapat menginspirasi generasi muda untuk terus belajar, berpikir kritis, dan mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang dunia di sekitar mereka.



Penulis: Muhamad Rizki Apriana

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Anang Wahyu Sejati, S.T., M.T

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon