Mahasiswa KKN Undip Sulap Daun Bakau Menjadi Hand Sanitizer

 


Campusnesia.co.idKegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Universitas Diponegoro periode 2022/2023 dilaksanakan secara serentak dengan menerjunkan beberapa tim pada lokasi yang sudah ditentukan, salah satunya pada Kecamatan Brebes, tepatnya pada desa Kaliwlingi.

Desa Kaliwlingi menjadi salah satu desa dengan berbagai potensi wisata dan perikanan, karena letaknya yang berada di utara Kabupaten Brebes. Namun, masih ditemui beberapa masalah yang harus diatasi. Salah satu mahasiswa, Gusda Khafiz Dhiya Ulhaq (21), yang merupakan mahasiswa jurusan Teknik Kimia berusaha memberikan solusi dalam upaya meninigkatkan kualitas hidup sehat masyarakat desa Kaliwlingi.

Pengamatan yang ada menunjukkan masyarakat desa masih sering mengesampingkan kebersihan, terutama saat akan mengonsumsi makanan. Masyarakat biasanya langsung melahap makanan tanpa berpikir panjang untuk sekedar membersihkan tangan. Kebiasaan tersebut membuat Gusda (21) berinisiatif untuk mengadakan program penyuluhan pentingnya kebersihan sebelum makan sekaligus berbagi cara dalam membuat hand sanitizer dari bahan daun bakau.


Kegiatan dilakukan pada Jum’at, 20 Januari 2023 berdampingan saat kegiatan posyandu sedang berlangsung bersama kader kesehatan desa Kaliwlingi. Kegiatan dibuka dengan memberikan penyuluhan secara lisan mengenai pentingnya kegiatan mencuci tangan sebelum makan dan dilanjutkan dengan demo pembuatan hand sanitizer secara langsung di depan ibu rumah tangga peserta kegiatan posyandu desa Kaliwlingi. 

Dengan program ini diharapkan adanya peningkatan kualitas hidup sehat masyarakat Desa Kaliwlingi serta masyarakat dapat membuat hand sanitizer secara mandiri setelah melihat demo yang dilakukan. Selain itu, mahasiswa ini juga membagikan produk hand sanitizer kepada warga dalam upaya meningkatkan kualitas hidup bersih dan sehat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon