Resep Simple Cara Membuat Churros Ala Anak Kos Tanpa Mixer


Campusnesia.co.idBelakangan ini churros sempat menjadi jajanan yang hits di kalangan anak muda. Gorengan yang sempat viral di media sosial ini ternyata mempunyai cara membuatan yang tidak sullit. Sobat campusnesia hanya membutuhkan beberapa bahan baku yang sangat mudah di diperoleh. 

Untuk sobat campusnesianesia yang ingin belajar cara membuat churros tanpa mixer dikosan atau dirumah, berikut ini kami sajikan resep churros yang paling sederhana. Dijamin antigagal, karena tidak perlu menggunakan mixer.



Bahan : 
- 125 ml air

- 75 gram tepung terigu serbaguna

- 40 gram margarin

- 1 butir telur ayam

- 1 sendok teh gula pasir

- 1/4 sendok teh garam



Bahan taburan :
- 3 sendok makan gula halus

- 1 sendok teh kayu manis bubuk (jika suka)



Topping Saus cokelat (hanya sebagai referensi lainnya) :
- 60 gram kental manis putih

- 40 cc susu cair

- 30 gram cokelat bubuk

- 1 sendok teh minyak sayur

- tepung maizena secukupnya (untuk mengentalkan saus)

- air secukupnya (untuk mengencerkan maizena)


Cara Membuat Churros Ala Anak Kos Tanpa Mixer:
1. Taruh gula, garam, air, dan margarin di dalam panci. Kemudian  masak hingga meleleh dan meletup-letup dan kemudian diangkat.

2. Selanjutnya masukkan tepung terigu dan aduk hingga rata. Setelah itu nyalakan api kembali dan masak sekitar 2 menit. Angkat dan sisihkan sampai adonan dingin.

3. Setelah adonan dingin, masukkan telur dan aduk sampai benar-benar tercampur rata. Tekstur adonan ideal adalah yang tidak terlalu lembek.

4. Masukkan adonan ke dalam kantung plastik yang sudah dilubangi salah satu ujungnya. Pasangi spuit, kemudian masukkan ke dalam plastik lain. Gunting bagian bawahnya agar adonan bisa keluar.

5. Panaskan minyak lalu tekan plastik tempat adonan sambil digerakkan agar terbentuk churros yang panjang,  ukuran churros kira-kira sekitar 3-5 cm. Setelah itu goreng sampai churros sampai berwarna coklat keemasan.

6. Angkat churros yang sudah matang dari penggorengan, kemudian tiriskan minyaknya. Setelah churros sudah tidak terlalu panas, taburi churros dengan bahan taburan.

7. Untuk membuat saus cokelat, campur semua bahan kemudian masak di atas kompor hingga mendidih. Terakhir tambahkan maizena dan aduk lagi hingga mendidih.

8. Terakhir sajikan churros selagi masih hangat bersama cocolan saus cokelat. 


Itulah tadi cara simple membuat churros ala anak kos tanpa mixer, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Churros adalah adonan goreng dengan daya tarik universal. Bintang churros bersinar terang saat karantina wilayah di berbagai negara Eropa. Ia jadi makanan yang paling dicari dalam bentuk apa pun. 

Di Prancis, adonan churros dicampur tepung kenchurros adalah adonan goreng dengan daya tarik universal. Bintang churros bersinar terang saat karantina wilayah di berbagai negara Eropa. 

Ia jadi makanan yang paling dicari dalam bentuk apa pun. Di Prancis, adonan churros dicampur tepung kentang atau kentang yang dihaluskan.tang atau kentang yang dihaluskan.

Rasanya pun berbeda. Churros bercita rasa gurih dengan tekstur crunchy di luar tetapi lembut di dalam. Bentuknya menyerupai stik goreng yang dilumuri gula dan kayu manis. Begini saja sudah bisa dinikmati, kalau mau menambah sensasi rasanya tinggal tambahkan dipping sauce beraneka rasa.

Churros disebut dulunya merupakan camilan atau panganan yang sering disantap oleh para penggembala kambing di pegunungan Spanyol. Nama Churro disebut berasal dari nama kambing yang mereka gembalakan yaitu Navajo-Churro. Tanduk dari domba ini disebut mirip dengan bentuk dari churro yang kita kenal sampai hari ini.

Churros merupakan makanan penutup manis atau dessert dari negara Spanyol dengan bentuk memanjang. Disajikan dengan beragam isian atau filling rasa.

Bedanya dengan cakwe, churro lebih tebal dan manis. Beda dengan cakwe yang cenderung polos dengan selintasan rasa gurih, churro kental dengan penggunaan kayu manis. Jadinya seperti donat panjang manis dengan harum kayu manis yang menggoda.


Penulis
Wulan Sari

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon