Mahasiswa KKN TIM II Undip 2023 Melakukan Pelatihan dan Pendampingan terkait Optimalisasi Perangkat Lunak Microsoft Excel kepada Perangkat Desa Karanggatak Kecamatan Klego

 


Campusnesia.co.idDesa Karanggatak, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (08/08/2023). Saat ini teknologi merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia kerja. Teknologi telah berkembang menjadi berbagai macam jenis dan model, salah satunya adalah Microsoft Office. 

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Office ini, dimana Microsoft Office ini memiliki berbagai macam jenis aplikasi yang membantu pekerjaan kita. Salah satu contohnya adalah Microsoft Office Excel yang merupakan aplikasi yang dapat kita gunakan untuk melakukan suatu perhitungan.

Di desa Karanggatak sendiri, menurut informasi yang telah didapatkan dari hasil survey wawancara kepada sekretaris desa, perangkat desa khususnya di bidang administrasi dan keuangan masih asing dalam menggunakan Microsoft Office Excel ini. 

Perangkat desa lebih sering menggunakan aplikasi Microsoft Office Word untuk membuat laporan dan melakukan perhitungan dengan manual. Sehingga hal ini membuat mahasiswa KKN Undip Semarang mempunyai ide dan gagasan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan Microsoft Office Excel kepada perangkat desa Karanggatak.
  

Pelatihan dan pendampingan software Microsoft Excel ini digagas oleh mahasiswa KKN Undip, Ilman Alauddin yang berasal dari program studi Akuntansi Perpajakan. Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan selama seminggu, ditahap awal terdapat sesi survey tentang sejauh mana para perangkat desa mengerti tentang penggunaan software Microsoft Excel, dan dilanjut dengan diadakannya sesi penyampaian materi mengenai Microsoft Office Excel oleh Mahasiswa KKN. Materi yang disampaikan seputar menu-menu yang ada di Microsoft Office Excel serta beberapa rumus-rumus yang dapat digunakan dalam perhitungan.

Pelatihan ini diikuti dengan sangat antusias oleh perangkat desa yang terlihat dari sesi tanya jawab, perangkat desa antusias bertanya mengenai fitur dan ruus-rumus yang terdapat pada Microsoft Office Excel yang dianggap mampu memudahkan pekerjaan mereka sebagai pelayan masyarakat.

Harapannya setelah diadakan pelatihan ini, para perangkat desa bisa lebih mengetahui bagaimana cara menggunakan Microsoft Office Excel serta dapat melakukan perhitungan secara otomatis menggunakan rumus-rumus yang ada tanpa menggunakan perhitungan manual.



Penulis: Ilman Alauddin
Editor: Renny Wiyatasari
Lokasi: Desa Karanggatak, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon