Cara Mengatasi Homesick Saat Kuliah Jauh Dari Keluarga

 


Campusnesia.co.id - Salah satu tantangan saat kuliah dan harus kost karena jauh dari rumah adalah harus bisa mandiri. Tidak hanya dalam perkulaihan, belajar maupun kehidupan sehari-hari tapi juga harus bisa mandiri hidup jauh dari keluarga.

Karena sejak keil hingga SMA mayoritas mahasiswa tinggal bersama keluarga, saat kos kuliah butuh penyesuaian yang tidak mudah. Perasaan kangen, rindu kebersamaan bersama orang tua dan saudara bisa menimbulkan yang namanya Homesick.

Mengutip laman gramedia.com, Homesick adalah perasaan susah yang disebabkan terpisahnya orang tua dari lingkungan rumah.

Ciri-ciri kognitif yang disebabkan oleh homesick yaitu individu yang tersita pikirannya dengan memikirkan lingkungan rumah. Individu yang homesick sering mengalami gejala depresi, cemas, menarik diri dari lingkungan sosial serta tidak dapat fokus terhadap sesuatu kecuali dengan permasalahan rumah.

Homesick secara sederhana berarti kangen rumah. Rasa rindu bukan hanya ditujukan pada rumah yang ditinggal, namun juga rindu suasananya, rindu keluarga, rindu terhadap orang-orang yang ditinggalkan. hal ini bisa diartikan kangen kampung halaman.

Pada dasarnya homesick bukan gangguan emosi maupun penyakit mental apapun. Homesick berasal dari kebutuhan naluriah seseorang akan kasih sayang, perlindungan, dan rasa aman.


Untuk sobat Campusnesia, lewat postingan kali ini berikut kami hadirkan Cara Mengatasi Homesick Saat Kuliah Jauh dari Keluarga.

1. Rutin komunikasi dengan keluarga
Jika dulu untuk berkomunikasi butuh waktu berhari-hari lewat surat, kini dengan telpon setiap saat kita bisa menghubungi orang tua dan saudara kapanpun kita mau.

Mulai dari sms, whatsapp bahkan video call sehingga tahu keadaan orang rumah dan menjadi obat homesick.


2. Rutin pulang kampung
Untuk teman-teman yang kuliah beda kabupaten dan hanya butuh waktu 2-3 jam untuk pulang, sering-seringlah pulang kampung, misal setiap jumat sore selepas kuliah dan kembali minggu sore atau senin pagi.

Jika jauh beda kota bahkan pulau bisa dijadwalkan setiap beberapa pekan atau bulan sekali, pulang kampung akan jadi obat ampuh untuk homesick.


3. Sadari dan Terima Perasaan Bahwa sobat Sedang Merasa Homesick
Mengutip laman mnp.ac.id ada tips yaitu mengakui bahwa perasaan homesick memang sedang dirasakan merupakan suatu hal yang penting lho teman. Penolakan terhadap rasa tersebut membuat kamu jadi lebih sulit berdamai dengan diri sendiri. Cobalah untuk menerimanya, dan sadari bahwa perasaan yang sedang dialami adalah suatu hal yang wajar dirasakan seorang perantau.


4. Kenali Pola Baru yang Ada Dalam Hidup untuk Mengurangi Rasa Homesick
Keluar dari zona nyaman memang kerap membuat kita kehilangan arah. Perlahan cobalah untuk menyadari berbagai hal baru yang kamu temui. Dengan begini, diri kamu bisa lebih mudah menyesuaikan diri, dan akhirnya menerima berbagai kondisi baru yang harus dihadapi.


5. Cari Kesibukan Baru yang Membuat kita Senang dan Memberi Manfaat
Mengikuti ekstrakulikuler, unit kegiatan mahasiswa, atau organisasi bisa jadi salah satu ide. Jika tidak, cobalah berolahraga untuk meningkatkan suasana hati. Ajak teman-teman melakukan berbagai kegiatan seru pada waktu senggang, hal ini pasti akan sangat membantu.


6. Salah Satu Cara Mengatasi Homesick dengan Eksplor Lingkungan Baru
Agar lebih mudah merasa nyaman di tempat baru, cobalah bereksplorasi. Mulai dari pergi mencari makanan khas daerah tersebut, berkeliling menyusuri tempat-tempat yang bagus untuk dikunjungi, juga melakukan berbagai aktivitas yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Hal ini bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa homey di tempat baru.


7. Mintalah Bantuan Pada Orang Terdekat sebagai Cara Mengatasi Homesick
Untuk mengurangi ketergantungan pada keluarga dan saudara di rumah, cobalah bersosialiasi mejalin relasai dengan teman kuliah, teman kos dan masyarakat sekitar. 

Untuk beberapa hal bisa minta tolong ke mereka sebagai ganti orang rumah, bersosialisasi dan bermasyarakat jadi solusi efektif mengurangi homesick karena nyaman sebagai bagian dari masyarakat dan lingkungan setempat.



sumber referensi: https://mnp.ac.id/feature/cara-mengatasi-homesick/
sumber foto: freepik.com


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon