Upaya Hemat Energi, Mahasiswa KKN Undip Pasang Sensor Otomatis untuk Lampu Jalan di Desa Jaten

 


Campusnesia.co.idJaten, 05/02/202. Pemakaian energi yang berlebihan dapat mengurangi energi listrik, sehingga menyebabkan pemadaman dan berdampak negatif untuk keberlangsungan hidup. Salah satu bentuk hemat energi listrik yaitu mematikan lampu jika tidak digunakan, terlebih saat siang hari. Dengan begitu bisa mengurangi pemakaian energi yang berlebihan.

Sebagai bentuk pemenuhan penilaian mahasiswa dalam menempuh KKN (Kuliah Kerja Nyata), Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP melaksanakan serangkaian program kerja demi meningkatkan kualitas Desa yang lebih baik, salah satunya yang dilakukan oleh Shofiyyatus Salsabila sebagai mahasiswa Teknologi Rekayasa Otomasi, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro.

Dalam hal ini mahasiswa melaksanakan program kerja monodisiplin (keilmuan) yakni Pemasangan Lampu Jalan Otomatis Menggunakan Sensor Photocell di Desa Jaten. Desa Jaten sendiri merupakan Desa yang terletak di Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. 

Faktor yang melatarbelakangi pemasangan sensor ini karena setelah dilakukan survei pada beberapa titik lampu jalan masih dinyalakan secara manual menggunakan saklar. Biasanya, yang menyalakan dan mematikan lampu jalan tersebut merupakan warga ataupun pengguna jalan yang sedang lewat. Hal ini tentu tidaklah efektif karena terkadang masyarakat lupa untuk mematikan lampu jalan dan menyebabkan lampu tetap menyala walaupun sudah siang hari. 

Untuk memudahkan aktivitas warga sehari-hari dilakukan strategi dengan memasang sensor otomatis pada lampu jalan. Dengan begitu warga tidak perlu mematikan dan menghidupkan lampu jalan. Cara kerja sensor ini sendiri secara otomatis akan menyala saat tidak mendeteksi cahaya disekitarnya dan akan mati ketika mendeteksi cahaya.


Kegiatan tersebut mulai dilaksanakan pada minggu keempat dengan melakukan koordinasi perizinan kepada kepala desa, RT, dan RW. Pemasangan sensor bekerja sama dengan karang taruna setempat. Sensor ini dipasang di dua dukuh, yaitu Dukuh Rejosari dan Dukuh Jaten. Pelaksanaan pemasangan sensor di Dukuh Jaten dilaksanakan pada minggu keenam tanggal 03 Februari 2023. Sedangkan untuk pemasangan sensor pada Dukuh Rejosari dilaksanakan pada tanggal 05 Februari 2023. 

Diharapkan dengan dipasangnya sensor otomatis di lampu jalan desa Jaten, mampu membantu dan memberikan keuntungan bagi warga dalam beraktivitas, khususnya di lingkungan Desa Jaten. Dengan mengurangi frekuensi penggunaan lampu jalan yang tidak diperlukan maka penggunaan daya listrik akan lebih efisien.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon