Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Edukasi Generasi Muda Personal Financial Management dalam Menentukan Skala Prioritas Kebutuhan

 

Campusnesia.co.idBrebes (11/2/2023). Kecerdasan dalam mengelola aset keuangan pribadi (personal financial management) merupakan salah satu kecerdasan yang harus dimiliki oleh setiap individu. Kemampuan individu dalam mengelola keuangan pribadi sangatlah penting untuk mendukung terwujudnya tujuan-tujuan yang ingin dicapai.
 
Skala prioritas pemenuhan kebutuhan merupakan daftar kebutuhan seseorang mulai dari yang terpenting hingga yang dapat ditunda dalam pemenuhannya. Skala prioritas kebutuhan dapat diterapkan untuk mengelola keuangan dan juga hal penting lainnya. Manfaat penggunaan skala prioritas pemenuhan kebutuhan sendiri sebagai berikut:

1. Kebutuhan Utama Terpenuhi

2. Keuangan Lebih Terkendali

3. Perencanaan Keuangan Berjalan Baik

4. Membantu Mengukur Progres Pencapaian Tujuan
 
Metode 50/30/20 menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatur keuangan bulanan agar tidak boros. Seringkali, orang-orang mengeluarkan banyak uang hingga lupa memenuhi kebutuhan pokok. Alokasi gaji yang belum tepat dapat membuat orang kesulitan dalam mengatur keuangan. Untuk itu, perlu adanya pemilihan cara mengatur keuangan yang cocok.


Sebab itu, salah satu Mahasiswa Tim I KKN UNDIP periode 2022/2023 bernama Alexander Dio Hasmoro yang berasal dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Program Studi Manajemen melakukan survei lokasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat Desa Kaliwlingi yang mayoritas terdiri dari masyarakat muda dan pada usia produktif. 

Hasil dari survei yang dilakukan menumbuhkan inisiatif pada Alexander untuk mengadakan penyuluhan terkait dengan personal financial management, terutama dalam upaya pemenuhan skala prioritas kebutuhan pada masyarakat Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.


Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Januari 2023, dengan melakukan penyuluhan kepada karang taruna yang mewakili masyarakat muda produktif serta mengingat sulitnya penyesuaian jadwal kerja masyarakat dengan waktu pelaksanaan. 

Output yang dihasilkan dari program kerja ini berupa poster yang diberikan kepada karang taruna, serta menempel poster agar masyarakat sekitar juga dapat membaca dan menerapkan ilmu dalam merencakan keuangan.

Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat dalam mengatur keuangan melalui skala prioritas pemenuhan kebutuhan. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon