Tim KKN UNDIP Adakan Penyuluhan di Masa Pandemi Covid-19



Campusnesia.co.id -- Semarang (15/09). Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dari awal tahun 2020 membuat semua orang mengalami perubahan kegiatan. Beberapa perubahan aktifitas seperti menjaga protokol kesehatan, belajar secara daring, menjaga asupan makanan dan pola hidup sehat adalah perubahan kegiatan yang paling signifikan. Oleh karena itu KKN Tematik TIM II di Desa Jurang Blimbing melakukan beberapa penyuluhan untuk membantu warga  sekitar mengenai hal hal tersebut.


Penyuluhan dan sosialisasi pentingnya protokol kesehatan

Dalam kegiatan ini, Mahasiswa KKN Tematik TIM II melakukan kegiatan berupa penyemprotan disinfektan di RT 01 Desa Jurang Blimbing. Penyemprotan disinfektan dilakukan sebagai salah satu upaya pencehagan penularan virus terutama Covid-19. Selain melakukan penyemprotan disinfektan, warga RT 01 Desa Jurang Blimbing juga di berikan prokes kit yang berisi alat alat protokol kesehatan seperti masker, handsanitizer, dan sabun kesehatan secara door to door. Kegiatan penyuluhan ini dilakukan dengan harapan untuk memutus rantai penyebaran virus covid dan mengingatkan warga akan pentingnya menjaga protocol kesehatan.

 


Sosialisasi pembelajaran online via zoom 

Demi menjaga kesehatan seluruh warga, pemerintah memutuskan untuk melakukan pembelajaran secara daring selama pandemic covid. Salah satu permasalahan yang muncul karena pembelajaran secara daring ini adalah tidak semua orang tua mengerti bagaimana cara menggunakan aplikasi pembelajaran secara daring. Maka dari itu Mahasiswa KKN Tematik tim II melakukan sosialisasi  bagaimana cara menggunakan aplikasi zoom untuk orang tua yang memiliki anak usia sekolah secara door to door untuk menghindari kerumunan dan menjaga protocol kesehatan. Kegiatan ini diharapkan untuk membantu orang tua untuk membimbing dan membantu anaknya belajar secara daring menggunakan aplikasi zoom.

 


Penyuluhan peningkatan gizi pada anak

Menjaga kesehatan dan peningkatan gizi terutama pada anak di masa pandemi ini sangatlah penting. Mahasiswa KKN Tematik Tim II juga melakukan penyuluhan mengenai pentingnya peningkatan gizi pada anak dimasa pandemi. Pada kegiatan ini ibu ibu di berikan informasi mengenai gizi yang seimbang untuk anak, makanan yang dapat memperkuat imun tubuh dan tips and trick memasak agar kandungan gizi dan vitamin pada makanan tidak hilang karena proses pemasakan. Kegiatan ini dilakukan di RT 04 Desa Jurang Blimbing.

 

Penulis : Ade Tania

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »