Loading...

5 Manfaat Aplikasi LinkedIn Bagi Mahasiswa

 



Campusnesia.co.id - Jika Facebook identik dengan sosial media orang tua, Instagram anak muda penyuka foto dan visual, Twitter sosmed berpendapat maka LinkedIn dikenal sebagai sosial media profesional tentang karir dan dunia kerja.

Wikipedia menulis LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai April 2018 Linkedin menyatakan memiliki lebih dari 546 juta pengguna di lebih dari 200 negara dan wilayah di seluruh dunia, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya. 

Sedangan Statista.com menyatakan hingga April 2018, Linkedin memilik 260 juta pengguna aktif.

LinkedIn dimulai di ruang tamu pendirinya, Reid Hoffman, pada tahun 2002 dan diluncurkan secara resmi pada 5 Mei 2003. Sedangkan CEO LinkedIn saat ini adalah Jeff Weiner, dengan manajemen yang terdiri dari eksekutif berpengalaman dari perusahaan seperti Yahoo!, Google, Microsoft, TiVo, PayPal, dan Electronic Arts.

LinkedIn menjalankan bisnis yang terdiversifikasi, dengan sumber pendapatan dari langganan keanggotaan, penjualan iklan, dan solusi perekrutan. Pada Desember 2016, Microsoft merampungkan akuisisinya terhadap LinkedIn, menggabungkan layanan cloud profesional terdepan di dunia dengan jaringan profesional terdepan di dunia.

Kali ini kita akan coba bahas tentang Manfaat LinkedIn Bagi Mahasiswa, kami kutip dari thread buatan kak Latifa pemilik akun twitter @latifaskaa, apa saja? ini daftarnya:


1. Mencari informasi lowongan kerja, magang atau freelance
Sobat bisa cari info lowongan pekerjaan, magang, parttime dan freelance berbagai bidang. Caranya cari via hashtag, langsung dari perusahaan atau HR maupun di fitur LinkedIn.


2. Mendapat pekerjaan
Berikutnya sobat bisa di DM HR atau orang yang ingin kerja bareng kamu. Tentunya mereka pasti akan melihat profil yang kita pajang, karya atau apapun yang sobat posting di LinkedIn.


3. Menambah ilmu
Di aplikasi LinkedIn banyak expert ataupun profesional yang kerja di berbagai bidang. Kita bisa belajar dari beliau yang sudah berpengalaman. Caranya cukup jalin koneksi dengan beliau. Tentukan dulu sobat mau belajar apa kemudian cari beliau yang sudah expert.


4. Mencari mentor
Mentor bisa diartikan sebagai seseorang yang mau membimbing atau mengajari kita atau bisa dibilang role model.

Caranya tentukan dulu sobat belajar atau kerja apa, kemudian buat karya dan hubungi orang yang mau sobat jadikan mentor untuk memberi masukan.


5. Platform personal branding
Sobat mau dikenal sebagai apa, di LinkedIn kita bisa gunakan untuk membangun personal branding termasuk di Twitter, Instagram, TikTok, dst.


Itu tadi sobat Campusnesia, artikel kita kali ini tentang 5 Manfaat Aplikasi LinkedIn Bagi Mahasiswa, Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys