Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Promosi Digital Kepada UMKM Snack Ringan Demi Meningkatkan Perekonomian UMKM di Desa Kalimati

 


Campusnesia.co.idBrebes (28/07/2023) Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Desa Kalimati melakukan kegiatan pendampingan dan pelatihan terkait pengenalan digital marketing kepada salah satu pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), yaitu UMKM snack ringan di kediaman pemilik UMKM tersebut.

UMKM yang dapat dijumpai di Desa Kalimati salah satunya adalah snack ringan yang diproduksi oleh Ibu Lia yang sudah sejak lama menjadi salah satu produk unggulan Desa Kalimati. Bahkan snack ringan yang diproduksi oleh Ibu Lia sudah berjalan selama kurang lebih 2. tahun sebagai usaha rumahan. Hingga saat ini, Ibu Lia masih menggunakan bahan dan alat tradisional dalam memproduksi snack ringan tersebut.

Terdapat berbagai hambatan yang dihadapi Ibu Lia dan para pelaku UMKM lainnya dalam menjalankan usahanya, salah satunya yaitu masih kesulitan dalam melakukan pemasaran secara online akibat dari keterbatasan pengetahuan dan keterampilan, keterbatasan sumber daya seperti waktu dan tenaga kerja, serta mengalami ketakutan akan risiko keamanan dalam penggunaan platform digital. 

Digital marketing merupakan serangkaian strategi pemasaran yang dilakukan melalui media digital seperti website, media sosial dan lainnya dengan tujuan untuk mempromosikan produk atau layanan secara online, meningkatkan visibilitas merek, dan meningkatkan penjualan. Dengan digital marketing, pelaku UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Sebagai upaya pemasaran, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Desa Kalimati berkolaborasi untuk memberikan solusi yang tepat dalam mendukung perkembangan UMKM snack ringan. Metode yang digunakan dalam Program Multidisiplin ini meliputi  pendampingan dan pengenalan untuk mendapatkan wawasan berupa pengenalan aplikasi Whatsapp Business dan  E-Commerce, lalu dilanjutkan dengan membuat perancangan strategi pemasaran dan branding yang menarik, termasuk dalam penggunaan media sosial dan platform e-commerce.

Selain pelatihan mengenai pemasaran digital, pelaku UMKM juga dilatih mengenai pembukuan agar perhitungan modal dan hasil yang didapat oleh Pelaku Usaha dapat sama, dan juga diadakan sosialisasi mengenai perlindungan dan pencegahan kepada yang bersangkutan mengenai perlindungan hukum yang dimiliki oleh Pelaku Usaha hingga pengenalan mengenai modus-modus demi mencegah terjadinya kerugian hingga penipuan yang bisa berakibat panjang di masa depan. 

Ibu Lia, salah satu pelaku UMKM Desa Kalimati mengaku senang dengan adanya pendampingan dan pelatihan dari para mahasiswa KKN Tim II UNDIP Tahun 2023, karena membawa beragam perspektif dan pengetahuan yang berharga bagi UMKM dalam menghadapi berbagai tantangan. Di masa mendatang, diharapkan program serupa dapat terus dijalankan untuk mendukung pertumbuhan UMKM dalam sektor makanan dan mendorong perekonomian lokal yang lebih berkelanjutan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon