Sering Dijumpai dan Bikin Penasaran, Ini Dia Arti TRD di Mobil Toyota

 


Campusnesia.co.id - Akhir-akhir ini saya sering menjumpai stiker bertuliskan TRD di beberapa mobil Toyota. Saat di jalan mobil berstiker TRD ini membuat saya penasaran sebenarnya apa arti tulisan TRD? apakah hanya stiker biasa atau punya makna khusus?

Saking penasarannya sesampainya di rumah saya cari di Google dan dari sekian pembahasan menurut saya berikut ini adalah yang paling mudah dipahami.

Mengutip laman momobil.id, TRD sendiri merupakan akronim dari Toyota Racing Development yang awalnya adalah program pengembangan spare parts khusus racing bagi produsen mobil Toyota. Stiker TRD sering dijumpai pada mobil keluaran Toyota seperti mobil Toyota Avanza, Agya, Fortuner, hingga Yaris yang terletak di bodi sampingnya. 

Saking besarnya penjualan mobil-mobil komersial di Asia Tenggara, Toyota mulai mengaplikasikan spare parts TRD ini pada mobil-mobil yang dijual di pasaran, tidak lagi khusus untuk mobil racing. 

Ada 3 produk utama yang ditawarkan oleh TRD:

1. TRD Product
TRD product merupakan produk spare parts yang sengaja dikembangkan untuk keperluan mobil balap. Bagi mobil yang digunakan untuk racing, tentu membutuhkan aerodinamika dan kecepatan maksimum dalam melajukan kendaraannya. TRD product ini merupakan spare parts asli dari Jepang langsung memang dikhususkan untuk keperluan balapan, tidak untuk mobil-mobil komersial.


2. TRD S
Nah, arti TRD di mobil Toyota yang satu ini pastinya sudah sering lihat kan? TRD S dikhususkan untuk bodi saja, baik itu interior dan eksterior. TRD S sudah digunakan pada mobil komersial milik Toyota dan mobil yang memakai tanda ini, pasti menggunakan fitur eksterior atau interior dari TRD S.


3. TRD Sportivo
Untuk arti TRD pada mobil Toyota yang satu ini mungkin tulisan yang paling sering kita lihat di mobil-mobil komersil. TRD Sportivo merupakan produk spare parts sporty yang sengaja dibuat untuk mendukung mobil komersil mendapatkan sentuhan gaya sporty. Produk ini dikembangkan oleh Toyota Motor Corporation.


Perbedaan mMobil Toyota versi TRD dengan TRD Sportivo

TRD yang selalu menjadi lini tertinggi dari setiap mobil Toyota memang sengaja dibedakan dengan versi Sportivo. Pada dasarnya, TRD fokus kepada pengembangan performa mobil. Dimulai dari ranah mesin hingga komponen performance body part. Sementara TRD Sportivo dirancang untuk fokus menyajikan penampilan mobil agar lebih stylish dan unik

TRD mampu mendongkrak performa mobil menjadi lebih cepat, sedangkan versi Sportivo mengedepankan sisi kosmetik penampilan dan kesan space yang lebih berjarak, sehingga membuat dashboard mudah dibersihkan.

Inilah mengapa ketika kita melihat beberapa mobil Toyota dengan lini TRD, hanya New Toyota 86 yang mendapatkan pendongkrak performa. Berbeda dengan All New Rush dan New Fortuner yang mendapatkan peningkatan dari sisi kosmetik




Sumber:
- https://momobil.id/news/apa-sih-arti-trd-pada-mobil-toyota/ 

- https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/trd-sportivo#


===
Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon