Bersama Mewujudkan Kebersihan dan Kesehatan: Mahasiswa KKN Undip Melakukan Edukasi PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) pada Warga Desa Daleman

 
Foto bersama siswa-siswi SD Negri 1 Daleman


Campusnesia.co.id - Desa Daleman, 21 Juli 2023 – Arya Ravindra, mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro 2022/2023 telah mengambil langkah proaktif dengan melakukan Edukasi kepada Warga Desa Daleman terkait PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat). 

Gerakan PHBS bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui edukasi dan praktik pola hidup bersih dan sehat. Selain itu program ini dilakukan untuk mewujudkan tujuan ketiga dari Pembangunan Berkelanjutan, yaitu kehidupan sehat dan sejahtera. 

Pada Jumat, 21 Juli 2023, Arya Ravindra memulai edukasi dengan mengunjungi SD Negeri 1 Desa Daleman. Dalam kunjungan tersebut, dilakukakn pemaparan materi tentang pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan sekolah melalui penggunaan poster yang informatif. Siswa sangat antusias mendengarkan paparan tentang cara-cara sederhana yang dapat diterapkan dalam rutinitas sehari-hari untuk menjaga kesehatan dan kebersihan.

Tidak hanya itu, bagian yang paling dinanti adalah praktik cuci tangan. Mahasiswa KKN menunjukkan langkah-langkah yang benar dalam mencuci tangan, mulai dari membasahi tangan, menggosok sabun dengan benar, membersihkan area-area yang sering terlupakan, hingga membilasnya dengan air bersih. Para siswa dengan penuh semangat mengikuti contoh praktik yang diberikan.

Siswa-siswi SD Negri 1 Daleman 
melakukan praktik cuci tangan bersama

Keesokan harinya, pada tanggal 22 Juli 2023, Arya Ravindra melanjutkan upaya edukasi dengan menyampaikan materi PHBS di lingkup rumah tangga kepada warga Desa Daleman menggunakan poster yang informatif. Setelah dilakukan pemaparan materi, mahasiswa KKN dan warga saling berbagi informasi tentang pentingnya PHBS dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Foto bersama warga Desa Daleman

Harapan Tim II KKN Universitas Diponegoro 2022/2023 Desa Daleman, dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan, serta mendorong masyarakat menuju gaya hidup yang lebih sehat dan lingkungan yang lebih bersih untuk menciptakan kehidupan sehat dan sejahtera. 


Penulis: 
Arya Ravindra (Kedokteran)

DPL:
1.  Dr. Ir. Ainie Khuriati RS. DEA
2. Dr. Ana Silviana, SH., M.Hum
3. Ir. Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D., IPM.

Lokasi KKN: 
Desa Daleman, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo

Tim II KKN Undip 2023/2022 Desa Daleman



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon