Mahasiswa KKN UNDIP Edukasi Ibu-Ibu PKK Tambakaji Bahaya Penggunaan Gadget Berlebihan Pada Anak

 

Campusnesia.co.idTambakaji, Semarang (09/08) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk berpartisipasi dan terlibat langsung dalam kehidupan bermasyarakat  sebagai salah satu implementasi dari Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat. 

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2021/2022 dilakukan secara semi offline dimana mahasiswa dapat memilih kabupaten/kota yang diinginkan sebagai lokasi KKN (diutamakan di tempat tinggal masing-masing) namun untuk rangkaian kegiatan KKN dilakukan secara offline. 

KKN bagi mahasiswa diharapkan dapat menjadi suatu pengalaman yang memberikan banyak pelajaran hidup serta untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan yang belum didapatkan dalam ranah akademik. 


Bagi masyarakat sasaran, kehadiran mahasiswa KKN diharapkan dapat memberikan inovasi dan motivasi dalam pembangunan. Hal ini selaras dengan fungsi perguruan tinggi sebagai agen pembaharuan. Oleh karena itu, mahasiswa harus dapat bertindak sebagai jembatan dalam proses dan penerapan pembangunan khususnya dalam bidang perkembangan teknologi. 

Perkembangan teknologi yang semakin maju memberikan banyak kemudahan dalam melakukan kegiatan bermasyarakat khsusunya dalam bidang komunikasi. Saat ini Sebagian besar masyarakat sudah memilik gadget yang digunakan untuk komunikasi, beramin game, menonton hiburan, dan juga berselancar di sosial media. 

Gadget digunakan oleh semua kalangan, bahkan saat ini banyak juga anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan sudah diberikan gadget oleh orang tua nya. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan orang tua mengenai bahaya yang dapat ditimbulkan apabila anak yang masih dalam masa pertumbuhan diberikan gadget dan penggunaannya tidak diawasi atau dibatasi. 

Berangkat dari permasalahan tersebut, Millati Hanifa (20) Mahasiswa KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO yang berasal dari program studi Informasi dan Hubungan Masyarakat menginisiasi untuk melakukan edukasi kepada ibu-ibu PKK di Kelurahan Tambakaji mengenai bahaya penggunaan gadget yang berlebihan pada anak-anak. 

Salah satu ibu PKK Rw 11 menyatakan bahwa anaknya sudah sulit diatur dalam pengunaan gadget dan beliau merasakan benar dampak yang terjadi dari pengunaan gadget yang berlebihan pada anaknya.

Dalam edukasi ini disampaikan mengenai 9 bahaya yang dapat terjadi apabila anak-anak dibiarkan bermain gadget tanpa pengawasan. Diantaranya perkembangan fisik yang terganggu, menyebabkan obesitas, menganggu fungsi Kesehatan, menghambat interaksi sosial, mengalami mata Lelah dan rusak, mudah lupa, masalah pada fungsi otak, dapat mengalami gangguan mental serta memicu perilaku agresif. 

Dalam edukasi ini ibu-ibu sangat antusias dalam bertanya dan berbagu cerita dalam menangani anak yang mulai kecanduan gadget dan juga berdiskusi memgenai pencegahan kecanduan gadget pada anak-anak. 

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran orang tua mengenai bahaya yang dapat ditimbulkan dari penggunaan gadget yang berlebihan agar perkembangan anak di Kelurahan Tambakaji dapat maksimal dan tidak mengalami hambatan di kemudian hari. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon