Loading...

Review Kaset Pita Ketoprak Syeh Jangkung Saridin Geger Palembang Bagian 1-5

 


Campusnesia.co.id - Sebagai pecinta kaset pita, awal bulan Juni 2022 ini saya menyempatkan mampir ke toko kaset pita langganan di kota Pati Jawa Tengah yaitu toko mainan Sumber Urip yang letaknya sebelah selatan SMP 8 Pati atau kalau dari arah simpang lima kearah barat. 

Sudah lama mengincar sebuah koleksi langka yang susah sekali didapatkan yaitu kaset Pita Ketoprak, beruntung sekali dalam pencarian saya mendapatkan yang kisah Syeh Jangkung dalam babak Geger Palembang lengkap volume 1 sampai 5. 

Saridin adalah urban legend dari kabupaten Pati Jawa Tengah tentang seorang lelaki penyebar agama islam murid Sunan Kalijaga yang kuga pernah menjadi santri Sunan Kudus.

Sunan Kudus cukup kewalahan karena sepak terjang Saridin hingga akhirnya Saridin diusir dengan cara halus dari wilayah Kudus. Selepas dari Kudus, Saridin mengembara ke berbagai daerah, antara lain Kabupaten Pati, Palembang, Cirebon dan wilayah-wilayah lainnya. Setiap tempat yang dia singgahi, dirinya selalu meninggalkan kisah menarik.

Saridin atau Syekh Jangkung juga merupakan saudara ipar dari Sultan Agung, Raja Mataram ke-3 melalui pernikahan dirinya dengan kakak dari Sultan Agung yang bernama Retno Jinoli. Pertemuan Syekh Jangkung dan Sultan Agung ini di masyarakat banyak diceritakan dalam legenda Sultan Agung Tani. Diceritakan, kedua saudara ipar ini bahu membahu untuk menumpas kejahatan dan menyebarkan agama Islam di masyarakat.(solopos.com

Kisah Saridin yang juga dikenal sebagai Syeh Jangkung adalah kisah favorit dan terkenal dalam budaya ketoprak baik lewat kaset maupun pementasan langsung di panggung. 

Banyak petilasan yang masih bisa ditemui di kabupaten Pati misalnya Makam Syekh Jangkung. Berada di Desa Landoh, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Makam Syekh Jangkung ini berada di bawah pengelolaan Yayasan Syekh Jangkung dengan akte notaris nomor 23 tahun 1995 dan dinobatkan sebagai maqbaroh umum  umat Islam.

Mengutip Kulonprogokab.go.id, Kamis (19/8/2021). Syekh Jagkung yang juga dikenal sebagai Kyai Landoh ini hidup di abad ke-16 dan menjadi orang yang sangat dihormati oleh masyaraakt karena sepak terjang dalam mengembangkan agama Islam melalui jalur budaya.

Beberapa nama desa disekitar Pati juga disebut-sebut diberikan oleh Saridin dalam perjalananya mencari jatidiri dan belajar agama islam. 

Kaset Ketoprak Syeh Jangkung Geger Palembang Bagian 1-5 ini adalah edisi khusus dirilis oleh studio Dahlia Record pada tahun 2001, artinya 21 tahun yang lalu. 

Sinopsis Kaset Ketoprak Syeh Jangkung Geger Palembang Bagian 1-5 
Dalam menjalankan perintah Sunan Kalijaga, Saridin naik 2 buah kelapa sampai di Palembang, agar dapat menjernihkan ke Sultanan Palembang, karena di sana ada Pagar Makan Tanaman.

Dengan kesaktiannya Saridin atau Syeh Jangkung dapat menolong putera Sultan Palembang dan menjernihkan Kesultanan Palembang.

Para Pelaku atau Pengisi Suara Ketoprak Syeh Jangkung Geger Palembang Bagian 1-5
Sunan Kalijaga diperankan oleh D. Sugianto
Syeh Jangkung diperankan oleh Tujiman
Sultan Iskandar diperankan oleh Suparjo
Garwa diperankan oleh Endang R
Patih Sultan Sahari diperankan oleh Sariyanto
P. Sanggar Singgih diperankan oleh Martono
Garwa diperankan oleh Sutinah
P. Alamsyah diperankan oleh Asmo Raharjo
Rohayati diperankan oleh Juriah
Waranggana diperankan oleh Purwanti, Ribut
Pimpinan Karawitan Atmosami
Dagelan dimeriahkan oleh Kecik dan Markum
Sutradara oleh Asmo Raharjo
Pimpinan oleh D. Sugianto


Setelah tamat cerita Geger Palembang, sobat bisa lanjut ke babak selanjutnya yang berjudul Ontran-ontran Cirebon, sayangnya hingga artikel ini ditulis saya belum punya kaset pita seri Cirebon, akan saya update jika sudah mendapatkannya.

Ini memang koleksi yang sangat berharga bagi saya, akan tetapi jika sobat memang penggemar sejati kaset pita dan ingin memiliki koleksi series ketoprak Syeh Jangkung volume 1-5 bisa membeli lewat link berikut ini, klik di sini.



Penulis
Achmad Munandar
Kolektor Kaset Pita


===
Baca Juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys