Kreatif! Mahasiswa KKN Undip Ajak Ibu-Ibu Bikin Masakan Jepang Dengan Nasi Kuning

 


Campusnesia.co.id - Banyumanik, 8 Februari 2021 –  Mahasiswa KKN Undip sedang melaksanakan kegiatan KKN dengan tema Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Bekelanjutan (SDGs) pada 4 Januari – 16 Februari 2021. 

Pandemi Covid-19 belum berakhir, sampai awal Januari 2021 ini kasus Covid-19 di Jawa Tengah mencapai 100.000 jiwa. Berdasarkan monitoring data Kelurahan Pedalagan sejak awal Januari masuk ke dalam zona merah dengan 14kasus per hari. Kondisi ini menyebabkan masyarakat Kelurahan Pedalangan khususnya RW IV banyak yang mengalami penurunan ekonomi, serta banyak warga kehilangan pekerjaan. 

Dengan latar belakang di atas, mahasiswa KKN Undip dibawah bimbingan Dr. Mahfudz, SE, MT, memberi pelatihan pembuatan bento. 

Pelatihan ini dapat dijadikan peluang usaha baru untuk meningkatkan ekonomi di era pandemi covid-19 ini sekaligus ide baru untuk makanan bekal yang dapat dikemas secara praktis. 

Bento merupakan makanan bekal khas Jepang berupa nasi dengan lauk pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa dan dimakan di tempat lain, bento bisa dimakan sebagai makan siang, makam malam atau bekal piknik. 



Kegiatan berlangsung pada Minggu, 24 Januari 2021 di Rumah Ibu Ketua PKK RW IV atau Ibu Amin. Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan ibu-ibu PKK RW IV dengan atusiasme luar biasa, dalam pelatihan ini diberikan contoh pembuatan oleh mahasiswi KKN lalu ibu-ibu pratek langsung membuat bento secara bersamaan. 

Bento yang dihasilkan merupakan bento tradisional klasik berbentuk lucu dengan menggunakan nasi kuning dan dilengkapi abon, telur, sayur-sayuran, serta nori. Dengan pelatihan ini ibu-ibu semua diharapkan dapat membuka peluang usaha baru dengan varian bentuk bento.
         
Penulis:
Nike Liana Herawati
(Sastra Jepang – FIB UNDIP)

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »