Mahasiswa KKN TEMATIK UNDIP Kenalkan Sistem Penyiraman Tanaman Otomatis Berbasis IoT Di Kelurahan Ngadirejo, Kabupaten Sukoharjo

 


Campusnesia.co.idNgadirejo (16/08/2023) KKN Tematik Undip 2023 di Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo yang dilaksanakan mulai dari tanggal 5 Juli 2023 hingga tanggal 20 Agustus 2023 memilki tema “Pengembangan Wilayah Berbasis UMKM dan Lingkungan”. Sampai hari Rabu, 16 Agustus 2023, berbagai program kerja telah dilaksanakan oleh para mahasiswa anggota tim KKN Tematik Undip 2023. 

Tim KKN Tematik menggandeng dua UMKM yaitu, Shofiz Bakery dan Karak Werkudara, sementara dalam pengembangan Lingkungan, tim KKN Tematik menggandeng Daerah Program Kampung Iklim KOPEN SAE yang ada di RW 7, khususnya RT 01.

Salah satu objek program kerja mahasiswa adalah taman yang berada di depan Taman Baca Alfabet KOPEN SAE. Taman tersebut memiliki potensi yang dimanfaatkan oleh salah satu mahasiswa, Muhamad Rafdan Maulana yang merupakan mahasiswa Universitas Diponegoro jurusan Teknik Komputer untuk diintegrasikan taman dengan konsep teknologi IoT (Internet of Things). 

Rafdan menciptakan sistem penyiraman tanaman otomatis berbasis IoT (Internet of Things) di Taman Baca Alfabet. Program terlaksana dengan baik dengan adanya kerja sama antar anggota tim KKNT dalam melakukan pemasangan alat lalu dilanjutkan dengan edukasi kepada masyarakat khususnya pemuda-pemudi daerah sekitar dalam pengembangan dan sidik ganggu (troubleshoot) alat jika mengalami permasalahan serta penyerahan buku panduan digital yang dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2023 lalu.
 
Parameter keberhasilan dari program ini diamati dari fungsi alat yang bisa bekerja dnegan baik dan benar. Sistem IoT ini dapat dirasakan kemudahannya oleh para warga yang memiliki kesibukan lebih sehingga tidak sempat untuk menyiram tanaman-tanaman mereka. Program kerja ini dilaksanakan untuk mendorong masyarakat untuk mengeksplor teknologi yang semakin cepat perkembangannya. Mitra Taman Baca Alfabet KOPEN SAE juga memberikan respon positif terhadap program kerja ini.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon