Untuk Ayah Bunda, 8 Tips Mendampingi Anak Mengerjakan Tugas Sekolah Online di Rumah

 




Campusnesia.co.id - Ayah Bunda, PR sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sekolah, sayangnya tidak semua anak sudah punya kesadaran untuk mengerjakan pekerjaan rumah mereka dengan mandiri dan inisiatif bertanya jika ada kesulitan.

Beberapa diantaranya bahkan enggan mengerjakan, padahal penilaian PR juga mentukan hasil akhir nilai semester.

Peran ayah bunda sangat dibutuhkan dalam hal ini sebagai pendamping anak dala mengerjakan PR nya, ingat ya bund, pendamping bukan dikerjakan ayah bundanya.

Atas dasar fakta di atas, kali ini kami punya 8 Tips Mendampingi Anak Mengerjakan Tugas Sekolah Online di Rumah untuk Ayah Bunda.

Kai kutip dari situs Altaschool, ini dia daftarnya:


1. Menyusun Jadwal Mengerjakan Tugas
Ayah Bunda, buatlah jadwal rutin mengerjakan tugas sekolah, dengan bertanya kapan waktu efektif untuk belajar yang sesuai dengan keinginan anak. 

Namun pastikan juga waktu tersebut merupakan waktu yang sesuai dengan orang tua, terutama jika orang tua juga harus bekerja setiap harinya.

Contohnya mungkin Ayah Bunda dan anak bisa mengambil kesepakatan bahwa jam mengerjakan tugas adalah malam hari. 

Di malam hari orang tua mungkin sudah selesai bekerja dan anak mendapatkan jeda waktu untuk istirahat, antara belajar siang hari dan mengerjakan tugas malam hari.


2. Cek Tugas Sekolah Berdasarkan Tenggat Waktu Pengumpulan
Setelah membuat jadwal kapan harus mengerjakan tugas, orang tua juga harus memperhatikan tenggat waktu pengumpulan tugas dari sang anak. 

Hal ini agar tidak ada tugas-tugas yang dikumpulkan setelah tenggat waktu habis atau bahkan terlewatkan. Selain itu, juga untuk membantu anak agar tidak keteteran mengerjakan semua tugas sekolah dan masih memiliki waktu untuk beristirahat


3. Berikan Contoh untuk Membantu Menyelesaikan Masalah
Dibandingkan membantu anak dengan langsung mengerjakan tugasnya, maka akan lebih baik jika orang tua hanya mengajarkan langkah demi langkah dalam mengerjakan tugas tersebut. 

Minta anak untuk memperhatikan saat orang tua menjelaskan langkah-langkah yang diajarkan. Setelahnya minta anak untuk mengulangi langkah-langkah pengerjaan tugas tersebut atau menerapkannya dengan tetap didampingi.


4. Bangun Diskusi Dengan Anak
Tidak hanya orang tua yang stres karena mendampingi anak belajar, anak-anak pun tidak jarang banyak yang stres dan tertekan akibat banyaknya tugas mereka. 

Nah, hal ini bisa membuat anak meluapkan rasa tertekannya dengan keluar bermain tanpa seizin orang tua mereka. Oleh karena itu, ada baiknya orang tua perlu membangun diskusi dengan anak.

Orang tua harus bisa untuk proaktif menanyakan perkembangan dari tugas-tugas sang anak. Orang tua bisa juga bertanya tugas mana yang sulit untuk dikerjakan dan mana yang mudah. 

Dengan demikian orang tua harus bisa mendengarkan keluh kesah anak terkait tugas sekolahnya. Tidak semua mata pelajaran juga dapat dikuasai oleh setiap anak, ada anak-anak yang sangat menguasai humaniora, namun kurang di sains, dan begitupun sebaliknya.


5. Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan
Suasana belajar yang menyenangkan tidak hanya berasal dari tempat belajar yang nyaman, namun bisa juga dari perlakukan orang tua yang menyenangkan. 

Agar anak-anak Ayah Bunda tidak merasa mudah bosan saat mengerjakan tugas, maka berilah jeda waktu setelah anak belajar 20 menit. Sebab pada umumnya kemampuan konsentrasi anak rata-rata adalah selama 20 menit. Beri waktu jeda kurang lebih 5 menit untuk anak beristirahat, lalu baru dilanjutkan kembali.

Orang tua juga sebaiknya mendampingi anak-anak sampai berhasil mengerjakan tugas-tugasnya. Sebab hanya anak-anak yang merasa berhasil yang akan memiliki motivasi besar dalam belajar. Contohnya, dengan mendampingi anak menyelesaikan tugas yang mudah, maka anak nantinya akan memiliki motivasi untuk mengerjakan tugas yang lebih susah.


6. Berilah Pujian
Salah satu cara membuat anak semakin nyaman mengerjakan tugas sekolah di rumah adalah dengan apresiasi. Orang tua bisa memberikan apresiasi atau pujian kepada anak atas semua tugas yang telah anak kerjakan. 

Tidak harus memberikan hadiah yang sangat besar, orang tua bisa memberikan hadiah-hadiah sederhana seperti coklat, atau makanan kesukaan anak lainnya.

7. Berkomunikasi Dengan Guru
Berkomunikasi dengan guru merupakan salah satu cara terbaik untuk memantau tugas anak. Di era digital ini komunikasi antara orang tua dan guru merupakan hal yang tidak sulit lagi untuk dilakukan. 

Orang tua dapat menanyakan kepada guru yang menjadi orang tua anak di sekolah tentang perkembangan si anak. Orang tua bisa bertanya tentang kelebihan anak, ataupun kelemahan anak tersebut ada di bagian apa. Selain itu, orang tua bisa juga loh berdiskusi dengan guru tentang tugas-tugas yang diberikan.


8. Istirahat
Diantara hiruk-pikuk mengerjakan tugas tadi, ajaklah anak untuk istirahat, bisa tidur, nonton tayangan kesayangan, bermain dengan teman sehingga membuat anak relaks dan tidak stress karena PR.


Itu tadi 8 Tips Mendampingi Anak Mengerjakan Tugas Sekolah Online di Rumah Untuk Ayah Bunda, selaat mencoba.


sumber: altaschool.id

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »