Memanfaatkan Limbah, Mahasiswa KKN TIM I UNDIP Ajarkan Pembuatan PESKUBA Pestisida Organik dari Kulit Bawang Merah

 


Campusnesia.co.id -  Brebes (08/02/2023), Brebes merupakan salah satu penghasil bawang merah terbesar di Jawa Tengah, yang hampir setiap tahunnya mampu berkontribusi 57% dari produksi bawang merah se-Jawa Tengah menurut penjelasan mentan (Menteri Pertanian). Tak lain dari itu, Brebes juga membuat usaha bawang goreng sebagai wadah masyarakat dalam menghidupkan UMKM sekitar Brebes. 

Setelah pegiat UMKM di Brebes menghasilkan bawang goreng sebagai bentuk usaha, Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro menemukan kulit bawang merah yang tidak dimanfaatkan dengan baik, dengan artian dibuang secara percuma. 

Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro akhirnya menyulap kulit bawang merah menjadi bahan yang bermanfaat bagi lingkungan dengan pembuatan pestisida. Pembuatan pertisida organik ini mampu membantu petani mengurangi hama yang ada pada tumbuhan, serta meminimalisir pengeluaran anggaran pembelian pestisida kimia. 

Mahasiswa KKN kemudian memberi nama pestisida organik tersebut dengan nama  PESKUBA (Pestisida Kulit Bawang), yang mampu bermanfaat menghilangkan hama yang ada pada tumbuhan karena mengandung senyawa acetogenin dengan jumlah yang tinggi.


Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro membantu dan memberikan demonstrasi terkait pembuatan peskuba kepada masyarakat di Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes. Tak hanya demonstrasi, Mahasiswa KKN UNDIP juga memaparkan SOP Alat Pelindung Diri, branding, pelatihan Packaging, pemasaran serta periklanan produk yang akan dijual.

Setelah terlaksananya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian di Desa Klampok dan meringankan biaya anggaran yang dikeluarkan untuk perawatan tanaman. Pegiat ibu-ibu PKK juga mengucapkan terima kasih atas ilmu yang diberikan, sehingga pestisida alami ini bermanfaat menghilangkan hama pada tumbuhan dihalaman rumahnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon