Mahasiswa KKN Undip Berhasil Melakukan Optimalisasi Pelayanan publik Melalui Penyusunan Poster Persyaratan dan Alur Pelayanan Administrasi Desa

  


Campusnesia.co.id - Pati  (07/08/2023) ) Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat membuat tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan publik yang prima meningkat. Optimalisasi pengelolaan administrasi desa merupakan aspek penting dalam pembangunan desa. 

Pelayanan administrasi adalah pelayanan yang menghasilkan bentuk dokumen resmi yang dibutuhkan oleh publik, seperti status kewarganegaraan dan kepemilikan atau penguasaan pada suatu barang. Mahasiswa Tim II KKN undip, Anindita Ghina Pramudita telah melaksanakan program kerja optimalisasi tata kelola administrasi desa Sendangrejo dalam mewujudkan good governance.

Upaya perbaikan secara menyeluruh menuju tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) salah satunya dapat dilihat melalui kualitas pelayanan pada masyarakat. Program tersebut turut mendukung salah satu poin Sustainable Development Goals yaitu Partnerships for The Goals atau kemitraan untuk mencapai tujuan, sebab program ini mendorong terbentuknya tata kelola pemerintahan yang baik, terutama bagi pelayanan publik melalui kemitraan diantara pihak pemerintah desa, masyarakat, dan akademisi. 

Program dilaksanakan dengan beberapa tahapan, pertama mahasiswa melakukan observasi keadaan administrasi Desa Sendangrejo. Tata kelola administrasi Desa Sendangrejo masih ditemukan permasalahan yaitu belum adanya persyaratan dan alur pelayanan administrasi kependudukan secara tertulis. 

Masyarakat Desa Sendangrejo tidak mengetahui dengan jelas syarat dan alur pelayanan pengurusan dokumen kependudukan sehingga terjadi kekurangan persyaratan dokumen untuk pengurusan administrasi dan kebingungan masyarakat pada tata cara dalam pelayanan administrasi. Kondisi tersebut membuat terhambatnya pelayanan administrasi dan ketidakefektifan pelayanan administrasi.

Dokumentasi pemberian materi optimalisasi pelayanan publik


Program ini diselenggarakan di Kantor Balai Desa Sendangrejo pada Rabu, 26 Juli 2023 dihadiri oleh perangkat desa terdiri dari Sekretaris Desa, Kasi Pelayanan, Kaur Keuangan, Kaur Perencanaan, Kasi Pemerintahan, dan Kepala dusun yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan kemampuan dan kinerja perangkat desa dalam pengelolaan administrasi desa. 

Program dilaksanakan dengan memberikan materi melalui power point kepada perangkat desa terkait pemberian layanan pada masyarakat sesuai dengan prinsip-prinsip pelayanan publik, komponen standar pelayanan publik, serta prinsip tata tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance yang perlu terdapat dalam pelayanan administrasi desa. 


Dokumentasi Poster Prosedur Pelayanan Administrasi di Balaidesa Sendangrejo


Program kerja juga dilakukan dengan penyusunan syarat dan alur pelayanan administrasi secara tertulis berbentuk poster. Tahapan penyusunan diawali dengan koordinasi dengan perangkat Desa Sendangrejo mengenai syarat dan alur pelayanan dokumen kependudukan, serta pembuatan desain poster. 

Penyusunan poster syarat dan pelayanan administrasi kependudukan telah dilaksanakan, serta mendapatkan apresiasi dari perangkat desa dalam mengoptimalkan pelayanan administrasi desa. 

Poster syarat dan alur pelayanan administrasi ditempelkan pada bagian informasi Balai Desa Sendangrejo yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat sehingga masyarakat memiliki pemahaman dalam pengurusan pelayanan administrasi kependudukan dan meningkatkan tertib administrasi di masyarakat. 

Masyarakat yang mengetahui adanya poster mempunyai antusias tinggi karena membantu memberikan kejelasan dan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pelayanan administrasi kependudukan.



Penulis:
Anindita Ghina Pramudita
Administrasi Publik
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Dr. Drs. Suroto, M.PD.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon