Cara Matikan Download Otomatis WhatsApp, Antisipasi Penipuan Aplikasi Kurir Lihat Foto Resi Paket dan Undangan Nikah

 


Campusnesia.co.id - Halo sobat Campusnesia, belakangan ini makin sering kita mendengar ada modus penipuan pembobolan rekening bank yang diawali dengan chat dari orang asing yang mengaku sebagai kurir paket.

Penipu mengirimkan file dengan nama foto paket atau cek resi berekstensi .apk padahal itu adalah aplikasi bebahaya yang ketika didownload oleh korban akan terinstal otomatis dan bisa membaca sms yang masuk ke hp kita.

Tujuannya adalah ketika ada sms kode otp dari bank akan dibaca oleh pelaku dan rekening korban akan dibobol.

Menurut mas Tegus Aprianto konsultan keamanan siber dalam postinganya tentang kasus pembobolan rekening dengan modus aplikasi cek resi paket di Bantul, pelaku penipuan tidak memilih korban secara random, tapi setidaknya sudah tahu bahwa calon korban punya aplikasi mobile banking dengan saldo yang lumayan, data pribadi seperti nama lengkap, nik, kk, alamat, nama ibu kandung dll yang diduga didapat dari kebocoran data beberapa waktu yang lalu.

Masuk akan sih, karena modus penipuan yang baru ini mulai muncul pasca kasus kebobolan data berbagai aplikasi di indonesia, mulai pertamina, peduli lindungi, dll.


Teman-teman bisa baca artikel analisis penipuan apk ini di sini:



Nah sebagai tindakan preventif, kami menghimbau untuk para pembaca Campusnesia untuk tidak sembarangan membuka file yang dikirim oleh kontak tidak dikenal.

Salah satu caranya adalah mengubah setting pada penyimpanan whatsapp agar tidak mengunduh file secara otomatis.

Kita tahu bahwa whatsapp bisa disetting agar file yang masuk dari kiriman kontak bisa terdownload secara otomatis dan tidak, berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi WhatsApp.

2. Buka Menu (bagian kanan atas), lalu pilih Setelan.

3. Di menu Setelan, pilih Penggunaan Data Dan Penyimpanan.

4. Setelah itu atur pengaturan Unduh Otomatis Media sesuai kebutuhan.


Langkah 1
Buka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp di HP Anda. Kemudian ketuk tombol menu (titik 3) tepat dibagian kanan atas. Pilih Setelan.




Langkah 2
Nah, di menu setelan, Anda akan melihat banyak pengaturan. Silakan pilih Penggunaan Data dan Penyimpanan.



Langkah 3
Cek pada kolom Unduh Otomatis Media. Di sana ada 3 opsi. Pertama, Anda bisa pilih menu Saat Menggunakan Data Seluler.



Langkah 4
Hilangkan semua centang yang ada di sana.



Dengan tidak mencentang semua pilihan yang ada di sana, berarti tidak akan ada media (dalam jenis apapun) yang terunduh saat HP Anda berada dalam mode data seluler (paket data).


Langkah 5
Ulangi lagi langkah keempat pada menu Saat Terhubung WiFi. Hilangkan seluruh centang media yang ada di sana.




Dengan begitu, WhatsApp Anda juga tidak akan mengunduh media (dalam bentuk apapun) secara otomatis, di saat HP Anda terkoneksi ke jaringan WiFi.


Langkah 6
Jika Anda sudah mengaturnya, coba tutup dulu WhatsApp Anda, kemudian nonaktifkan jaringan internet (WiFi atau data seluler).


Langkah 7
Setelah itu, Anda baru bisa aktifkan kembali jaringan internetnya, serta membuka kembali aplikasi WhatsApp.


Dengan demikian, semua pesan media, entah itu foto, video, dokumen, maupun audio (termasuk Voice Note) tidak akan terunduh secara otomatis lagi.





Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon