Pisang Bisa Berevolusi? "Revolusi Donat Pisang: UMKM Merambah Pasar Baru Melalui Digital Marketing Di Facebook Dan Whatsapp"

 


Campusnesia.co.idDesa Sumbarang(30/07/2023)-pisang bisa berubah jadi apa selain jadi buah?. Desa Sumbarang telah mengukuhkan diri sebagai pusat produksi pisang yang melimpah. Namun, kesempatan untuk memaksimalkan pemasaran produk kebun ini belum sepenuhnya dieksplorasi. 

Menangkap semangat zaman, Desa Sumbarang mengambil langkah berani dengan merintis UMKM Donat Pisang berbasis digital marketing melalui media sosial Facebook dan WhatsApp. Program inovatif ini diprakarsai dengan tujuan untuk mengangkat ekonomi lokal dan memberdayakan masyarakat melalui pemasaran yang lebih luas dan modern.

Pisang, sebagai salah satu hasil kebun utama di Desa Sumbarang, biasanya hanya dipasarkan dalam bentuk buah segar. Namun, dalam era digital, cara pemasaran bisa lebih kreatif dan beragam, salah satunya dengan membentuk UMKM yang menghasilkan produk olahan pisang yang unik dan menarik. Dengan memanfaatkan potensi pisang sebagai bahan dasar, program ini bertujuan untuk menciptakan produk baru yang memiliki daya tarik tersendiri serta memperluas pasar pemasaran.

Program "Perintisan UMKM Donat Pisang Berbasis Digital Marketing Via Media Sosial Facebook dan WhatsApp" bertujuan untuk merintis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Sumbarang dengan fokus pada produksi donat pisang. Diharapkan, dengan memadukan inovasi dalam produk dan metode pemasaran, program ini akan mampu mendongkrak ekonomi desa secara signifikan.

Dalam program ini, langkah-langkah pelaksanaan yang terstruktur akan memandu pembentukan UMKM Donat Pisang. Dari pembuatan donat, desain kemasan, hingga branding merek, semuanya akan ditangani secara cermat. Namun, yang menjadi daya tarik utama adalah metode pemasaran berbasis digital, dengan memanfaatkan WhatsApp dan Facebook sebagai media utama. Ini dianggap sebagai pendekatan yang paling efektif karena keduanya telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat.

Program ini ditujukan kepada para Ibu-Ibu PKK yang aktif dan memiliki minat untuk belajar merintis UMKM. Dengan fokus pada kelompok ini, program ini bertujuan untuk memberdayakan kaum perempuan dalam aspek ekonomi dan kewirausahaan.

“ ternyata pisang bisa dibikin donat ya, rasanya enak dan saya baru kali ini doyan makan donat” testimoni salah satu warga yang telah mencoba hasil produk kami.

Melalui perpaduan antara kreasi produk dan pemasaran digital, program "Perintisan UMKM Donat Pisang Berbasis Digital Marketing Via Media Sosial Facebook dan WhatsApp" menciptakan peluang baru bagi masyarakat Desa Sumbarang untuk mengembangkan potensi ekonomi mereka.

“setelah kegiatan tersebut saya dapat membuat donat pisang sendiri, dan saya jual di warung” warga yang sudah mencoba memasarkan dan memulai UMKM donat pisang.

Dengan inovasi yang cerdas dan pendekatan yang tepat, program ini berpotensi mengubah wajah perekonomian lokal dan mengilhami komunitas yang lebih kuat dan sejahtera.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon