Mahasiswa KKN Undip Hempas Stunting dengan ECENG dan PMT

 


Campusnesia.co.id - Klaten, 23/1/2023 - Pada tanggal 17/1/2023 mahasiswi KKN Tim 1 Undip Tahun, Farras Imtiyaz Ramadhani Arifin Jurusan Gizi Fakultas Kedokteran melaksanakan ECENG (Edukasi Cegah Stunting) kepada ibu hamil di Desa Soka, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten. Edukasi dilakukan dengan door to door bersama bidan Desa Soka, Bu Rahayuningsih.

Salah satu fokus pemerintah dalam menyelesaikan masalah kesehatan adalah stunting. Stunting juga merupakan salah satu tema besar yang diangkat untuk program kerja KKN Tim 1 Undip Tahun 2022/2023. Di Indonesia sendiri, prevalensi stunting pada tahun 2021 sebesar 24,4%. 

Kemudian melihat data stunting di Desa Soka, berdasarkan indeks Z-Score TB/U atau PB/U, terdapat 13 balita dengan status gizi pendek (22,4%) dan 2 balita dengan status gizi sangat pendek (3,4%) dari total 58 balita. Stunting merupakan keadaan gagal tumbuh yang bersifat irreversible atau tidak bisa diubah. 

Gerakan 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) adalah gerakan untuk pencegahan dan penanggulangan stunting dengan rincian 270 hari selama kehamilan dan 730 hari sampai anak berusia 2 tahun. Anak yang stunting dapat terlihat saat usia nya menginjak 2 tahun. Karena sifatnya yang irreversible, stunting sebaiknya dicegah salah satunya dengan pemenuhan gizi selama kehamilan.


Di Desa Soka terdapat 1 dari 4 (25%) ibu hamil yang mengalami KEK. KEK merupakan salah satu faktor penyebab stunting karena ibu mengalami kekurangan energi dalam jangka panjang. Program pemerintah dalam menanggulangi KEK adalah dengan pemberian biskuit PMT ibu hamil. Dalam hal ini, peran mahasiswi adalah membantu menjalankan program pemerintah dalam menanggulangi KEK.

Selain itu, dilakukan edukasi menggunakan media booklet berisikan pemenuhan gizi ibu hamil. Pengetahuan menjadi dasar seseorang dalam bersikap terhadap sesuatu. Oleh karena itu, edukasi diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil yang diharapkan nantinya dapat merubah perilaku seseorang ke arah yang lebih baik, dalam hal ini ibu hamil dapat memenuhi gizi selama kehamilan sehingga melahirkan anak yang sehat. Edukasi mendapat respon positif dari responden ditandai dengan antusiasme dalam menyimak dan bertanya seputar materi edukasi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon