6 Tips Jadi Mahasiswa Baru Agar Sukses di Dunia Perkuliahan

 


Campusnesia.co.idHai sobat Campusnesia, emasuki dunia perkuliahan, kampus baru, teman baru, lingkungan baru dan suasana baru merupkan hal yang sangat dinantikan oleh calon mahasiswa baru. 

Bayangan mengenai kehidupan kuliah yang lebih bebas dibandingkan kehidupan sekolah yang cenderung lebih banyak peraturan menjadi salah satu motivasi untuk cepat-cepat kuliah. 

Menjadi anak kuliah ternyata tidak selalu menyenangkan, lho! Tidak banyak mahasiswa yang mengalami culture shock saat awal perkuliahan. 

Tapi jangan khawatir sobat campusnesia, tips-tips ini akan membantu kamu agar kehidupan perkuliahanmu lebih menyenangkan dan bermanfaat.


1. Pilih dan kenali lingkunganmu terlebih dahulu

Mulai dari memilih kost, pilihlah kost yang dekat dengan kampus dan tidak terlalu ramai. Kondisi kost yang terlalu ramai akan membuat kamu sulit berkonsentrasi saat belajar. 

Memilih kost yang dekat dengan kampus akan membantu kamu berhemat karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk transportasi. Saat pertama kali pindah ke kost cobalah kenali lingkungan sekitar. 

Kamu bisa berjalan-jalan sambil mencari tempat makan, minimarket, masjid, tempat fotocopy atau laundry yang terdekat sekaligus mengenal warga sekitar.


2. Cari teman sebanyak-banyaknya

Teman adalah orang yang akan menjadi orang terdekatmu ketika jauh dari orang tua atau keluarga. Tetapi kamu tidak boleh sembarangan dalam memilih teman. Pilihlah teman yang bisa memberimu support dan membuatmu menjadi orang yang lebih produktif. 


3. Ikuti organisasi atau kegiatan mahasiswa

Dengan mengikuti kegiatan mahasiswa seperti klub olahraga, himpunan atau unit kegiatan mahasiswa (UKM), kamu bisa mendapat lebih banyak teman dan menyalurkan bakat yang kamu miliki. 

Ada banyak unit kegiatan mahasiswa yang dapat kamu ikuti misalnya resimen mahasiswa, pramuka, korps sukarela (KSR), paduan suara, kesenian dan masih banyak lagi. 

Kegiatan seperti ini dapat menjadi salah satu media refreshing ditengah kepenatan kuliah. Melalui kegiatan ini kamu juga bisa belajar berorganisasi dan melatih jiwa kepemimpinan.


4. Buat kelompok belajar

Jika sewaktu sekolah guru kita selalu membimbing hingga benar-benar paham, selalu mengingatkan ketika ada tugas dan memberikan toleransi apabila terlambat dalam mengumpulkan tugas, di dunia kuliah kamu harus bisa semuanya sendiri. 

Kamu harus bisa mengikuti dan memahami materi yang disampaikan oleh dosen, mencari referensi tambahan secara mandiri dan mengumpulkan tugas tepat waktu. 

Dengan adanya kelompok belajar akan memudahkan kamu dalam belajar dan saling bertukar pemahaman mengenai materi yang disampaikan oleh dosen.


5. Ikuti program magang

Mengikuti program magang akan menambah skill yang kamu punya, terutama jika program tersebut sesuai dengan jurusan yang kamu ambil. 

Pengalaman pada saat magang akan menjadi nilai tambah pada saat kamu mencari pekerjaan kelak nanti.


6. Jalin hubungan yang baik dengan dosen dan kakak tingkat

Dosen dan kakak tingkat tentunya memiliki pengalaman yang lebih daripada mahasiswa baru. Kamu bisa sharing mengenai pengalaman mereka yang dapat dijadikan acuan untuk menjalani perkuliahan kamu kedepannya.  


Itu dia postingan kita kali ini tentang 6 Tips Jadi Mahasiswa Baru Agar Sukses di Dunia Perkuliahan untuk sobat campusnesia yang baru memasuki dunia perkuliahan. 

Kuliah bukan hanya tentang belajar secara teori dan memperoleh IPK yang tinggi, tapi juga belajar untuk menjadi orang yang lebih baik, berwawasan luas serta memahami karakter orang dari berbagai latar belakang.



Penulis
Rizka Indra Nareswari


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon