Loading...

5 Cara Meraih Penghasilan dari Blog Menurut Google

 



Campusnesia.co.id - Halo sobat Campusnesia, setelah kemarin kita bahas tentang Menurut Google, Tiga Jenis Situs Website Ini Bagus untuk Hasilkan Uang dari AdSense masih berkaitan tentang blog dan monetise ada satu artikel menarik dari laman resmi google adsene tentang topik ini. 

Untuk pembaca Campusnesia, berikut kami hadirkan informasi tentang 5 Cara Meraih Penghasilan dari Blog Menurut Google.

Ada beberapa cara untuk memonetisasi blog. Temukan berbagai model pendapatan online dan strategi populer untuk meraih penghasilan dari blog Anda.

Jika Anda memiliki blog atau situs – atau baru ingin memulainya – tidak pernah ada kata terlambat untuk meraih penghasilan dari blog atau situs Anda. Ada beberapa cara untuk memonetisasi blog. Artikel ini membahas berbagai model pendapatan online dan strategi populer untuk monetisasi konten digital.

Mari mulai dari dasar-dasarnya. Apa yang dimaksud dengan monetisasi? Secara sederhana, monetisasi artinya meraih penghasilan dari situs Anda. Contohnya ketika Anda memperoleh pendapatan dari konten online di blog Anda.


Ada beberapa cara untuk memonetisasi blog. Temukan berbagai model pendapatan online dan strategi populer untuk meraih penghasilan dari blog Anda.

Jika Anda memiliki blog atau situs – atau baru ingin memulainya – tidak pernah ada kata terlambat untuk meraih penghasilan dari blog atau situs Anda. Ada beberapa cara untuk memonetisasi blog. Artikel ini membahas berbagai model pendapatan online dan strategi populer untuk monetisasi konten digital.

Mari mulai dari dasar-dasarnya. Apa yang dimaksud dengan monetisasi? Secara sederhana, monetisasi artinya meraih penghasilan dari situs Anda. Contohnya ketika Anda memperoleh pendapatan dari konten online di blog Anda.

Untuk mulai meraih penghasilan dari blog Anda, ada beberapa model bisnis online:

1. Iklan

2. Marketing afiliasi

3. Penawaran produk fisik atau digital

4. Langganan

5. Pelatihan

Bagaimana cara memanfaatkan model bisnis di atas untuk Anda dan blog Anda? Mari kita lihat lebih dekat setiap model monetisasi.


1. Monetisasi iklan
Tawarkan iklan di blog Anda untuk meraih penghasilan

Sebagai penayang blog, Anda bisa mendapatkan aliran pendapatan yang bagus untuk konten online Anda dari iklan. Pengiklan bersedia membayar untuk mendapatkan eksposur ke audiens Anda. 

Sama halnya seperti surat kabar dengan sirkulasi besar yang dapat mengenakan biaya yang lebih tinggi kepada pengiklan, semakin populer situs dan konten Anda, semakin besar penghasilan yang dapat Anda peroleh.

Anda dapat menawarkan langsung ruang iklan di situs Anda kepada bisnis yang ingin muncul di samping konten Anda. Inilah yang disebut dengan penawaran langsung. Anda dapat juga menggunakan jaringan iklan – seperti Google AdSense – untuk membantu menjualkan ruang iklan Anda.

Cara kerja AdSense adalah lewat penayangan iklan yang relevan dengan konten yang muncul di halaman tertentu pada blog Anda. Misalnya, jika blog Anda adalah tentang wisata petualangan dan Anda baru saja mengupload sebuah postingan tentang perjalanan ke Gunung Merbabu, AdSense mungkin akan menampilkan iklan tentang asuransi perjalanan, Mandalika, atau jaket. Sebagai pemilik situs tempat iklan ditampilkan, AdSense akan membayar Anda saat pengguna melihat atau berinteraksi dengan iklan.

Berkat kemampuan untuk menjadikan iklan online relevan dengan konten dan pembaca blog Anda, banyak pengiklan yang tertarik untuk membayar harga premium untuk ruang iklan Anda.


2. Marketing afiliasi
Dapatkan penghasilan melalui rekomendasi produk

Marketing afiliasi adalah saat Anda menyertakan link di konten Anda ke produk atau layanan yang dijual di situs lain. 

Berikut cara kerjanya: saat seseorang mengklik link di situs Anda, membuka situs afiliasi, dan melanjutkan untuk membeli produk yang Anda promosikan, Anda mendapatkan komisi atas penjualan tersebut.

Bagi blog yang audiens-nya sangat aktif dan tertarik dengan rekomendasi produk, ini dapat menjadi model pendapatan yang realistis. Artikel informasi, petunjuk, dan gaya hidup menawarkan banyak peluang untuk mempromosikan produk afiliasi.

Menggunakan kembali contoh blog wisata petualangan, misalnya Anda memposting kisah tentang tur ke tempat berenang yang masih alami. Anda dapat menggunakan marketing afiliasi untuk merekomendasikan perlengkapan renang – seperti baju renang, handuk, dan kaca mata renang – yang dibawa untuk perjalanan Anda. Saat pembaca blog mengklik link ke baju renang yang Anda rekomendasikan dan kemudian membelinya, Anda menghasilkan pemasukan dari blog Anda.

Untuk memastikan Anda menjaga kepercayaan audiens, pastikan untuk bersikap transparan tentang hubungan afiliasi Anda. Banyak negara juga menerapkan persyaratan hukum untuk mengungkapkan hubungan afiliasi Anda, jadi pastikan untuk berdiskusi dengan konsultan hukum Anda sebelum terlibat dalam marketing afiliasi. Perhatikan juga bahwa reputasi blog Anda terkait dengan produk atau layanan yang Anda promosikan, jadi fokuskan pada kualitas saat memilih partner afiliasi.

Shopee dan Tokopedia sedang gencar membuat program affiliate kita bisa memasang linknya di blog dan mendapatkan penghasilan. Bisa disisipkan dalam artikel rekomendasi, review atau banner di website.


3. Penawaran produk fisik atau digital
Jual produk untuk meraih penghasilan dari blog Anda

Sebagai cara untuk memonetisasi blog, banyak blogger mengukuhkan kehadirannya di platform e-commerce, membuat toko online, dan mulai menjual produk. Produk Anda bisa dalam bentuk fisik atau digital. Pada contoh blog wisata petualangan, Anda dapat menjual kaos yang menampilkan logo Anda atau buku panduan digital untuk destinasi eksotis.

Apakah produk Anda berbentuk fisik atau virtual, Anda harus membuat sistem untuk menerima pembayaran. Menjual merchandise fisik mengharuskan Anda untuk memikirkan tentang penyimpanan stok barang, mengatur pengiriman, dan menangani pajak dan bea. Dari segi logistik, barang digital bisa lebih sederhana karena dapat dikirim secara elektronik.


4. Langganan
Kenakan biaya reguler untuk menambahkan aliran pemasukan baru

Jika blog Anda memiliki komunitas aktif yang ingin mengetahui topik Anda lebih lanjut, model langganan atau keanggotaan berbayar adalah cara lain dalam menggunakan konten berharga Anda untuk menghasilkan pendapatan dalam jangka panjang.

Dalam model bisnis ini, pembaca membayar dengan jumlah tetap secara teratur, umumnya setiap bulan atau setiap tahun. Dengan mengumpulkan biaya langganan atau keanggotaan dari pembaca lewat cara ini, Anda dapat menghasilkan pemasukan yang berulang. Jenis aliran uang tunai yang berkelanjutan ini menawarkan potensi untuk aliran pendapatan yang lebih stabil, dapat diprediksi, dan akurat.

Sebagai imbalannya, Anda dapat menawarkan konten premium, area komunitas, referensi belajar, video, atau layanan dan fitur ekstra kepada anggota dan pelanggan. Anda dapat menggabungkan beberapa elemen ini yang sesuai dengan blog Anda.


5. Pelatihan
Monetisasi blog melalui pelatihan

Jika blog Anda cocok untuk layanan pelatihan, Anda dapat meraih penghasilan dengan menyiapkan paket pelatihan atau kursus online dan mengenakan biaya untuk paket tersebut.

Saat membuat materi pengajaran terpandu mandiri seperti video atau ebook yang dapat didownload, anggota audiens Anda bisa belajar sesuai kecepatan masing-masing. Seiring kemajuan audiens saat mengikuti kursus, Anda dapat mengukur minat mereka tentang pembahasan topik lainnya.

Mengembangkan kurikulum online mungkin membutuhkan waktu dan sumber daya yang signifikan pada awalnya, jadi Anda membutuhkan audiens yang sangat aktif untuk merealisasikan model pendapatan ini.

Opsi lain untuk meningkatkan pendapatan adalah menawarkan pelatihan melalui siaran video langsung dan mendapatkan bayaran untuk waktu Anda.

Apakah penawaran Anda berangkat dari kursus online atau pelatihan berdasarkan permintaan, Anda juga dapat menyertakan kesempatan untuk berkomunikasi dengan peserta melalui email atau dalam blog itu sendiri.


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang 5 Cara Meraih Penghasilan dari Blog Menurut Google. Semoga bermanfaat sampai jumpa.



**Artikel asli berjudul "Cara meraih penghasilan dari blog" disa dibaca di sini https://www.google.com/intl/id_id/adsense/start/resources/how-to-make-money-from-blogging/

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys