Alur Cerita dan Review Film Horor Taiwan Incantation

 


Campusnesia.co.id - Hari ini minggu 10 juli 2022 Incantation masuk trending twitter, sebuah film horor dari taiwan yang tayang di platform streaming Netflix.

Incantation adalah sebuah film horor Taiwan tahun 2022 yang disutradarai oleh Kevin Ko dari sebuah skenario yang ia tulis bersama dengan Chang Che-wei. Film ini dirilis di Taiwan pada 18 Maret 2022, dan menjadi film horor Taiwan terlaris. Ini menerima distribusi internasional dari Netflix pada 8 Juli 2022.

Secara harfiah, Incantation sendiri artinya dalah Mantera.


Alur Cerita film horor Incantation
Seorang wanita bernama Li Ronan menceritakan film tersebut, memohon penonton untuk menghafal sebuah lencana dan melantunkan mantra, "Hou-ho-xiu-yi, si-sei-wu-ma", untuk mengirim berkah untuk meringankan kutukan putri yang berusia 6 tahun bernama Dodo. 

Lambang dan mantera sering diselingi sepanjang film untuk mendorong penonton untuk berdoa bersama. Peristiwa film ditampilkan secara non-linear.

Enam tahun lalu, Ronan, pacarnya Dom, dan sepupu Dom Yuan, melanggar tabu agama saat mendokumentasikan ritual untuk saluran Internet mereka, Ghost Busters. Mereka pergi ke desa terpencil klan Chen, kerabat Dom dan Yuan, yang mengikuti agama esoteris Yunnan yang menyembah dewa yang disebut Ibu-Buddha. 

Keluarga dengan enggan membiarkan Ronan masuk ke desa, lalu meminta ketiganya untuk menyerahkan nama mereka dengan mantera kepada Ibu-Buddha. Seorang tetua klan memberi tahu Ronan bahwa setelah putrinya akan lahir, dia juga harus melakukan hal yang sama, mengejutkan Ronan yang tidak menyadari bahwa dia hamil. 

Malam itu, kelompok itu memata-matai klan yang melakukan ritual, di mana seorang gadis muda tampaknya bersedia untuk berkorban. Gadis yang tidak sadar, yang tubuhnya tertutup rune, ditinggalkan di depan sebuah terowongan, yang dilarang oleh klan untuk mereka masuki. 

Ronan menunggu bersamanya sementara Dom dan Yuan memasuki terowongan setelah menghancurkan barikadenya. Beberapa saat kemudian, Yuan muncul dari terowongan sambil berteriak sementara Dom kemudian dinyatakan telah meninggal. 

Rekaman dari dalam terowongan telah rusak dan tidak dapat diputar ulang. Setelah Dodo lahir, Ronan meninggalkannya di panti asuhan dan mencari bantuan psikiater.

Saat ini, Ronan telah pulih dan membawa Dodo untuk tinggal bersamanya. Rumah mereka segera dipenuhi oleh aktivitas yang tidak dapat dijelaskan dan Dodo terganggu oleh kehadiran bayangan. Dodo secara bertahap mengembangkan penyakit yang melemahkan dan kesehatan mental Ronan terus menurun. 

Ketika pekerja sosial datang untuk membawa Dodo pergi, dia dan Ronan melarikan diri dengan bantuan Ming, pemilik panti asuhan yang simpatik. Mereka membawa Dodo ke kuil, di mana seorang pendeta dan istrinya setuju untuk mengusirnya dengan mengorbankan nyawa mereka sendiri. 

Mereka memberi tahu Ronan untuk tidak membiarkan Dodo makan selama tujuh hari, tetapi ketika tubuh Dodo terus memburuk dan tertutup rune, Ronan memberinya makan. Pendeta dan istrinya dibunuh dengan kejam, dan Ronan membawa Dodo ke rumah sakit.

Sementara itu, Ming pergi ke Yunnan untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang agama Chen dan menugaskan layanan profesional untuk memulihkan rekaman Ghost Busters yang rusak. Ming mengirim Ronan video yang dipulihkan dan mati setelah berulang kali menghancurkan kepalanya sendiri. 

Dalam rekaman itu, terlihat bahwa Dom dan Yuan mencapai altar Bunda-Buddha, yang wajahnya ditutupi. Saat mencoba melepas penutup wajahnya, Dom kesurupan dan mati seperti Ming.

Ronan mengaku bahwa dia telah berbohong kepada penonton selama ini. Terungkap bahwa para pendeta di Yunnan memberi tahu Ming bahwa Ibu-Buddha adalah entitas jahat dan menyerahkan nama seseorang dengan mantra berarti setuju untuk membawa kutukannya. 

Mantra itu tidak berfungsi untuk menyebarkan berkah, tetapi untuk mencairkan kutukan; semakin banyak orang yang melantunkannya, semakin luas kutukan itu menyebar dan semakin ringan bebannya. 

Sumber kutukan ini adalah wajah Ibu-Buddha, yang akibatnya harus tetap tertutup. Ronan, sekarang benar-benar tertutup rune, kembali ke altar di dalam terowongan, bertanya kepada penonton, "Siapa namamu?", dan mengungkap wajah Ibu-Buddha di depan kamera. 

Dia kesurupan dan menghancurkan kepalanya sendiri di altar. Film diakhiri dengan cuplikan Dodo sehat dan bahagia, menyiratkan bahwa beban kutukan telah dibagikan kepada semua orang yang menonton film tersebut.


Pemeran film horor Incantation
- Tsai Hsuan-yen sebagai Li Ronan

- Huang Sin-ting sebagai Dodo

- Kao Ying-hsuan sebagai Ming

- Sean Lin sebagai Dom

- RQ (Wen Ching-yu) sebagai Yuan

Incantation Disutradarai oleh Kevin Ko
Skenario oleh Chang Che Wei dan Kevin Ko
Diproduksi oleh Dorong Yang, Kevin Ko dan Chen Chun Lin
Sinematografi oleh Chen Ko-chin
Diedit oleh Kevin Ko
Musik oleh Rockid Lee
Tanggal rilis 18 Maret 2022 di Negara Taiwan
Bahasa Mandarin dan Taiwan
Berhasil mendapatkan Box office $5,7 juta
Skor IMDb 6,6/10 dari ‎927 suara


Poster film horor Incantation


Trailer film horor Incantation


Cerita ini terinspirasi oleh sebuah insiden di Distrik Gushan, Kaohsiung pada tahun 2005. Sebuah keluarga yang terdiri dari enam orang telah mengklaim bahwa mereka dirasuki oleh berbagai dewa agama rakyat Tiongkok, dan saling menuduh dirasuki oleh setan yang menyamar sebagai dewa. 

Mereka membakar satu sama lain dengan dupa, saling memukul dengan tongkat dan tablet roh, dan saling memercikkan kotoran dan air seni dalam upaya untuk mengusir setan. 

Pada akhirnya, mereka memilih putri tertua untuk diserang sampai dia meninggal karena luka-lukanya dan kegagalan beberapa organ. Lima anggota keluarga yang tersisa kemudian didakwa dengan pelanggaran "meninggalkan orang yang tidak berdaya yang mengakibatkan kematian orang tersebut" (Pasal 293 KUHP). Kasus ini dianggap sebagai salah satu histeria massal.

Kevin Ko menjelaskan bahwa Bunda-Buddha, gerakan tangan, nyanyian, simbol dan segala sesuatu yang berhubungan dengan agama dalam film semuanya fiktif. Sebagian besar anggaran dihabiskan untuk desain dan produksi alat peraga, terutama patung besar Ibu Buddha.

Incantation diputar pada pasar proyek Network of Asian Fantastic Films (NAFF) selama Festival Film Fantastis Internasional Bucheon 2019 sebelum memasuki produksi dan menjadi film horor Taiwan terlaris tertinggi.

Film ini dirilis di Taiwan pada 18 Maret 2022 dan juga diputar di Festival Film Timur Jauh. Pada Juni 2022, Netflix mengumumkan bahwa mereka akan mendistribusikan film tersebut ke seluruh dunia pada 8 Juli 2022.

Pada Juni 2022, Incantation meraup NT$170.000.000 (US$5.700.000), menjadikannya film tahun 2022 dengan pendapatan kotor tertinggi di Taiwan. Ini menjadi film horor Taiwan terlaris sepanjang masa.


Review film horor Incantation
Incantation bisa dibilang berhasil mengalahkan film horor populernya lainya misalnya The Medium asal Thailand dan The Wailing dari Korea. 

ketiganya disajikan dalam format yang berbeda, Incantation dan The Medium ala film dokumenter sedangkan The Wailing seperti film pada umumnya.

Untuk persamaan ketiga film di atas sama-sama menceritakan ritual dan kutukan setan, setting di negara asia dan untuk mengobati anak.

Incantation berhasil menghadirkan ketegangan, sepanjang film banyak mantra-mantra yang dirapal dan memberi perasaan merinding sepanjang durasi film. Demikian juga Camera worknya, Incantation dengan formatnya seperti dokumenter menambah unsur creepy.

Incantation menggunakan gaya bercerita dengan alur maju mundur sepanjang film. Durasi awal bisa membuat penonton bosa apalagi yang berharap ada jumpscare, yang ternyata tak sebanyak yang dikira oleh penonton.

Spoiler buat sobat yang tidak nyaman dengan disturbing picture untuk antisipasi, banyak scene trypophobia, belatung dan penyakit kulit jadi harap bijak.

Endingnya memang membagongkan, dan silahkan tonton sendiri bagi yang penasaran dan ingin membuktikan.

Kalau punya review dan pendpat lain tentang film Inantation, silahkan tinggalkan di kolom komentar ya.



Link streaming film horor taiwan Incantation sub indo legal di Netflix, klik di sini. 



hou ho xiu yi artinya Maafkan aku, Shuichi

incantation movie 2022, incantation taiwan movie, incantation 2021 taiwan, incantation movie 2022, incantation review, incantation taiwan movie, incantation real story, nonton incantation
incantation netflix.

incantation 2021 taiwan, incantation sub indo, incantation streaming,incantation wikipedia, incantation netflix

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys