Sinopsis dan Review Andor Series dari Semesta Star Wars yang Seru

 

Campusnesia.co.id - Secara pribadi semenjak Star Wars masuk keluarga besar Disney dan kembali dibuatkan film dan series tidak semua masuk dalam hati, walau semua saya tonton tapi ada beberapa yang sangat berkesan.

Untuk film saya justru lebih suka spin off yang berjudul Rogue One yang tayang pada 2016 lalu, untuk series sejauh ini The Mandalorian masih yang paling bagus.

Pada bulan september 2022 ini, Disney plus kembali hadir dengan series berjudul Andor tayang mulai tanggal 21 September langsung premier 3 episode sekaligus bisa sobat saksikan di Disney plus, langganan saja, pake Telkomsel cuma Rp 20.000,- per bulan legal.

Star Wars: Andor adalah serial televisi Amerika yang dibuat oleh Tony Gilroy untuk layanan streaming Disney+. Sebuah prekuel dari film spin-off Star Wars Rogue One (2016), seri ini mengikuti mata-mata pencuri yang berubah menjadi Pemberontak Cassian Andor selama lima tahun menjelang peristiwa film tersebut.

Eksekutif Diego Luna memproduseri dan mengulangi peran Rogue One-nya sebagai Cassian Andor. Kyle Soller, Adria Arjona, Joplin Sibtain, James McArdle, Rupert Vansittart, Stellan Skarsgård, Fiona Shaw, Alex Ferns, Gary Beadle, Genevieve O'Reilly, dan Denise Gough juga membintangi. 

Lucasfilm mengumumkan seri yang berfokus pada Andor pada November 2018, dengan Luna dilampirkan dan Stephen Schiff dipekerjakan sebagai showrunner. Schiff digantikan oleh rekan penulis Rogue One Gilroy sebagai pencipta dan pembawa acara pada April 2020.. 

Syuting dimulai pada akhir November 2020, dengan Gilroy tidak dapat mengarahkan seperti yang direncanakan karena pandemi COVID-19. Pembuatan film berlangsung di Pinewood Studios di London, dan di lokasi di sekitar Inggris Raya, dan selesai pada September 2021.

Serial ini secara umum menerima ulasan positif dari para kritikus untuk penampilannya, nada dewasa, skor musik, dan penyimpangan dari formula Star Wars tradisional.

Musim pertama Andor ditayangkan perdana di Disney+ pada 21 September 2022, dengan tiga episode pertama dari dua belas episodenya. Sisa episode akan dirilis setiap minggu hingga 23 November. 

Musim dua belas episode kedua sedang dalam pengembangan, yang akan mengakhiri seri dan mengarah ke peristiwa Rogue One.


Sinopsis series Andor
Dimulai lima tahun sebelum peristiwa di film Rogue One (2016), serial ini mengikuti tokoh-tokoh ansambel selama Aliansi Pemberontak terbentuk yang bertentangan dengan Kekaisaran Galaksi. Salah satu karakter tersebut adalah Cassian Andor, seorang pencuri yang menjadi seorang revolusioner dan akhirnya bergabung dengan Pemberontakan.



Pemeran dan karakter series Andor

Diego Luna sebagai Cassian Andor / Kassa:
Seorang pencuri yang homeworldnya dihancurkan oleh Empire. Serial ini dimulai dengan Andor sebagai seorang yang sinis "menolak revolusi" dan mengeksplorasi bagaimana ia menjadi "orang yang paling bersemangat yang akan memberikan diri mereka untuk menyelamatkan galaksi" di Rogue One. Gilroy menggambarkannya sebagai pemimpin alami yang memanipulasi orang, menambahkan bahwa dia "benar-benar jenis mata-mata, pejuang, pembunuh yang sempurna". Antonio Viña memerankan Cassian Andor muda (dikreditkan sebagai "Kassa").

Kyle Soller sebagai Syril Karn: Wakil Inspektur Otoritas Pra-Mor, sebuah organisasi keamanan yang bekerja untuk Kekaisaran, yang bertekad untuk menangkap Andor. Soller menggambarkan karakternya sebagai "rasa kebutuhan yang ekstrem untuk mengesankan, dan mengisi lubang dalam dirinya sendiri. Dan itu benar-benar tentang naik ke puncak bidang apa pun yang dia geluti. Bidang yang dia pilih adalah salah satu pembatasan dan kontrol penuh, dan salah satu dominasi."

Adria Arjona sebagai Bix Caleen: sekutu Andor.

Joplin Sibtain sebagai Brasso: Rekan kerja dan kolega Andor.

James McArdle sebagai Timm Karlo: Rekan kerja Caleen.

Rupert Vansittart sebagai Kepala Hyne: Atasan Pra-Mor Syril.

Stellan Skarsgård sebagai Luthen Rael: Kontak Caleen yang merupakan bagian dari Aliansi Pemberontak.

Fiona Shaw sebagai Maarva Andor: ibu angkat Cassian.

Alex Ferns sebagai Sersan Linus Mosk: Seorang perwira Pra-Mor.

Gary Beadle sebagai Clem Andor: Mitra Maarva.

Genevieve O'Reilly sebagai Mon Mothma: Seorang senator yang mencoba menavigasi politik Kekaisaran sambil diam-diam membantu mendirikan Aliansi Pemberontak.

Denise Gough sebagai Dedra Meero: Seorang perwira Kekaisaran berpangkat tinggi.

Selain itu, Forest Whitaker mengulangi perannya sebagai Saw Gerrera, seorang veteran Perang Klon dan pemimpin kelompok pemberontak militan, Partisan. Anton Lesser muncul sebagai perwira Kekaisaran. 

Kathryn Hunter muncul sebagai Eedy Karn, ibu Syril, Robert Emms, David Hayman, Clemens Schick, dan Ebon Moss-Bachrach telah berperan dalam peran pendukung yang dirahasiakan.


Poster  series Andor





Trailer series Andor


Review series Andor

Review series Andor episode 1 "Kassa"
Lima tahun sebelum Pertempuran Yavin, Cassian Andor mencari saudara perempuannya yang hilang di planet industri Morlana One. Saat menyelidiki, Cassian dimusuhi oleh dua petugas. 

Terjadi pertengkaran, yang menyebabkan Cassian secara tidak sengaja membunuh satu petugas dan membunuh yang lainnya. Di planet Ferrix, dia berusaha menyembunyikan keterlibatannya dengan meyakinkan ibu angkatnya, Maarva, droidnya—B2EMO, dan temannya, Brasso, untuk melindunginya. 

Memiliki Unit Starpath, bagian berharga dari teknologi navigasi Imperial, Cassian meminta temannya Bix untuk menghubungkannya dengan pembeli pasar gelap. Bix setuju dan menghubungi pembeli. Sementara pacar Bix, Timm, mencurigai Andor. Untuk meningkatkan laporannya kepada otoritas Kekaisaran, kepala inspektur keamanan Morlana One memilih untuk menutupi pembunuhan tersebut. 

Namun, wakilnya, Syril Karn yang berbakti, bertekad untuk menyelesaikan kasus tersebut. Dia mengidentifikasi kapal Cassian, melacaknya ke Ferrix dan mengetahui bahwa buronan itu berasal dari planet Kenari. 

Dalam kilas balik, Cassian yang lebih muda, yang dikenal sebagai Kassa, bergabung dengan kelompok di Kenari yang berangkat untuk menemukan kapal yang jatuh. Kassa menolak upaya adik perempuannya untuk bergabung dalam pencarian, meninggalkannya di perkemahan suku mereka.



Review series Andor episode 2 "That Would Be Me"
Timm, masih curiga dengan hubungan Bix dengan Cassian, melaporkan Cassian ke Pre-Mor Security, yang mengeluarkan surat perintah penangkapannya. Karn bermitra dengan Sersan Linus Mosk, seorang perwira Pre-Mor yang sama patuhnya, untuk menangkap Cassian. B2EMO memberi tahu Cassian dan Maarva tentang surat perintah tersebut. Cassian bersiap untuk melarikan diri dari planet ini. 

Sementara itu, Luthen Rael—pembeli Bix—pergi ke Ferrix untuk mendapatkan Unit Starpath. Dalam kilas balik, Kassa dan sesama anggota sukunya menemukan dan menyelidiki kapal yang jatuh di dekat operasi penambangan besar-besaran industri yang ditinggalkan. 

Ketika salah satu dari mereka dibunuh oleh awak kapal yang jatuh, suku tersebut membunuh penyerang dan dengan cepat meninggalkan lokasi kecelakaan. Kassa tetap tinggal untuk menjelajahi kapal.



Review series Andor episode 3 "Reckoning"
Luthen tiba di Ferrix dan bertemu Cassian di pabrik terbengkalai. Karn dan Mosk juga tampil bersama belasan petugas keamanan. Mereka menghadapi Maarva, yang menolak untuk bekerja sama. 

Mencegat transmisi dari Cassian ke B2EMO, Karn menunjukkan dengan tepat posisi Cassian. Cassian ingin menjual Unit Starpath dan meninggalkan Ferrix. Namun, Luthen mencoba membujuknya untuk bergabung dengan Aliansi Pemberontak, mengutip keberhasilan berulang Cassian dalam mencuri dan menyabotase kapal Kekaisaran. 

Saat petugas Karn menggerebek pabrik, kedua pria itu melarikan diri ke hanggar yang lebih cepat, dan menaklukkan Karn. Setelah mengetahui pengkhianatan Timm, Bix bergegas membantu Cassian, hanya untuk dihentikan oleh petugas. Timm terbunuh saat dia mencoba untuk campur tangan. 

Pod tempat petugas keamanan tiba disabotase dan dihancurkan oleh Brasso. Luthen dan Cassian melarikan diri dari planet sementara Karn dan Mosk meminta evakuasi. Dalam kilas balik, Maarva dan suaminya, Clem, mengais kapal yang jatuh di Kenari dan menemukan Kassa. Maarva memutuskan untuk membawanya bersama mereka, takut akan nasibnya jika dia ditemukan di sana oleh Republik.



Review series Andor episode 4 "Aldhani"
Luthen membawa Cassian ke planet Aldhani, memintanya untuk bergabung dalam misi perampokan di sana. Cassian enggan tapi akhirnya setuju. Luthen memintanya untuk menggunakan nama samaran di antara para pemberontak, dan Cassian memilih 'Clem'. 

Vel, pemimpin kelompok pemberontak, memperkenalkannya kepada anggota kelompok lainnya tetapi merahasiakan keterlibatan Luthen. Mereka menjelaskan kepada Cassian bahwa mereka berencana mencuri gaji sektor Imperial dari pusat pasokan utama Imperial, memanfaatkan fenomena alam langka di langit Aldhani untuk melarikan diri karena kendaraan pelarian mereka lambat. 

Sementara itu di Coruscant, Luthen, menyamar sebagai pedagang barang antik, bertemu dengan Senator Mon Mothma, dan mereka membahas tantangan dalam menyembunyikan penentangan mereka terhadap Kekaisaran. Karn tinggal bersama ibunya setelah dihukum dan dipecat. Letnan Biro Keamanan Kekaisaran (ISB) Dedra Meero mencari akses dan wewenang atas insiden Ferrix, tetapi ditentang oleh seorang kolega dan perwira senior.

 

Review series Andor episode 5 "The Axe Forgets"
Di Aldhani, 'Clem' menyembunyikan masa lalunya dari sesama pemberontak dan disambut dengan ketidakpercayaan dari sebagian besar dari mereka, terutama Skeen. Taramyn melatih Cassian dan pemberontak lainnya untuk rencana pencurian. 

Saat bepergian ke garnisun Kekaisaran Aldhani, Cassian mengungkapkan bahwa dia adalah seorang tentara bayaran. Vel memutuskan untuk melanjutkan misi dan menunda berurusan dengan masa lalu 'Clem' sampai mereka mencapai tujuan mereka. Perwira kekaisaran dan agen ganda Letnan Gorn diam-diam membantu para pemberontak. 

Di Coruscant, Eedy Karn mengebiri putranya Syril saat dia mengeksplorasi prospek karier baru. Mon Mothma mendirikan yayasan amal baru sambil mengelola hubungan yang semakin tegang dengan suami dan putrinya. Supervisor ISB Blevin mengakuisisi sebuah hotel sebagai markas ISB baru di Ferrix. 

Sementara itu, saingannya Meero dan asistennya Heert mencapai kesimpulan bahwa para pemberontak sedang melakukan serangkaian perampokan senjata dan teknologi Kekaisaran yang terkoordinasi. Luthen dengan cemas menunggu transmisi dari Vel dan tim pemberontaknya.



Review series Andor episode 6 "The Eye"
Dibantu oleh Gorn, para pemberontak menyusup ke garnisun dengan menyamar sebagai pasukan pengawal Komandan Jayhold Beehaz, atasan Gorn. Mereka mengambil keluarga Beehaz sebagai sandera dan memaksanya untuk memberi mereka akses ke lemari besi gaji. Saat memuat kredit ke kapal barang, mereka ditemukan oleh pasukan Kekaisaran. 

Taramyn dan Gorn terbunuh dalam baku tembak berikutnya. Cinta tidak bisa naik ke kapal, jadi hanya Cassian, Skeen, Vel, dan Nemik yang kabur dari Aldhani. Saat lepas landas, Nemik dihancurkan oleh beban kredit tanpa jaminan, dan menderita cedera parah. Mereka mendarat di planet Frezno untuk mengobati luka Nemik. 

Dengan Vel sibuk menjaga Nemik, Skeen mengusulkan kepada Cassian agar mereka melarikan diri dan membagi gaji antara keduanya. Marah dan takut akan nyawanya, Cassian membunuh Skeen. 

Dia memberi tahu Vel tentang apa yang terjadi dan memberitahunya tentang rencananya untuk mengambil jumlah yang dijanjikan sebagai pembayaran dan pergi. Vel memberikan manifesto Cassian Nemik, sesuai dengan keinginan Nemik yang sekarat. Kembali ke Coruscant, agen ISB berkumpul untuk merumuskan pembalasan atas pencurian tersebut, sementara Luthen mendengar berita tentang pencurian tersebut dan diam-diam merayakannya.



Review series Andor episode 7 "Announcement"
Di Coruscant, Karn memulai pekerjaan baru di Biro Standar. Kolonel Wullf Yularen mengumumkan bahwa ISB telah mendapatkan lebih banyak pengawasan dan otoritas hukuman, sementara Meero ditantang oleh Blevin karena melanggar protokol dengan mengakses data Imperial tanpa otorisasi. 

Dia meyakinkan atasannya tentang nilai pekerjaannya dan ditugaskan untuk mengawasi Ferrix. Asisten Luthen, Kleya, menginstruksikan Vel untuk menemukan dan membunuh Cassian, karena dia mengetahui identitas Luthen. Mon Mothma bertemu dengan Tay Kolma, seorang teman lama dan bankir, dan memintanya untuk membantunya mengakses dana keluarga. 

Cassian kembali ke Ferrix untuk melunasi hutang lama dan mengetahui bahwa orang-orang menyalahkannya atas tindakan keras Keamanan Korporat. Kehadiran stormtroopers di Ferrix mengingatkan Cassian tentang bagaimana ayah angkatnya, Clem, dibunuh oleh pasukan klon Imperial selama protes di Rix Road. 

Cassian mencoba membuat Maarva meninggalkan Ferrix bersamanya, tetapi dia memutuskan untuk tinggal dan menentang peningkatan kehadiran Kekaisaran. Cassian melakukan perjalanan ke surga wisata tropis Niamos, mengadopsi nama "Keef Girgo". Beberapa waktu kemudian, saat berjalan menuju toko lokal, dia ditangkap secara tidak adil oleh seorang Shoretrooper dan dijatuhi hukuman enam tahun penjara.




Review series Andor episode 8 "Narkina 5"
Cassian dibawa ke penjara yang dikelilingi air di Narkina 5 di mana dia menghabiskan setiap hari bekerja di industri berat yang monoton dengan ratusan tahanan lainnya. Vel dan Cinta pergi ke Ferrix untuk mencarinya. 

Ketika Maarva jatuh sakit, Bix mencoba menghubungi Luthen tentang keberadaan Cassian, tetapi Luthen, yang khawatir akan diketahui siapa pun yang memantau komunikasi, tidak menjawab. 

Dia kemudian meninggalkan Coruscant untuk bertemu dengan Saw Gerrera. Rael mencoba untuk menyewa sel pemberontak Gerrera untuk bertindak sebagai dukungan udara untuk penyerbuan pembangkit listrik Kekaisaran di Spellhaus yang diselenggarakan oleh Anto Kreegyr, tetapi ditolak. 

Dedra Meero mempertanyakan Syril Karn tentang pengalamannya di Ferrix, tetapi menolak tawarannya untuk membantu penyelidikannya. Dia memimpin satu unit ke Ferrix sendiri, di mana dia menangkap Bix.



Review series Andor episode 9 "Nobody's Listening!"
Dedra Meero dan seorang ilmuwan Kekaisaran bernama Dr. Gorst menyiksa Bix untuk mendapatkan informasi dan menyadari bahwa Cassian mungkin terlibat dalam serangan Aldhani. Mereka gagal mempelajari apa pun dari Bix tentang Luthen. 

ISB menangkap pilot Pemberontak dari kelompok Kreegyr, yang mengungkapkan bahwa pembangkit listrik di Spellhaus akan digerebek. Mon Mothma bersatu kembali dengan Vel, terungkap sebagai sepupunya, dan mendorongnya untuk tidak menonjolkan diri sambil mempertahankan fasad seorang wanita muda yang kaya dan tidak terlibat secara politik. 

Mon dan Tay Kolma terus bekerja secara diam-diam mengumpulkan dana untuk kegiatan pemberontak. Sementara itu, anggota kru pekerja penjara Cassian yang lebih tua bernama Ulaf disuntik mati oleh petugas medis penjara bernama Dr. Rhasiv ketika dia menderita stroke dan tidak dapat lagi bekerja secara efektif. Dr. kesalahan. Cassian dan Kino menyadari bahwa penjara tidak akan pernah membiarkan mereka pergi, meyakinkan Kino untuk bergabung dengan skema Cassian untuk melarikan diri.



Review series Andor episode 10 "One Way Out"
Dengan merusak pipa air dan membanjiri lantai kerjanya, Cassian menonaktifkan sistem keamanan lantai, memungkinkan kru pekerja di sana mengalahkan beberapa penjaga dan melarikan diri. 

Kino menggunakan sistem interkom penjara untuk mendorong lantai lain melarikan diri dan pemberontakan melanda seluruh penjara. Terlepas dari perannya dalam pelarian, Kino mengungkapkan bahwa dia tidak bisa berenang. Cassian berenang dengan pelarian lainnya dan mencapai daratan. 

Mon Mothma bertemu dengan Davo Sculdun, seorang pengusaha teduh yang menawarkan untuk membantu membiayai proyeknya, tetapi Mon menolak setelah Davo meminta Mon mengatur pertemuan antara putrinya dan putranya, sebuah langkah awal menuju pernikahan dalam budaya Chandrilan mereka. 

Pengawas ISB Lonni Jung, diam-diam seorang informan pemberontak, bertemu dengan Luthen dan memberi tahu dia tentang kegiatan ISB. Kedua pria itu merenungkan bagaimana mereka berdua terjebak dalam peran mereka.



Review series Andor episode 11 "Daughter of Ferrix"
Maarva meninggal, mendorong upacara pemakaman di Ferrix, yang didorong oleh Dedra Meero dengan harapan Andor akan hadir. Vel memberi tahu Kleya tentang kematian Maarva dan mengetahui rencana enggan Mon Mothma untuk menikahkan putrinya untuk mendapatkan pendanaan melalui Davo Sculdun. 

Putri Mon, Leida, mulai mengambil bagian dalam pertemuan kelompok yang berfokus pada budaya dan tradisi Chandrilan, yang membuat Mon dan Vel tertekan. Syril Karn juga mengetahui tentang pemakaman dari Linus Mosk. Saw Gerrera memutuskan pada saat terakhir untuk membantu serangan Kreegyr di Spellhaus, tetapi Luthen menasihatinya untuk tidak melakukannya, mengungkapkan bahwa ISB mengetahui tentang serangan yang akan datang. 

Saat kembali ke Coruscant, Luthen kabur dari patroli Kekaisaran, menghancurkan beberapa petarung TIE dan balok traktor. Dengan bantuan dari Keredian Dewi dan Freedi, Cassian dan sesama tahanan Ruescott Melshi dapat melarikan diri dari Narkina 5 dan melakukan perjalanan ke Niamos untuk memulihkan barang-barang Cassian. Setelah Cassian mengetahui bahwa Maarva telah meninggal, Cassian dan Melshi berpisah, berniat untuk mengungkap secara terbuka sistem penjara Kekaisaran yang tidak adil.



Review series Andor episode 12 "Rix Road"
Cassian kembali ke Ferrix untuk menghadiri pemakaman Maarva dan mengetahui pemenjaraan Bix. Dedra Meero dan garnisun Imperial setempat bersiap menggunakan pemakaman untuk menangkap Andor untuk diinterogasi tentang Axis, sementara Luthen berencana, dengan bantuan Vel dan Cinta, untuk membunuh Cassian, menggunakan penyergapan Imperial sebagai perlindungan. 

ISB berhasil menghentikan serangan Kreegyr tetapi tidak meninggalkan tahanan, membuat marah Meero. Putri Mothma yang berusia 13 tahun, Leida, diperkenalkan dengan putra Davo Sculdun yang berusia 14 tahun. Selama pemakaman, B2EMO menampilkan rekaman Maarva, yang mengumpulkan penduduk untuk melawan Kekaisaran, menciptakan kerusuhan di bagian utama. 

Selama kebingungan, Cassian menyelamatkan Bix, sementara Syril Karn menyelamatkan Meero dari serangan. Bertemu dengan B2EMO, Brasso, dan beberapa lainnya di galangan kapal, Cassian meyakinkan mereka untuk membawa Bix ke tempat yang aman dari Ferrix. Tergerak oleh pemberontakan di Ferrix, Luthen kembali ke kapalnya tempat Cassian menunggu. 

Mengetahui bahwa Luthen ada di sana untuk membunuhnya, Cassian menawarkan Luthen pilihan untuk membunuhnya atau membawanya masuk, yang membuat Luthen tersenyum. Dalam adegan pasca-kredit, droid merakit mesin yang diproduksi oleh tahanan Narkina 5 di piring tembak senjata super Kekaisaran.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »