Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Gelar Pelatihan Pembuatan Keripik Pisang Aneka Rasa Guna Mendukung Ekonomi Kreatif




Campusnesia.co.idKabupaten Pekalongan (12/02), Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro (UNDIP) di Desa Mendolo, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan menggelar pelatihan pembuatan produk olahan pisang menjadi keripik sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat Desa Mendolo. Pelatihan ini dilaksanakan pada Jumat, 27 Januari 2023 di Aula Balai Desa Mendolo dan diikuti oleh warga setempat dengan antusias. 

“Kami mendapatkan informasi bahwa di Desa Mendolo memiliki banyak potensi sumber daya alam (SDA) dan salah satunya yaitu pisang. Tetapi masyarakat Desa Mendolo kurang mengetahui pengolahannya. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk membuat olahan pisang menjadi keripik yang dapat menjangkau semua kalangan masyarakat dan tentunya dengan varian rasa yang baru”, ujar Kanita.


Keripik pisang bukan hanya sekadar keripik untuk camilan, tetapi keripik pisang ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh antara lain yaitu, membantu tubuh dalam melancarkan sistem kerja organ pencernaan dan membuang racun yang tersimpan di dalam tubuh, menurunkan risiko seseorang terkena serangan jantung, mencegah risiko anemia, meningkatkan sistem kerja otak, dan melancarkan peredaran daerah. 

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah selain untuk memaksimalkan hasil panen buah pisang sebagai bahan utama dalam pembuatan produk ini, juga untuk memberdayakan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat Desa Mendolo dalam menghasilkan inovasi produk serta memberikan ide peluang usaha yang berpotensi untuk meningkatkan UMKM dan pengembangan ekonomi kreatif di kalangan masyarakat Desa Mendolo. 


Selama ini, hasil panen pisang memiliki nilai jual yang sangat rendah karena pada umumnya pisang dijual tanpa melakukan pengolahan atau modifikasi produk terlebih dahulu.
  
Keripik pisang yang dikembangkan oleh mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (UNDIP) dibuat dari bahan baku pisang jenis Kepok atau Raja. Pisang kemudian diproduksi dengan varian rasa original, cokelat, dan matcha. 

Kegiatan pelatihan ini dirangkai dengan membagikan brosur kepada audience yang berisikan penjelasan mengenai manfaat keripik pisang, bahan - bahan dan cara pembuatan keripik pisang, penjelasan latar belakang kegiatan, demontrasi pembuatan keripik pisang, dan sosialisasi pengemasan (packaging) produk. 


Dalam pembahasan mengenai pengemasan (packaging), mahasiswa KKN UNDIP memberikan contoh desain kemasan keripik pisang yang menarik yang disertai dengan nama brand produk, sehingga nantinya dapat menjadi contoh ataupun referensi bagi pelaku usaha Desa Mendolo yang ingin membuat kemasan keripik pisang yang menarik. 

Melalui pelatihan pembuatan keripik pisang ini, diharapkan bisa dikembangkan secara berkelanjutan sehingga produk keripik pisang ini menjadi salah satu produk Desa Mendolo dapat dikenal masyarakat luas. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon