Jiwa Sehat, Mental Kuat Menuju Keluarga Hebat

 


Campusnesia.co.idKelurahan Sanggang, Kabupaten Sukoharjo (28/07/2023) – Masih banyak sekali remaja di Indonesia yang mengambil langkah untuk melakukan pernikahan dini dengan berbagai alasan yang mendasarinya. Seperti, alasan ekonomi, keluarga, bahkan kurangnya pengetahuan terkait dengan dampak pernikahan dini. 

Faktanya adalah Indonesia menduduki peringkat ke-8 pernikahan dini di dunia dan tingkat ke-2 pernikahan dini di ASEAN. Maka dari itu, berdasarkan data tersebut, mahasiswa Universitas Diponegoto Fakultas Psikologi melakukan sosialisasi terkait dampak pernikahan dini dari persepektif psikologi, yang dimana seperti kita ketahui bahwa pernikahan dini juga membawa dampak yang besar terhadap kesehatan mental pasangan suami istri yang melangsungkan pernikahan di bawah usia seharusnya. 

Tak hanya berdampak terhadap kesehatan mental pasangan suami-istri, akan tetapi dampak tersebut juga dapat berdampak kepada lingkungan sekitar dan generasi penerus mereka kelak, apabila tidak adanya persiapan yang atang dari segi fisik, psikis, dan emosi dalam menjalankan kehidupan berumah tangga.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2023 dengan peserta yang terdiri dari pemuda pemudi Desa Sanggang. Kegiatan ini berlangsung di Balai Desa Sanggang dengan awalan pemapan materi oleh mahasiswa KKN TIM II Universitas Dipoengoro. Materi tersebut telah dirancang dan dipersentasikan dengan semaksimal mungkin, agar para pemuda pemudi Desa Sanggang dapat menangkap initi sari dari sosialisasi yang dilaksanakan terkait dampak pernikahan dini. 
 

Keberhasilan dari persentasi yang telah dipaparkan dapat diukur dengan kuisioner yang diberikan oleh pemateri setelah pemaparan berlansung dengan tingkat kebenaran 97% dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Kemudian, pemateri juga memberikan poster yang berisikan dampak pernikahan dini dari perspektif psikologi, hal tersebut bertujuan untuk memantapkan kembali materi yang telah diberikan sebelumnya. 

Pada sesi akhir pelaksanaan sosialisasi, pemateri memberikan pendampingan terkait pernikahan dini kepada salah satu Desa Sanggang, dengan harapan dapat lebih mengetahui dampak pernikahan dini dan memotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Dengan demikian, selain dapat memberikan edukasi terkait pernikahan dini, kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan motivasi para pemuda pemudi Desa Sanggang untuk mengambil langkah unutk mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh mereka, seperti melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

https://www.instagram.com/p/CvXhezRSinP/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon