Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Pembelajaran Matematika Berbasis Media Digital di SDN Jenggolo 03 Pati



Campusnesia.co.id -- Margorejo Pati (15/06), kasus covid di Indonesia yang saat ini masih meningkat, begitu juga kasus covid di Kabupaten Pati. Adanya kasus covid di kabupaten Pati yang masih meningkat ini, maka pembelajaran tatap muka untuk Sekolah Dasar masih belum bisa dilaksanakan, salah satunya adalah SDN Jenggolo 03. 

Dalam situasi seperti sekarang, Kepala Sekolah SDN Jenggolo 03 belum memperbolehkan siswanya melakukan pembelajaran tatap muka sehingga masih dilaksanakan pembelajaran daring. 

Sistem pembelajaran daring di SDN Jenggolo 03 ini yaitu melalui grup WhatsApp dimana untuk tugas yang diberikan oleh guru pamong dikirimkan melakui grup tersebut lalu dikumpulkan setiap seminggu sekali. 

Dengan keadaan yang serba terbatas, dan tidak semua orang tua siswa mendampingi siswa-siswi bahkan sebagian besar yang mengerjakan tugas para siswa adalah orangtuanya, sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman siswa dalam memahami materi dan tugas yang diberikan. 

 


Nurul Elvianti salah satu mahasiswa Matematika Undip yang sedang melakukan KKN di SDN Jenggolo 03 yang tergabung dalam program Kampus Mengajar Angkatan 1  membantu guru di SDN Jenggolo 03 melalui “Pembelajaran Matematika Berbasis Media Digital”. 

Dimana dalam pembelajaran matematika berbasis media digital ini, Ia membuat video pembelajaran matematika yang menarik sehingga dapat membantu guru dan mempermudah siswa SDN jenggolo 03 dalam belajar. 

 

Karena yang semula siswa hanya dapat mengakses tugas dan materi dari grup WhatsApp sehingga pemahaman materi sangat kurang, dengan adanya pembelajaran matematika berbasis digital yaitu berupa video pembelajaran yang menarik diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran numerisasi siswa SDN Jenggolo 03 serta membantu guru SDN Jenggolo 03 dalam pembelajaran daring.

Kegiatan ini disambut baik oleh pihak SDN Jenggolo 03 dan siswa-siswi SDN Jenggolo 03. Mereka merasa sangat terbantu dengan adanya video pembelajaran ini, sehingga mereka lebih mudah dalam belajar karena dengan adanya video pembelajaran matematika ini mereka bisa belajar matematika yang bisa dipelajari secara berulang-ulang.


Penulis: 
Nurul Elvianti


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »