Tutorial Cara Gunakan Telegram Web di Komputer dan Laptop

 


Campusnesia.co.id - Selain whatsapp, telegram adalah aplikasi pesan instan yang banyak penggunanya. Disebut-sebut lebih aman dari whatsapp bahkan di telegram bisa menjalankan bot untuk kebutuhan tertentu.

Lewat telegram kita bisa saling berkirim teks, gambar, video, dokumen, dan jenis file apa pun. Kamu bisa mengaksesnya melalui perangkat seluler dengan fitur Telegram seluler, maupun komputer atau laptop dengan fitur Telegram Web seperti whatsapp web.

Mengutip laman id.wikipedia.org, Telegram adalah sebuah aplikasi layanan pengirim pesan instan multiplatform berbasis awan yang bersifat gratis dan nirlaba. 

Klien Telegram tersedia untuk perangkat telepon seluler mulai dari Android, iOS, Windows Phone, Ubuntu Touch dan sistem perangkat komputer untuk Windows, macOS, Linux, Tersedia dalam versi web yang bernama WebK dan WebZ, termasuk aplikasi tidak resmi yang menggunakan protokol Telegram.

Para pengguna dapat mengirim pesan dan bertukar foto, video, stiker, audio, dan tipe berkas lainnya. Telegram juga menyediakan fitur opsional enkripsi ujung-ke-ujung, yang digunakan pada Secret Chat dan Panggilan suara atau video. 

Pertama kali diluncurkan pada 14 Februari 2013 di perangkat iOS dan Android pada 20 Oktober 2013. Server Telegram terdistribusi dengan lima pusat data yang terpisah di seluruh dunia, sedangkan pusat operasional terletak di Dubai, Uni Emirat Arab.

Telegram dikembangkan oleh Telegram Messenger LLP dan didukung oleh wirausahawan Rusia Pavel Durov. Kode pihak kliennya berupa perangkat lunak sistem terbuka namun mengandung blob binari, dan kode sumber untuk versi terbaru tidak selalu segera dipublikasikan, sedangkan kode sisi servernya bersumber tertutup dan berpaten. 

Layanan ini juga menyediakan API kepada pengembang independen. Pada Februari 2016, Telegram menyatakan bahwa mereka memiliki 100 juta pengguna aktif bulanan, mengirimkan 15 miliar pesan per hari.


Lewat postingan kali ini berikut kami hadirkan Tutorial Cara Gunakan Telegram Web di Komputer dan Laptop, yuk simak langkah-langkahnya.


1. Pastikan sobat sudah memiliki akun Telegram versi seluler, untuk menerima kode konfirmasi yang dikirimkan ke akun Telegram.

2. Buka browser yang ada di komputer atau laptop Chrome, Safari, atau Firefox.

3. Masuk ke halaman website https://web.telegram.org/.

4. Ketika muncul halaman log in, pilih negara asal lalu masukkan nomor telepon.

5. Klik Next atau Berikutnya.

6. Telegram akan mengirimkan kode Log in atau kode masuk ke akun Telegram di handphone.

7. Masukkan kode tersebut ke halaman Log in di browser, pastikan kode yang dimasukkan benar, agar berhasil masuk ke akun kamu.

8. Telegram Web akan secara otomatis mensinkronkan pesan dengan Telegram seluler.

9. Selamat Telegram Web siap digunakan.


Tutorial cara log in menggunakan kode QR

1. Buka halaman Log in, pilih Log in by QR Code.

2. Buka Telegram pada ponsel dan pergi ke Settings lalu Devices lalu Link Dekstop Device. Buka https://web.telegram.org di browser.

3. Scan kode QR yang ditampilkan di browser menggunakan scanning yang muncul pada HP.

4. Jika scanning kode QR berhasil, sobat akan otomatis masuk ke akun Telegram web.

5. Saat sobat ingin keluar dari Telegram Web, bisa klik ikon bilah tiga di sisi kiri atas halaman, kemudian pilih Setting atau pengaturan. 

6. Pada titik tiga di kanan atas halaman, pilih Log out. 


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Tutorial Cara Gunakan Telegram Web di Komputer dan Laptop, semoga bermanfaat sampai jumpa.


sumber:
- https://www.idntimes.com/tech/trend/dwi-wahyu-intani/cara-pakai-telegram-web-c1c2
- https://id.wikipedia.org/wiki/Telegram_(perangkat_lunak)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon