Pengalaman Saya Dapat Bayaran Dollar Lewat PayPal dan Cara Transfer ke Bank Indonesia

 


Campusnesia.co.id - Setelah sebelumnya saya sharing tentang Pengalaman Saya Berkorespondensi Bisnis dengan Orang Luar Negeri Gara-gara Blog, kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang Dapat Bayaran Dollar Lewat PayPal dan Cara Transfer ke Bank Indonesia.

Jadi beberapa email bahasa inggris dari orang luar negeri yang saya ceritakan sebelumnya tujuannya menawarkan kerjasama, meminta memasukan link website mereka untuk menaikkan rangking Domain Authority dan Page Authority.

Sampai artikel ini saya tulisa pada tanggal 30 Maret 2023 setidaknya sudah ada 4 klien luar negeri, dimana klien pertama membayar $40, klien kedua membayar $20, berikutnya $50 dan yang baru saja transfer order tiga backlink dengan masing-masing senilai $35.

Awalnya saya enggan menerima order dari luar negeri ini karena mereka tidak bisa membayar dengan metode transfer bank lokal Indonesia, akhirnya ketemu solusi yaitu lewat PayPal.

Setelah bertanya kepada teman yang paham tentang PayPal saya membuat akun dan menyelesaikan beberapa verifikasi diantaranya ada verifikasi email, nomer telepon dan bank lokal Indonesia yang dihubungkan untuk mer\narik saldo PayPal sewaktu-waktu.

Benar saja, ternyata para klien dari luar negeri ini membayar lewat PayPal, saya sangat senang ketika ada notifikasi masuk bahwa ada transfer dana sejumlah sekian dollar.

Walau saat pertama kali, saldo itu tertahan dan instruksi dari PayPal diminta untuk tidak melakukan apapun selama 21 hari maka otomatis dana akan masuk ke saldo Wallet saya.

Oleh seorang teman saya diingatkan saat mau narik saldo jangan langsung dalam jumlah besar, karena bisa saja dianggap transaksi tidak wajar oleh PayPal dan bisa berakhir dengan banned.

Maka kemarin hari Selasa 28 Maret 2023 saya coba tarik saldo PayPal ke rekening bank Mandiri sebesar $10 dengan kurs Rp 14.600 dan ternyata ada biaya admin sebesar Rp 16.000. 

Dalam keterangannya proses transfer akan butuh waktu sekitar tiga hari kerja, tapi alhamdulillah pada keesokan harinya ternyata sudah masuk ke rekening Bank Mandiri saya jadi Rp 130.000 sesuai dengan potongan di atas.

Jujur saya sangat senang sekali, ini salah satu momen membahagiakan bagi saya dalam hidup layaknya saat pertama kali blog ini di approve adsense dan mendapat bayaran pertama dari Google AdSense. Tidak pernah terbayangkan bahwa lewat blog yang sederhana ini bisa sampai pada pengalaman yang luar biasa ini.

Norak mungkin tapi sekali lagi bodo amat lah ya, setiap orang berhak bahagia untuk pencapaian dalam hidupnya sekalipun itu mungkin hal sederhana bagi orang lain.

Hmm rencana hasil bayaran iklan dollar dari PayPal ini akan saya gunakan untuk membeli laptop second agar bisa semakin semagat nulis blognya.


Sekilas tentang PayPal

PayPal Inc. adalah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berpusat di San Jose, California, Amerika Serikat yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos. PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain untuk memudahkan pembayaran pada transaksi mereka.


Awal pendirian PayPal
PayPal Corp. sebenarnya adalah sebuah perusahaan hasil penggabungan antara Confinity dengan X.com yang dilakukan pada tahun 2000. Confinity didirikan pada bulan Desember 1998 oleh Peter Thiel dan Max Levchin dengan tujuan awal sebagai perusahaan perantara pembayaran Palm Pilot dan penyedia layanan kriptografi. Adapun X.com didirikan oleh Elon Musk pada bulan Maret 1999 sebagai penyedia jasa perencanaan keuangan. Kantor pusat kedua perusahaan ini mulanya terletak di 165 University Avenue, Palo Alto, California, Amerika Serikat.


PayPal diakuisisi oleh ebay
Melihat masa depan PayPal yang menjanjikan, eBay menyimpulkan PayPal cocok digunakan sebagai perantara pembayaran lelang online mereka. Sebelumnya, ebay telah membeli Billpoint pada bulan Mei 1999 dan menjadikannya sebagai perantara pembayaran satu-satunya yang diakui oleh eBay walaupun pilihan untuk menggunakan metode pembayaran lain masih diizinkan. Pada bulan Februari 2000, rata-rata ada sekitar 200.000 penawaran barang per hari yang menggunakan PayPal, sedangkan yang menggunakan Billpoint hanya mencapai 4.000 penawaran saja. Bahkan pada bulan April 2000, sudah ada lebih dari satu juta penawaran yang menggunakan PayPal.

Akhirnya pada tahun 2002, eBay mengakuisisi PayPal seharga USD 1,5 miliar. ebay belakangan menghapus layanan pembayaran melalui Billpoint untuk meningkatkan potensi PayPal. 

Banyak pesaing utama PayPal yang akhirnya bangkrut atau dijual, seperti Citibank C2IT yang ditutup pada akhir 2003, Yahoo! PayDirect yang tutup pada akhir 2004, dan layanan BidPay milik Western Union yang ditutup pada tahun 2005. Pesaing PayPal lain yang masih bertahan hingga sekarang antara lain adalah AlertPay, Liberty Reserve, Kagi, dan Moneybookers.

Pada kuartal pertama 2006, total transaksi yang dilakukan melalui PayPal mencapai USD 8 miliar, meningkat 41% dari tahun ke tahun.


Sebagai penutup, demikian tadi sobat Campusnesia postingan kita kali ini tentang Pengalaman Saya Dapat Bayaran Dollar Lewat PayPal dan Cara Transfer ke Bank Indonesia, semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis
Nandar


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon