Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Beraksi: Aksi Memberantas Jentik Nyamuk Demi Lingkungan Sehat Menggunakan Bubuk Abate

 




Campusnesia.co.idTegal (23/7) Mahasiswa KKN Tim II UNDIP melaksanakan program kegiatan penyuluhan dengan tema upaya pemberantasan jentik nyamuk pada hari Minggu tanggal 23 Juli 2023. Kegiatan penyuluhan diadakan di Balai Desa Karangwuluh, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal pada pukul 14.00 WIB yang dihadiri oleh beberapa ibu-ibu warga Desa Karangwuluh dari RW 1 hingga RW 4.

Kegiatan penyuluhan ini di latar belakangi oleh keluhan dari sebagian besar mahasiswa KKN UNDIP maupun warga Desa Karangwuluh yang merasakan banyaknya nyamuk yang mengganggu aktivitas mereka di lingkungan sekitar khususnya saat malam hari. Dari masalah tersebut, mahasiswa KKN UNDIP bersikeras guna melakukan upaya pemberantasan nyamuk melalui metode penyuluhan dengan tujuan untuk mengurangi populasi nyamuk di lingkungan Desa Karangwuluh agar menjadi lebih bersih dan sehat.

Kegiatan penyuluhan di awali dengan pembukaan dari MC serta ucapan sambutan dari ketua kelompok KKN UNDIP. Selanjutnya sesi penyuluhan diisi dengan penyampaian materi dengan judul “Pemberatasan Jentik Nyamuk Dengan Metode 3M (Menguras, Menutup, Menguras)”, dimana pada penghujung sesi materi dilakukan pengenalan tentang bubuk Abate untuk membasmi jentik nyamuk pada genangan air yang akan dibagikan kepada seluruh peserta yang hadir setelah acara selesai. 

Pada sesi tersebut tidak sedikit ibu-ibu yang aktif bertanya serta berdiskusi mengenai bubuk Abate mulai dari sisi keamanannya hingga tata cara penggunaannya untuk di terapkan di kehidupan sehari-hari. Namun begitu, satu persatu pertanyaan dari peserta mampu dijawab dengan baik oleh para pemateri sehingga dapat meyakinkan ibu-ibu tersebut dalam menggunakan bubuk Abate yang diberikan. 

Secara keseluruhan, acara berlangsung dengan lancar hingga selesai dimana acara diakhiri dengan penutupan maupun pembagian bubuk Abate kepada seluruh masing-masing peserta yang hadir beserta foto bersama sebagai dokumentasi kegiatan. 

Adapun setelah kegiatan penyuluhan dilakukan, keesokan harinya mahasiswa KKN UNDIP mengunjungi setiap rumah para peserta penyuluhan yang hadir dalam rangka melaksanakan pengecekan pada genangan maupun penampungan air di lingkungan rumah mereka untuk menilai apakah aman dari jentik nyamuk. Kegiatan pengecekan ini berlangsung selama satu minggu secara berturut-turut dan berjalan dengan lancar hingga selesai.

Bubuk Abate sendiri merupakan obat pembasmi nyamuk yang sangat ampuh untuk memberantas larva (jentik) nyamuk pembawa penyakit demam berdarah atau malaria. Bubuk Abate secara umum sudah mendapatkan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) maupun Kementerian Kesehatan Nasional untuk kegiatan larvasidasi dikarenakan bubuk Abate tidak berbahaya bagi manusia, ikan, burung dan organisme lain yang tidak menjadi sasaran apabila digunakan sesuai dengan aturan.

 Oleh karena itu, mahasiswa KKN UNDIP memutuskan untuk membagikan bubuk Abate secara gratis kepada warga Desa Karangwuluh dengan harapan dapat mengurangi populasi nyamuk secara efektif dan aman bagi lingkungan sekitar desa dengan menggunakan bubuk Abate sesuai aturan.



Penulis:
KKN Tim II UNDIP 2023/2024
Desa Karangwuluh, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal

Dosen Pembimbing Lapangan:
Dr. Muchammad S.T., M.T

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon