Rekomendasi 5 Aplikasi Scan Tugas Pelajar dan Mahasiswa Terbaik untuk Sekolah Daring

 


Campusnesia.co.id -- Pembelajaran daring selama pandemi turut mempengaruhi cara belajar siswa dan guru. Salah satunya bagaimana cara mengerjakan dan mengupulkan tugas.

Kini pelajar dan mahasiswa mulai terbiasa mengerjakan soal secara online dari aplikasi buatan sekolah dan kampus atau yang sederhana menggunakan google form misalnya, kreatifitas guru dan dosen sangat dituntut di sini.

Beberapa tugas yang masih harus dikerjakan menggunakan tulis tangan di buku catatan, kertas folio atau kertas gambar A3 misalnya harus dikupulkan dala bentuk soft file.

Cara sederhana bisa dengan difoto menggunakan kamera HP, sayangnya file hasilnya berbentuk image atau gambar seperti JPG, JPEG atau PNG.

Guru dan Dosen umumnya menginginkan file dalam bentuk dokumen seperti PDF, idealnya tugas tulisa tadi discan dengan alat khusus scan, namun gak mungkin setiap siswa dan mahasiswa punya alat tersebut di rumah, solusinya bisa pergi ke fotocopy tapi tentu saja butuh biaya lagi.

Solusinya adalah, menggunakan aplikasi Scanner, cukup download di Google Play store dan apple store, instal dan cukup dengan foto hasil akhirnya berupa file dengan ekstensi file PDF.

Apa aplikasi untuk scan?
Salah satu aplikasi yang cukup populer adalah CamScanner – Phone PDF Creator. CamScanner menawarkan fitur yang Anda butuhkan untuk memindai dokumen Anda secara efisien. Dengan menggunakan kamera ponsel Anda, Anda dapat memindai faktur, kwitansi, catatan, kartu nama, sertifikat, dan lainnya.

Kali ini kami ingin berbagi Rekomendasi 5 Aplikasi Scan Tugas Pelajar dan Mahasiswa Terbaik, apa saja? ini daftarnya.


1. Microsoft lens



Microsoft Lens memungkinkan untuk mengonversi gambar menjadi file PDF, Word, PowerPoint, dan Excel, mengubah teks cetak atau tulisan tangan menjadi digital, dan terhubung ke peyimpan OneNote, OneDrive, atau ponsel Sobat. Sobat juga dapat mengimpor gambar yang sudah ada di galeri ponsel.


2. Cam scanner



CamScanner memungkinkan ponsel Sobat bekerja seperti scanner portable, mesin faks, konverter PDF, alat ekstraksi teks, dan platform berbagi docs. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menyimpan file dalam bentuk doc, JPEG HD atau PDF dan memungkinkan hapus latar, serta berbagi ke lewat berbagai aplikasi.


3. Adobe scan


Adobe Scan dapat Sobat gunakan secara gratis sebagai pemindai canggih yang dapat mengenali teks secara otomatis (OCR) dan memungkinkan output file sebagai PDF dan JPEG.


4. Simple scan



Aplikasi ini memungkinkan Sobat mengunggah secara otomatis file JPG dan PDF ke cloud disk, e-mail, fax, dropbox, evernote, Google drive, atau cetak file. Dapat mengimpor file PDF ke JPG, pengenalan teks OCR, maupun ekspor teks.


5. Tiny scanner



Tiny scanner memungkinkan Sobat untuk memindai dalam warna, keabu-abuan, atau hitam & putih. OCR yang didukung AI (bahasa berbeda, hasil pengeditan, pengenalan tulisan tangan, menyalin, berbagi atau menyimpan sebagai txt, dll. )(Tersedia dalam Paket Premium). 

Tepi halaman terdeteksi secara otomatis. Dapat mengatur ukuran halaman untuk PDF (Letter, Legal, A4, dan lainnya). Pengaturan kode sandi untuk dokumen juga penambahan tanda tangan.


Itu tadi sobat campusnesia, Rekomendasi 5 Aplikasi Scan Tugas Pelajar dan Mahasiswa Terbaik.

Aplikasi scanner dokumen di HP menjadi salah satu aplikasi esensial yang perlu kamu unduh. Terutama jika kamu pekerja kantor ataupun mahasiswa yang masih dalam proses studi.

Namun, banyaknya aplikasi yang menawarkan fungsi ini pasti membuat sebagian dari kamu bingung untuk memilih mana yang terbaik, kan? semoga artikel di atas membantu kamu dalam memilih salah satunya.


Penulis: Ika Shintya
Editor: nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »