4 Tips Menulis Email Formal



Campusnesai.co.id -- Bagi Sobat Campusnesia terutama bagi mahasiswa di era yang sudah serba canggih ini pasti berhubungan erat dengan elektronik mail atau email. Dalam dunia kerja email juga banyak diperlukan, baik mengirim surat lamaran maupun laporan dan dikumen penting lainnya. Namun apakah kita sudah menggunakan bahasa penulisan yang tepat? 

Karena penerima email yang beragam, Sobat harus menyesuaikan bahasa penulisan email menimbang siapa penerima email. Misal, bahasa email kepada teman yang dapat menggunakan bahasa sehari-hari, sedangkan bahasa penulisan untuk instansi atau orang yang berkedudukan lebih tinggi harus formal.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan email formal:

1. Bahasa penulisan

Karena bersifat formal tentu kita dituntut untuk menggunakan bahasa sesuai kaidah bahasa Indonesia yang benar. Dengan memperhatikan tanda baca dan pemilihan kata yang tepat agar mudah dipahami dan efektif. Yang terpenting jangan menggunakan bahasa gaul dan singkatan.


2. Subjek pesan

Subjek email menjadi hal yang penting agar maksud dari pesan yang kita dapat dengan mudah diketahui. Tuliskan subjek email dengan jelas dan cukup poin penting saja.


3. Badan pesan

Sebelum menuju poin utama, dalam badan pesan email sebaiknya Sobat menuliskan sapaan terhadap pihak terkait. Sapaan akan memberi kesan lebih sopan.

Misalnya: 

Yth. PT. Campusnesia

Yth. Bapak XX 

Dengan hormat,

Kemudian tuliskan salam pembuka. Selanjutnya perkenalkan diri Sobat dengan jelas yang memuat hal seperlunya, seperti nama dan keterangan pendukung, misal : jurusan dan universitas untuk mahasiswa; jabatan untuk karyawan. 

Tulislah badan pesan dengan bahasa yang singkat dan jelas, sampaikan maksud dan tujuan pengiriman pesan dengan bahasa yang sopan. Jika badan pesan yang perlu dituliskan panjang, Sobat dapat menuliskannya dalam bentuk poin-poin sehingga lebih mudah dibaca dan dipahami.


4. Penutup

Dalam bagian penutup, pastikan Sobat menuliskan ucapan terimakasih dan salam penutup.


Itu tadi 4 tips dalam penulisan email formal, semoga bermanfaat dan tetap semangat.


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »