Mahasiswa KKN Undip Edukasi Maintenance Mesin Diesel dan Pipa Saluran Irigasi pada masyarakat Petani Desa Pebatan Brebes

 


Campusnesia.co.idDesa Pebatan, Kecamatan Wanasari (Kamis, 9/02/23). Universitas Diponegoro KKN Reguler TIM I Periode 2022/2023. Pada awal bulan Januari tepatnya tanggal 3 Januari 2023 kami melakukan Penerjunan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui kuliah kerja nyata (KKN) TIM I UNDIP. 

Dalam pengabdian ini mahasiswa/i akan mendapatkan ilmu pelajaran yang bermanfaat untuk hidup kedepannya yang akan berkelanjutan terhadap lingkup dunia eksternal wrga kemasyarakatan baik secara internal maupun eksternal di dalam kampus secara bersinggungan langsung kepada public nantinya mahasiswa ini. 

Untuk dapat mengatasi suatu permasalahan untuk menjadi salah satu bahan problem solutions tujuan pembangunan yang berkelanjutan goals pada wilayah yang dituju untuk adanya pengembangan yang signifikasn sesuai dengan permasalahan yang di miliki, agar di seimbangkan dengan potensi wilayah yang dimiliki oleh Desa Pebatan, kecamatan Wanasari, Brebes, Prov. Jateng Khususnya.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro ini merupakan salah satu gambaran acuan dari Tri Dharma Tinggi Perguruan Tinggi yaitu pada poin ke-3 yaitu Pengabdian Mayarakat.
KKN Bagi mahasiswa/i dapat diharapkan menjadi suatu penggerak suatu implementasi pembelajaran baru Inovasi/Edukasi baru agar dapat mengasah pengetahuan dan juga kemampuan baik soft skill maupun hard skill yang berdampak baik mahasiswa maupun warga yang terlibat. Sehingga dapat menebarkan manfaat motivasi agar dapat berproses dan bergerak dalam acuan pengembangan yang dituju. 


Program kerja ini di latar belakangi yang mana sesuai analisa riset permasalahan yang ada di masyarakat wilayah kelurahan Pebatan, Wanasari. mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro Aghi Hendrawan NIM (089) Jurusan Program Studi Rekayasa Perencanaan Mekanik. Dengan adanya inovasi penguatan mesin diesel dan pompa dapat membantu pengairan sawah bagi para petani guna, memudahkan para perkumpulan petani desa pebatan mengairi proses panen mereka untuk terciptanya tingkat efektif dan fleksibel dalam hal irigasi sawah. 

Pipa hisap dan pipa keluar sebagai saluran air yang dipasang dari mesin diesel pompa sebagai alternatif penyaluran air antar sawah sehingga memudahkan para petani dalam memberikan air ke sawah. Hal ini juga yang menjadi penting pada bagian  bahan bakar mesin ini berupa bahan bakar solar, pemilihan bahan bakar ini menjadi kunci utama dari mudahnya masyarakat temui untuk memproses cepat air yang mengalir pada saluran irigasi. 

Mahasiswa memberikan edukasi kepada para petani hal ini berawal dengan melakukannya pembongkaran terhadap mesin untuk menjadi cara preventif Maintenance Mesin berbahan bakar solar diesel dan sambungan pipa saluran pengairan irigasi yang mana dulunya pernah terendam banjir untuk tahapan selanjutnya pergantian suku cadang yang rusak dengan ini di gantinya sistem perbaikan yang signifikan untuk kembali aktif pengairan sawah agar memudahkan para petani mengembangkan panen dari sawah warga desa pebatan. 

Dari penguatan sistem ini dapat membangun pola baru dari masyarakat itu sendiri khususnya petani desa pebatan agar tetap terus menciptakan perairan irigasi yang efektif dan terus aktif serta dapat bermanfaat bagi Sawah petani untuk menaikkan semangat para petani terus bekerja.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon