Say No To Drugs! Sehat Mental, Sehat Jiwa Tanpa Narkoba

 


Campusnesia.co.idKelurahan Sanggang, Kabupaten Sukoharjo (28/07/2023)-Penyalahgunaan narkotika di kalangan masyrakat saat ini, terutama remaja menjadi suatu hal yang perlu diberantas. Dampak penyalahgunaan narkotika pada seseorang sangat bergantung pada jenis narkotika yang digunakan. Adapun dampak yang dapat terjadi berpengaruh pada kondisi fisik, psikis maupun sosial seseorang. 

Secara umum penyalahgunaan narkotika dapat mengancam dan merusak masa depan sang penggunanya, bahkan dapat menyebabkan dampak terhadap kondisi psikologis pemakai. Dampak-dampak yang dapat ditimbulkan dari segi psikologis itu sendiri, terdiri dari mudah gelisah, sulit berkonsentrasi, perasaan tidak aman, dan lainnya.

Tingkat penggunaan narkotika oleh remaja di Desa Sanggang sendiri, tergolong rendah. Akan tetapi, bukan berati upaya pencegahan tidak perlu untuk dilakukan. Sehingga, mahasiswa KKN Tim II Undip 2022/2023 yang berlokasikan di Desa Sanggang melakukan pemberian edukasi terkait dampak narkotika secara umum dan secara psikologis dengan metode pemaparan materi dan pemberian poster. 

Hal tersebut dilakukan juga berlandaskan akan informasi dampak narkotika dari segi psikologis yang masih minim dimiliki oleh para remaja Desa Sanggang. Pemaparan materi berlangsung pada tanggal 28 Juli 2023 yang berlokasikan di Balai Desa Sanggang dengan peserta terdiri dari pemuda pemudi Desa Sanggang. 

Dalam upaya pengukuran keberhasilan materi yang tersampaikan kepada para peserta kegiatan, maka mahasiswa KKN TIM II Undip memberikan kuisioner yang berisikan pertanyaan sesuai dengan materi yang telah disampaikan saat pemaparan berlangsung. 


Pelaksanan kegiatan tersebut berlangsung dengan kondusif dan disambut dengan baik oleh para pemuda pemudi Desa Sanggang yang dengan antusias menyimak pemaparan materi terkait dampak narkotika dari segi psikologi. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan para pemuda pemudi Desa Sanggang dapat menjauhi penggunaan narkotika yang dapat berdampak keberlangsungan hidup mereka kelak. 

https://www.instagram.com/p/CvXhezRSinP/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon