Loading...

8 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Kimia Murni




Campusnesia.co.id - Kimia murni merupakan ilmu yang mempelajari secara mendasar terkait sifat dan struktur zat serta interaksi antar suatu molekul. Pada jurusan kimia murni maka mahasiswa juga akan diajarkan bagaimana menganalisis suatu produk, meneliti struktur produk dan mekanisme reaksi yang terjadi di dalamnya. Pada jurusan ini, mahasiswa akan diarahkan untuk melakukan penelitian di laboratorium. Jurusan kimia murni sendiri memiliki beberapa aspek yang terfokus pada kimia fisik, kimia organik, kimia anorganik, kimia analitik dan biokimia.

Bagi seorang lulusan jurusan kimia murni, terutama lulusan universitas ternama dan terbaik maka anda tidak akan pusing dalam mencari kerja. Ada banyak sekali prospek kerja untuk lulusan jurusan kimia murni. Berikut akan saya bahas beberapa pekerjaan yang membutuhkan lulusan jurusan kimia murni untuk mengisi posisi tersebut.

1. Quality Control
Quality Control (QC) adalah proses pengecekan dan pengujian yang dilakukan untuk mengukur serta memastikan kualitas produk telah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh suatu perusahaan. Lulusan jurusan kimia murni dapat bekerja sebagai quality control dalam berbagai perusahaan seperti makanan, farmasi, tekstil, kosmetik dan lainnya. Disini anda akan diberi pekerjaan untuk mengecek kualitas produk dan resiko yang bisa diterima konsumen ketika menggunakan produk tersebut. Pekerjaan ini sangat cocok bagi seorang wanita, karena tidak memerlukan bekerja di lapangan dan gaji yang didapatkan juga cukup besar mulai dari 5 jutaan bahkan lebih tergantung perusahaan tempat anda bekerja.

2. Tenaga Laboratorium (Laboran)
Laboran dibutuhkan untuk melakukan eksperimen, menyiapkan bahan dan keperluan lain di laboratorium. Banyak lembaga yang membutuhkan tenaga laboratorium atau yang biasa disebut sebagai laboran. Lulusan kimia murni dapat bekerja di banyak laboratorium seperti laboratorium mikrobiologi, genetika, kimia, forensik, dinas pangan, dinas lingkungan hidup dan lain sebagainya. Gaji rata-rata untuk tenaga laboran mulai dari 4 jutaan setiap bulanya.

3. BNN (Badan Narkotika Nasional)
BNN merupakan lembaga negara yang bergerak di bidang pemberantasan narkoba. Kamu bisa melamar untuk bekerja di BNN karena lembaga ini membutuhkan banyak sekali orang dari jursan kimia murni untuk bekerja didalamnya. Salah satu bentuk pekerjaannya adalah menganalisis urin dan darah dari terduga pengguna narkoba. Selain itu, lembaga ini juga membutuhkan orang yang menganalisis produk narkoba yang didapatkan khususnya untuk narkoba jenis baru. 

4. Tenaga Pendidik (Dosen atau Guru)
Menjadi dosen di jurusan yang anda tempuh, ada banyak jurusan di luar kimia yang membutuhkan tenaga pengajar yang berasal dari kimia murni. Sebut saja jurusan biologi yang pada beberapa mata kuliahnya membutuhkan dosen yang berasal dari kimia, seperti mata kuliah kimia organik, biokimia dan lain sebagainya.
Selain bisa menjadi dosen, lulusan kimia murni bisa mendaftar sebagai tenaga pengajar di SMP atau SMA. Hanya saja anda harus melanjutkan sekolah lagi untuk menempuh S2 pendidikan agar mengetahui bagaimana cara mengajar anak dengan benar.

5. Bekerja di Perusahaan Obat
Lulusan kimia murni sangat dibutuhkan oleh berbagai jenis perusahaan, salah satunya perusahaan obat. Kamu akan di pekerjakan untuk menguji kualitas obat yang akan dipasarkan ke masyarakat dari segi kimia. Saat ini kebutuhan lulusan kimia murni di perusahaan pembuat obat begitu tinggi ditambh dengan adanya kasus covid-19 yang setiap saat terus berkembang, para perusahaan obat tentunya akan terus berusaha menemukan inovasi obat baru yang bisa digunakan untuk melawan penyakit ini.

6. Quality Assurance
Quality Assurance adalah serangkaian proses sistematis untuk menentukan apakah suatu produk atau jasa memenuhi syarat yang ditentukan. Selain menjadi bagian tim QC, seorang sarjana kimia memiliki prospek karir tinggi di divisi Quality Assurance atau QA. Kamu bertugas mengecek kualitas produk yang telah dijalankan bagian QC. Gaji tim QA jelas sangat besar sebab Kamu bertugas mengawasi semua proses produksi termasuk memenuhi standar kualitas yang telah ditentukan. Gaji yang akan Kamu dapatkan sebagai seorang quality assurance yaitu sekitar Rp7.000.000 per bulan.

7. Research And Development (RnD)
Research and development adalah aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan ketika sedang berinovasi menciptakan produk atau layanan baru. Peluang atau prospek kerja kimia sangat besar terutama masuk dalam divisi Research and Development (RnD). Tugas Kamu adalah meneliti dan mengembangkan sebuah produk agar bisa berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Inovasi terus dilakukan oleh bagian tim ini agar industri mampu bersaing dengan kompetitor lain.Gaji yang didapatkan oleh seorang pegawai di bidang research and development yaitu sekitar 6.000.000 per bulan.

8. Peneliti
Peneliti atau kerap disebut dengan scientist adalah sebutan bagi seseorang yang tugas utamanya melakukan penelitian dan/atau pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kebanyakan dari penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mencari solusi dari berbagai permasalahan. Kamu bisa bekerja sebagai peneliti. Kalau Kamu ingin mengembangkan ilmu pengetahuan lebih luas lagi, jadilah seorang peneliti. Peneliti bisa mendapatkan gaji luar biasa jika bekerja di lembaga pemerintah atau swasta. Jurnal ilmiah bisa menjadi puncak kesuksesan dan kepuasan dirimu. Gaji yang didapatkan oleh seorang peneliti yaitu sekitar 6.000.000 per bulan.

Itulah beberapa prospek kerja kimia murni jenjang S1 dan masih banyak lagi pekerjaan yang bisa kamu lamar selain beberapa yang sudah saya sebutkan tadi. Semoga bermanfaat 

Penulis : Wulan Sari

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys