Mesin Pencacah Sampah Sebagai Media Pengelolaan Sampah Organik

 
Konsultasi Program Kerja dengan Kepala Desa 


Campusnesia.co.id - Desa Cangak, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang (07/08/23) – Desa Cangak merupakan salah satu desa di Kecamatan Bodeh yang mana kehidupan masyarakatnya masih berbasis pertanian. Hal ini nyatanya membawa sebuah dampak yang menjadi persoalan di Desa Cangak. 

Timbunan sampah organik dari hasil kebun yang belum terkelola dengan baik menjadi permasalahan yang belum teratasi. Timbunan sampah ini menjadi permasalahan yang meresahkan warga karena menimbulkan bau yang tidak sedap dan dapat menjadi sumber penyakit. 

Catra Arsa Janapriya, mahasiswa Rekayasa Perancangan Mekanik, Fakultas Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro yang tergabung dalam Tim KKN II 2023, merancangkan sebuah alat pencacah sampah sebagai langkah pengelolaan sampah organik bagi Desa Cangak. 

Rancangan mesin pencacah sampah ini merupakan sebuah langkah yang dilakukan guna membantu pengelolaan sampah organik juga mendukung program bank sampah Desa Cangak. Bapak Erwanto, S.Pd. yang merupakan kepala desa Desa Cangak juga turut mendukung program kerja ini. Beliau mengatakan, “Rancangan mesin pencacah sampah ini dapat membantu pengelolaan sampah di Desa Cangak ini menjadi lebih baik.” 

Penyerahan Proposal Desain Rancangan Mesin Pencacah Sampah 
kepada Kepala Desa Cangak 

Rancangan desain alat pencacah sampah dikemas dalam bentuk proposal yang dapat digunakan sebagai proposal pengadaan yang dapat diajukan oleh Desa Cangak kepada pemerintah setempat. 

Rancangan desain alat pencacah sampah ini disosialisasikan di Balai Desa Cangak pada 4 agustus 2023 yang dihadiri oleh Bapak Erwanto, S.Pd. selaku Kepala Desa Cangak dan juga seluruh Perangkat Desa Cangak. Pada acara ini juga proposal rancangan mesin pencacah sampah diserahkan dan diterima oleh kepala Desa Cangak. “Terimakasih mas, proposalnya diterima. Akan saya ajukan kepada pemerintah setempat agar bisa segera terealisasikan.” ucap Kepala Desa Cangak. 



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon