Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Undip Ajak Siswa Di SMP N 8 Satu Atap Brebes Gunakan E-Book

 


Campusnesia.co.idBrebes, Jawa Tengah (21/1). Mahasiswa Departemen Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro (Undip) Semarang memberikan ajarkan pengetahuan tentang buku digital di SMPN 8 Satu Atap Brebes.

Arneta selaku mahasiswa kuliah kerja nyata menuturkan permasalahan yang terjadi di lokasi saat ini adalah kurangnya pengetahuan mengenai buku digital. Mayoritas siswa masih belum mengetahui dan memahami adanya berbagai buku digital dan cara menggunakannya. 

“Siswa disini diperbolehkan membawa gadget apabila terdapat kegiatan yang mengharuskan menggunakannya. Kegiatan ini hanya sebatas untuk mengakses soal dan materi yang dibuat oleh guru. Setelah itu, gadget dikumpulkan kembali apabila sudah tidak dibutuhkan untuk pembelajaran. Jadi untuk belajar dan mengakses buku gital sejauh ini siswa masih kurang mengerti karena sepertinya masih belum ada pengajaran tentang hal it” ungkap Wakil Kepala Sekolah SMPN 8 Satu Atap Brebes ibu Dewi.

Berdasarkan wawancara pada beberapa siswa, mayoritas juga belum mengetahui apa itu buku digital, seperti apa itu buku digital dan bagaimana menggunakannya. Terlebih, buku yang menjadi sumber informasi yang mereka miliki hanya berupa buku Lks Tematik. Untuk buku paket harus meminjam di perpustakaan atau membeli mandiri.

“Kami tidak dibagikan buku paket sendiri-sendiri tapi untuk meminjam bisa ke perpustakaan” ungkap salah satu siswa bernama Feni.
 

Langkah alternatif yang disampaikan Arneta Audriyant Putri selaku mahasiswa KKN Undip dalam rangka pengimplementasian SDG’s poin 4 (empat) terkait pendidikan berkualitas ialah memberikan edukasi tentang e-book kepada siswa melalui dua sumber buku digital. Pertama, aplikasi Si Booky yang dikelola oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang. Kedua, platform SIBI yang dikelola Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Dan juga dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Buku digital ini dapat diakses secara open access maupun komersial. 

Pengenalan dengan buku digital dapat meningkatkan pengetahuan siswa melalui koleksi-koleksi yang dimiliki oleh aplikasi sumber buku gital. Terdapat banyak koleksi dengan berbagai kategori, terutama kategori pendidikan yang dibutuhkan siswa. Hal ini mendukung percepatan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s). Dengan demikian kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pendidikan berkualitas yang ada.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon