Loading...

Puisi Sebagai Sarana Edukasi yang Imajinatif dalam Upaya Meningkatkan Pengalaman Berbahasa dan Kesadaran akan Kehidupan Sekeliling



Campusnesia.co.idKarangmanggis-Kendal, Generasi muda, merupakan pewaris penerus bangsa. Hitam putihnya suatu negara ada di tangan mereka, bila mana baik mereka maka baik pula negaranya begitupun sebaliknya.

Globalisasi sekaligus pandemi yang masih berlangsung membawa berbagai dampak bagi semua orang tak terkecuali anak-anak. Rasa cinta akan gadget seringkali menimbulkan ketidakpekaan terhadap kehidupapan di sekeliling. 

Pada tanggal 3 Februari 2022 salah satu mahasiswa dari TIM 1 KKN UNDIP 2022 bimbingan Bapak Solikhin, S.Si., M.Sc. menjalankan satu diantara 4 program yang ada berupa edukasi anak melalui puisi.  


Bertempat di Dusun Candi, Kelurahan Karangmanggis, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, tepatnya di SD Negeri Karangmanggis. Siswa kelas 4 menjadi target peserta sebab berdasarkan kurikulum yang digunakan, pada tingkat tersebut untuk pertama kalinya tema puisi diberikan.

Puisi dipilih sebagai sarana sebab sifatnya yang imajinatif sehingga menarik minat anak, hal tersebut terwujud dalam kata dalam puisi yang secara bersamaan dapat melatih kemampuan dan menambah pengalaman berbahasa anak.
 
Bahan ajar yang digunakan adalah Buku Antalogi Puisi Tentang Ibu dari Leguty Media dan Menjamu Kedatangan Ayah dari Penerbit Adab, atas pertimbangan sosok Ibu dan Ayahlah yang umumnya ada disekeliling anak juga kedua buku Antalogi Puisi tersebut merupakan hasil dari kontribusi mahasiswa penanggung jawab program itu sendiri.

 
Sebelum dimulai, kelas dikondisikan dahulu untuk mendapatkan atensi anak, sebab anak yang tidak kooperatif akan memengaruhi jalannya proses edukasi. Pendekatan dilakukan dengan mengajak anak bercerita dan diskusi terkait puisi.

Pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dengan antusiasme penuh dari siswa. Usai memberikan materi dasar terkait puisi, peserta secara bergantian membaca puisi baik tentang ibu maupun tentang ayah, hal ini bertujuan memberi pengertian kepada anak selaku generasi muda untuk meningkatkan kepekaan terhadap hal disekeliling melalui isi puisi yang dibacakan sekaligus rasa percaya diri.

Kegiatan ini diharapkan benar-benar mampu memberikan sumbangsih terhadap kemampuan dan pengalaman berbahasa yang baik dan benar serta pada intinya dapat menumbuhkan kembali kepekaan anak terhadap keadaan sekeliling yang sebelumnya hilang. 

Tuntasnya salah satu program KKN ini juga diharapkan dapat mendukung program SDGs Desa melalui terwujudnya pendidikan yang berkualitas.



Penulis: 
Dewi Nur Hidayatika 
Sastra Indonesia 
Fakultas Ilmu Budaya 
UNDIP


Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys