Loading...

Siswa SD di Kota Medan Belajar Pentingnya Menabung Sejak Dini bersama Tim KKN Undip



Campusnesia.co.id - Medan (07/02/2022) - KKN Tim 1 Undip dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2022 - 15 Februari 2022. Pelaksanaan KKN tahun ini bertema “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis SDGs”. 

Terdapat empat program kerja yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa Undip yaitu 2 program kerja berkaitan dengan SDGs (Sustainable Development Goals) sesuai dengan bidang keilmuan mahasiswa, 1 program kerja berkaitan dengan Covid-19, dan 1 program kerja berkaitan dengan Kegiatan Bahaya Narkoba.

Gilbert Pane salah satu mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro sekaligus merupakan peserta KKN Tim 1 Undip melaksanakan program kerja berbasis SDGs dengan melakukan pengedukasian tentang pentingnya menabung sejak dini pada anak Sekolah Dasar. 

Pelaksanaan program kerja ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 060863, Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Pada tanggal 19 Januari 2022.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan banyaknya siswa yang sulit untuk menabung padahal uang jajan yang mereka terima cukup banyak tetapi manajemen keuangan mereka masih sangat kurang baik. Permasalahan ini juga banyak dialamin oleh siswa/siswi yang sudah duduk di bangku SMA, karena itu yang menjadi sasaran dari edukasi menabung ini adalah anak Sekolah Dasar agar mereka mengerti pentingnya menabung sejak kecil.


 Kebiasaan menabung memang harus ditanamkan sejak kecil. Hal ini bertujuan agar di masa dewasanya kelak, mereka menjadi sosok yang mandiri dan sudah bisa mengatur keuangan. Oleh karena itu, sudah saatnya untuk mengajarkan anak menabung sejak kecil. 

Namun, tidak semua orangtua dan para guru mengetahui betapa pentingnya untuk anak-anak terbiasa akan menabung, karena itulah mengajarkan dan memastikan anak-anak sudah mulai belajar menabung sejak kecil sangat perlu diadakan. Edukasi ini diadakan agar anak-anak bisa belajar menabung dan menghemat uang memahami manfaat yang akan diperoleh. 

“Terima kasih untuk mahasiswa Undip yang sudah memberikan pengedukasian menabung kepada murid kelas 6. Karena selama ini edukasi menabung hanya diajarkan secara informal oleh guru-guru di sekolah ini” Ungkap Ibu Reni, salah satu Guru di SD Negeri 060863, Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan.

Pengedukasian ini berfokus ke siswa SD kelas 6. Dengan mempraktikkan dan memberikan wawasan tambahan manfaat menabung ini, diharapkan dapat membuat anak-anak SD Negeri 060863 lebih tertarik untuk belajar menabung dan menghemat uang. 



Penulis: 
Gilbert Pane

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys