Mahasiswa Undip Ajarkan Asyiknya Belajar Matematika dengan Media Papan Multifungsi


Campusnesia.co.id - Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Tim II Tahun 2021 masih disesuaikan dengan adanya pandemi COVID-19 yang sedang melanda. Uniknya, penulis berkesempatan melakukan KKN dalam program Kampus Mengajar di SDN Bulumanis Kidul, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. 

 

Kampus Mengajar merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Program Kampus Mengajar berfokus pada membantu Sekolah Dasar berakreditasi C dalam bidang pengajaran, adaptasi teknologi, serta membantu administrasi yang saat ini sedang terdampak pandemi.

 

Media Pembelajaran Papan Musi (Multifungsi)


Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang masih menjadi momok bagi sebagian besar siswa. Penulis ingin menggunakan media pembelajaran yang seru dan mengasyikkan dalam proses belajar matematika. 

 

Pada kesempatan kali ini, penulis memberikan pembelajaran KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) dengan bantuan media Papan Musi (Multifungsi) kepada siswa kelas 4 SDN Bulumanis Kidul. 

 

Papan musi merupakan media pembelajaran yang berisi berbagai angka, disini penulis menggunakan angka 1 hingga 50. Prinsip dari papan musi ini sendiri adalah siswa akan diminta untuk memilih kelipatan atau faktor dari suatu bilangan yang sesuai.

Program ini terlaksana pada Sabtu (8/5/2021) yang mendapatkan sambutan hangat dari pihak sekolah. Siswa kelas 4 SDN Bulumanis Kidul sangat tertarik dengan media papan musi ini. Selama ini, mereka hanya menggunakan metode pohon faktor dan tabel saja. 

 

Mereka dengan antusias mengerjakan beberapa soal KPK dan FPB di depan kelas menggunakan papan musi secara bergantian. Inovasi pembelajaran ini juga membuat guru kelas 4 menjadi tertarik. 

 

Ternyata, pembelajaran matematika dapat dikemas begitu menyenangkan. Setelah itu, penulis memberikan media papan musi ini kepada pihak sekolah. Harapannya dapat digunakan secara kontinuitas oleh guru kelas 4 dalam proses pembelajaran. 


Penulis: 
Muhammad Ihsan Asrofi
Matematika Undip

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »