KKN Tim II Undip Ajak Anak-Anak Desa Kemligi Sadar Data Sejak Dini

 


Campusnesia.co.id - Desa Kemligi, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang (30/07/2022) - Data merupakan informasi yang bersifat nyata dan benar yang didapat melalui suatu pengamatan atau pencarian dari sumber-sumber yang kredibel.

Data dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam berbagai ranah kehidupan, salah satunya yaitu sebagai dasar pengambilan keputusan kebijakan desa. Sehingga masyarakat desa sebagai penyedia sumber data utama kepada pemerintah desa perlu sadar akan pentingnya data. 

Berdasarkan hasil survei mahasiswa KKN Tim II Undip menunjukan bahwa masyarakat Desa Kemligi masih banyak yang sulit ketika dimintai informasi mengenai kependudukan, pendidikan, pertanian, dan lainnya.

Hal tersebut yang mendasari mahasiswa KKN Tim II Undip, Hana Farhatun Nusroh (20)  Fakultas Sains dan Matematika membagikan booklet "Statistika Dasar" yang berisi pengenalan data kepada anak-anak Desa Kemligi dengan arahan dosen pembimbing dr. Dodik Pramono, M.Si., Med. 


Tujuan pembagian booklet tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anak-anak sebagai generasi penerus di masa depan agar melek data. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada hari Jumat (30/07/2022) di SD Negeri Kemligi.

Pembagian booklet ini dilakukan dengan mendatangi siswa kelas 5 SD Negeri Kemligi, kemudian mahasiswa membagikan booklet pada setiap siswa yang hadir dalam kelas.

Selanjutnya, dilakukan pengenalan data dengan materi yang terdiri dari pengertian, jenis, cara mengumpulkan, cara menyajikan, serta cara menafsikan data. Kegiatan tersebut dilakukan kurang lebih selama 60 menit dengan diselingi permainan dan kuis. 

Setelah kegiatan ini anak-anak Desa Kemligi tampak senang karena memperoleh pengalaman seperti diskusi untuk mendapatkan data serta cara untuk menyajikan data tersebut. Dengan adanya kegiatan pembagian booklet ini, diharapkan anak-anak Desa Kemligi sadar data sejak dini.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon