Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Materi Mengenai Pentingnya K3 Dalam Pengelasan Sangat Dibutuhkan Untuk Seorang Welder

 


Campusnesia.co.id - Klaten, 04/02/2023 - Dalam rangka menimalisir dan menghindari terjadinya kecelakaan kerja pada proses pengelasan perlu pengetahuan K3 dan tindakan yang harus diambil agar proses pengelasan menggunakan mesin las berjalan dengan baik. 

Sehubungan dengan hal tersebut, Anindy Sesilia Melyn selaku Mahasiswa KKN TIM I Undip 2022/2023 Universitas Diponegoro membuat sebuah program sebagai penunjang penerapan K3 di tempat pengelasan yang dilaksanakan di Bengkel Las milik Pak Sabarto pada hari Jumat, 17/01/2023. Sasaran pada program ini yaitu Pak Sabarto selaku pemilik bengkel las di Desa Soka, Kecamatan Karanggdowo, Kabupaten Klaten dan 2 orang pegawai yang bekerja di Bengkel Las milik Pak Sabarto.

Program ini dilakukan dengan menggunakan media poster dan memberikan materi mengenai pentingnya K3 dalam pengelasan. Program ini dilaksanakan dengan karena mengingat banyak pekerja las yang mengabaikan dan belum paham mengenai keselamatan kerja sehingga dibutuhkan edukasi mengenai hal tersebut. Pemberian materi mengenai K3 di dalam pekerjaan pengelasan tentu sangat membantu para pekerja dengan harapan tetap terjaga keselamatannya sehingga mampu meningkatan produktivitas pekerjaan yang tentunya akan berdampak pada sektor lain.


Keselamatan kesehatan kerja bagi seorang welder pada proses pengelasan las listrik sangat diperlukan karena dalam proses produksi suatu pekerjaan dibutuhkan welder yang produktivitasnya tinggi tanpa merugikan semua pihak yang terkait didalamnya, baik bagi orang lain maupun dirinya sendiri, alat-alat serta mesin-mesin yang digunakan maupun bagi orang-orang di sekelilingnya akan berdampak buruk bagi pekerjaan dalam proses produksinya, itulah yang menyebabkan begitu pentingnya keselamatan kesehatan kerja bagi seorang welder pada proses pengelasan las listrik.

Pentingnya memperhatikan keselamatan dalam kerja las disebabkan oleh bahaya seperti asap, cahaya pengelasan, panas, dan bahaya listrik yang dihasilkan pada proses pengelasan. Maka alat keselamatan las perlu digunakan untuk perlindungan pekerja dan mengurangi risiko kecelakaan kerja. Oleh karena itu, setiap welder harus memperhatikan tata cara yang benar dalam melakukan proses pengelasan, agar keselamatan kesehatan kerja dapat terwujud di lingkungan pekerjaan.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon