Tata Cara Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal Tahun 2023

 


Campusnesia.co.id - Selain lele dan nila, ikan mujair yang ditemukan oleh orang Indonesia juga cocok jadi alternatif budidaya.

Hasilnya tak kalah dengan budidaya ikan lele dan nila jika diseriusi dan ditelateni kuncinya. Lewat postingan kali ini berikut kami hadirkan informasi tentang Tata Cara Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal Tahun 2023.

Tips Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal
Jika Bapak/Ibu membutuhkan beberapa tips sehingga ternak ikan mujair di kolam terpal dapat sukses, berikut beberapa tips yang dapat diikuti.

1. Pilih Induk yang Berkualitas
Jika Bapak/Ibu ingin mulai budidaya ikan mujair, carilah benih ikan mujair yang berkualitas. Benih ikan mujair yang berkualitas akan lebih cepat tumbuh dan tahan dari penyakit.

Bibit unggulan ikan mujair memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
Usia produktif
Sisik tumbuh sehat
Sirip tidak cacat
Bergerak secara aktif dan lincah


2. Pemberian Pakan yang Baik
Pakan menjadi kunci utama dalam budidaya ikan. Tentunya Bapak/Ibu harus memberikan pakan terbaik agar cepat panen. Ikan mujair dapat diberikan pakan buatan maupun pakan alami.

Jika Bapak/Ibu ingin mempelajari lebih dalam mengenai pakan ikan mujair, Bapak/Ibu dapat membaca artikel berikut tentang tips pemberian makanan ikan mujair.


3. Manajemen Kualitas Air
Manajemen air kolam menjadi salah satu faktor penting keberhasilan budidaya ikan, karena kolam yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang dari penyakit.

Air kolam harus rutin diganti setiap 2-3 minggu. Selain itu, Bapak/Ibu juga harus membersihkan sisa pakan yang menumpuk di dasar kolam. Air yang digunakan bisa diambil dari mata air, sumur, dan air hujan.


4. Panen Ikan Mujair
Ikan mujair dapat dipanen 4-5 bulan sejak pertama kali benihnya ditebar. Saat panen, Bapak/ibu harus melakukannya dengan hati-hati karena ikan yang mati dan cacat akan mendapatkan harga yang lebih murah. Jadi, pastikan ikan Bapak/Ibu tetap segar dan utuh saat dijual.


Kelebihan Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal

1. Biaya Investasi Lebih Murah
Ikan mujair dapat dibudidayakan di kolam terpal. Dengan menggunakan kolam terpal, biaya untuk pembuatan kolam akan lebih murah dan praktis dalam pembuatannya, sehingga Bapak/Ibu dapat mulai budidaya dengan cepat. 

2. Tidak Bau Tanah
Berbeda dengan menggunakan kolam tanah, budidaya ikan mujair di kolam terpal tidak akan berbau tanah sehingga lebih disukai oleh para konsumen.

3. Cepat Besar
Ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan yang sangat cepat perkembangannya. Oleh karena itu, ikan ini banyak dipilih karena jangka waktu budidayanya yang singkat yaitu selama 5 bulan dengan berat 80-140 gram per ekornya.

Bahkan karena perkembangannya yang cepat, ikan ini dapat mengganggu ikan jenis lainnya. Ikan mujair akan bersifat serakah sehingga dapat menghabiskan pakan dari ikan jenis lain dengan cepat.

4. Adaptasi Lingkungan
Ikan mujair memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi. Bahkan, ikan mujair mampu hidup dengan kondisi perairan payau dan rentang suhu kolam yang luas. Ikan mujair dapat dibudidayakan pada air tawar hingga air payau dengan ketinggian 1-1000 mdpl dengan rentang suhu 25-30°C.

5. Tidak Cerewet Pakan
Ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan yang tidak rewel dalam hal pemberian pakan, sehingga berbagai jenis pakan yang dapat diberikan kepada ikan mujair. Makanya ikan mujair disebut sebagai ikan yang rakus dan serakah. 

Namun, agar pertumbuhan optimal tentunya pakan yang diberikan haruslah pakan yang bernutrisi. Jika Bapak/Ibu ingin mengetahui pakan ikan mujair yang tepat, Bapak/Ibu bisa membacanya .

Walaupun ikan mujair memiliki banyak kelebihan, tidak dapat dipungkiri berbudidaya ikan jenis ini di kolam terpal juga memiliki kelemahannya tersendiri. Berikut beberapa kelemahan ternak ikan mujair di kolam terpal.


Peluang Bisnis Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal

Ikan mujair merupakan ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sehingga punya peluang yang besar untuk dibudidayakan. Apabila kita kaji, ada beberapa alasan mengapa peluang bisnis budidaya ikan mujair sangat menguntungkan.

1. Harga yang Tinggi
Ikan mujair merupakan salah satu ikan air tawar yang memiliki harga tinggi di pasaran. Harga ikan mujair di pasaran berkisar antara Rp25.000- Rp 30.000. 

2. Permintaan yang Tinggi
Ikan mujair memiliki rasa yang disukai oleh masyarakat di Indonesia. Selain rasanya yang nikmat, ikan ini juga memiliki manfaat mengatasi obesitas, memperbaiki metabolisme, hingga mencegah kanker.

3. Pemasaran yang Mudah
Ikan mujair menjadi menu yang banyak disajikan di rumah makan dan restoran. Oleh karena itu, jika Bapak/Ibu berbudidaya mujair, Bapak/Ibu dapat menjual hasil produksi langsung ke rumah makan.

4. Dapat Dibudidayakan di Kolam Terpal
Ikan mujair merupakan salah satu ikan yang dapat dibudidayakan di kolam terpal. Budidaya ikan di kolam terpal ini memberikan beberapa kemudahan, yaitu sebagai berikut:

Dapat diterapkan di lahan minim
Pembuatannya praktis
Padat tebarnya tinggi
Tidak boros air


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Tata Cara Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal Tahun 2023, semoga bermanfaat sampai jumpa.



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon