Resep Simple Cara Membuat Donat Kentang dengan Takaran Sendok di Rumah


Campusnesia.co.id - Untuk sobat Campusnesia yang bingung ingin mengola kentang menjadi apa, kami punya referensi ni untuk mengola kentang menjadi donat yang enak dan lembut, yang pastinya anti gagal.

Membuat donat kentang merupakan suatu kegiatan yang bisa sobat lakukan untuk mengisi waktu santai dirumah yang pastinya nantinya bisa dijadikan cemilan. Bahan-bahan dalam pembuatan pun mudah didapat dan biasanya jadi stok di dapur. 

Resep membuat donat kentang yang enak dan empuk cukup mudah. Berikut kami sajikan bahan-bahan yang perlu sobat Campusnesia siapkan untuk membuat donat kentang dengan takaran sendok sehingga memudahkan sobat nesia untuk mempersiapkannya.



Bahan:
18 sdm tepung terigu

3 sdm kentang yang sudah dihaluskan

1 sdt ragi instan

4 sdm air hangat

1/2 sdt garam

1 saset susu bubuk

4 sdm gula pasir

1 butir telur

1 sdm margarin



Bahan Topping:
1/2 bungkus cokelat batangan

Meses

Gula pasir halus


Langkah-langkah Membuat Donat Kentang dengan takaran sendok dirumah :
1. Aktifkan ragi terlebih dahulu, dengan cara memasukkan 1 sdt ragi dan gula putih ke dalam gelas berisi air hangat, Aduk hingga merata kemudian tutup dan biarkan hingga 15 menit. Jika ragi dan gula sudah mengambang dan berbuih tandanya raginya sudah aktif.

2. Kemudian siapkan tepung terigu dan kentang yang sudah dihaluskan, kemudian masukkan semua bahan kedalam wadah, tak lupa pula masukan garam, susu bubuk dan 1 butir telur. Lalu aduk semua bahan dan masukan air ragi, margarin secara perlahan lalu uleni sampai kalis. Jika sudah kalis, tutup adonan dengan lap atau plastik sampai adonan mengembang.

3. Setelah adonan mengembang, buka plastik adonan dan kempiskan adonan. Kemudian bagi menjadi beberapa bagian untuk pembentukan donat. Setelah dibentuk lalu tutup kembali kurang lebih 15 menit hingga hasilnya mengembang dan siap digoreng.

4. Goreng donat dengan api sedang sampai matang. Siapkan bahan topping dengan mencairkan coklat batangan atau dengan cara menggunakan gula halus aytau mises. Hias sesuai dengan selera sobat nesia hingga donat siap disajikan.

Itulah tadi resep simple membuat donat kentang dengan takaran sendok dirumah, semoga bisa menjadi inspirasi sobat nesia dan semoga berhasil dalam membuatnya.


Sekilas info:
Donat adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula pasir, kuning telur, ragi roti, dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat dengan bentuk seperti cincin dan ada lubang di tengahnya, biasanya ditaburi dengan mesis atau gula halus.

Apakah yang dimaksud donat?
Donat (Donut) adalah sejenis cake mini ataupun kue kering dengan bentuk yang khas, yaitu berlubang di tengah seperti cincin dan berbentuk bulat jika diisi sesuatu.Donat dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu bread doughnut dan cake doughnut.

Donat adalah salah satu jenis roti populer di Indonesia. Bentuknya unik seperti cincin dan sajian beragam topping di atasnya, akan menggugah selera setiap orang yang melihatnya.

Beberapa pihak mengatakan nama donat mengacu pada kacang yang ditempatkan di dalam bola adonan untuk mencegah bagian tengah yang belum matang, sedangkan yang lain mengklaim nama donat mengacu pada simpul adonan yang merupakan bentuk populer lainnya untuk olykoeks.

Salah satu produk bioteknologi konvensional adalah donat yang memanfaatkan mikroorganisme Saccharomyces cereviciae agar terjadi proses fermentasi. Fermentasi adalah proses produksi energi dalam sel dalam keadaan anaerobik (tanpa oksigen). Gula adalah bahan yang umum dalam fermentasi.

Ciri khas donat adalah bolong di bagian tengah. Ternyata, ada tujuan dibalik bolongnya camilan tersebut. Di berbagai negara, donat umumnya terbuat dari adonan yang digoreng. Tektsurnya beragam.

Dilansir dari Daily Telegraph, Kapten Hanson Crockett Gregory berada di balik lahirnya pembuatan donat dengan lubang pada bagian tengah. Dia merupakan seorang pelaut yang ketika itu berusia 16 tahun, sedang menaiki kapal untuk mengangkut batu kapur. Ia memasak kue dan tak sengaja menusuk bagian lubang adonan tersebut.

Kue berbentuk bola-bola kecil bernama doughnuts atau olykoeks pertama kali disebut-sebut dalam buku History of New York oleh Washington Irving pada tahun 1809. Donat dalam ejaan tradisional bahasa Inggris disebut doughnut, sedangkan orang Amerika biasa menulis donat sebagai donut atau doughnut.

Meski berasal dari Belanda, donat juga populer di Indonesia. Diadaptasi dengan bahan-bahan lokal rasa dan teksturnya jadi unik. Donat bukan makanan asli Indonesia tetapi sangat populer dan digemari. Selain donat yang dijual di bakery dan toko khusus donat, donat khas Indonesia punya sebutan 'donat kampung'.

Donat berlubang di tengah kue denga tujuan semua bagian bisa matang merata. Lubang di tengah kue juga untuk membuat adonan nggak lengket dan susah tanak.

Menurut Nurroji, proofing pertama adonan donat membutuhkan waktu sekitar 30 menit dan proofing kedua untuk adonan donat membutuhkan waktu selama 10-15 menit.


Penulis
Wulan Sari 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon