Daftar 5 Pertanyaan Populer Seputar PKM dan PMW DIKTI

 

 

Campusnesia.co.id - Sobat, tahukah kamu di dunia perguruan tinggi, ada kompetisi tahunan yang bergengsi bernama PKM kepanjangan dari Program Kreatifitas Mahasiswa dan PMW kepanjangan dari Program Mahasiswa Wirausaha. Walau mirip keduanya ada perbedaan, dan untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut kami rangkus sejumlah pertanyaan yang sering muncul terkait PKM dan PMW, apa saja? ini daftarnya.

1. 
Q : Apa itu PKM?
A : PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa merupakan suatu wadah yang dikelola oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (DitjenBelmawa) untuk memfasilitasi potensi  mahasiswa dalam mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu yang didapat selama perkuliahan yang dibagi dalam beberapa bidang.
 
2.    
Q : Apa saja jenisnya?
A : Pada tahun 2019 bidang PKM berjumlah 6 bidang, yaitu:
 
- PKM-P (PKM Penelitian) merupakan program yang berfokus pada pengamatan mendalam berbasis iptek untuk mengungkap informasi baru, sesuai bidang ilmu para penelitinya.
 
- PKM-K (PKM Kewirausahaan) merupakan program yang berfokus pada produk iptek sebagai komoditas usaha mahasiswa.
 
- PKM-M (PKM Pengabdian Masyarakat) merupakan program yang dilaksanakan ke masyarakat dengan memberikan solusi iptek (teknologi/manajemen) yang bersifat non profit. 
 
- PKM T (PKM Teknologi) merupakan program yang menghasilkan solusi iptek (teknologi/manajemen) bagi mitra profit.
 
- PKM-KC (PKM Karya Cipta) merupakan program yang menampilkan hasil karya berupa konstruksi karsa yang fungsional.
 
- PKM AI (PKM Artikel Ilmiah) menampilkan hsil yang berupa artikel ilmiah hasil kegiatan akademik mhasiswa. Namun PKM bidang ini sau-satunya yang tidak masuk dalam ajang PIMNAS.
 
- PKM GT (PKM Gagasan Tertulis) menampilkan hasil karya tulis yang berisi gagasan/ide berupa konsep perubahan di masa depan.
 
- PKM GFK (PKM Gagasan Futuristik Konstruktif) memuat tulisan yang berisi isu SDGs dan isu Nasional.
 
3.    
Q : Berapa orang kelompok PKM?
A : Jumlah anggota dalam setiap kelompok PKM berbeda, yaitu
PKM-P : 3 orang
PKM-K : 3-5 orang
PKM-M : 4-6 orang
PKM-T : 4-6 orang
PKM-KC : 3 orang
PKM-AI : 3 orang
PKM-GT : 3 orang
PKM-GFK : 3 orang 
 
4.    
Q : Apa itu PIMNAS?
A : PIMNAS atau Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional merupakan tahap akhir dari pelaksanaan PKM dan sebagai wadah mempresentasikan dan berkomunikasi melalui produk intelektual yang berskala nasional.
 
Tim yang mengikuti PIMNAS tentu telah melalui proses penyaringan, dari tahap pengumpulan proposal, pendanaan, evaluasi laporan kemajuan program.
 
5.    
Q : Apa perbedaan PKM dan PMW?
A : PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) dan PMW (Program Mahasiswa Wirausaha) tentu berbeda, PMW merupakan wadah yang dikelola oleh DIKTI untuk  pengembangan pengetahuan, ketrampilan, dan jiwa berwirausaha mahasiswa yang berbassis IPTEK. Selain itu tahapan yang dilakukan selama seleksi program juga berbeda, begitu pula outpun yang diharapkan.
 
Salah satu hal mendasar yang membedakan PKM-K dengan PMW adalah besaran dana hibah atau modal yang diberikan. PMW jauh lebih besar, bahkan di tahun pertama PMW yaotu 2009 satu kelompok bisa mengajukan hingga 40 juta. Penulis sendiri merupakan alumni PMW Undip angakatan pertama dengan bisnis percetakan merchandise bernama Loetju.com yang kala itu didanai sebesar 30 juta. 

Perbedaan lain, proses magang, monitoring dan evaluasi PMW jauh lebih lama dan lebih intens, untuk benar-benar memastikan bisnis yang direncakan berjalan dan menghasilkan laba.

Kalau ngomongin persamaan, PKM-K dan PMW sama-sama angka keberhasilan programnya rendah, kurang dari 10% dari penerima modal usaha gugur dan bubar ditahun pertama, fenomena yang sangat disayangkan mengingat peluang dan kesempatan mendapatkan pendanaan dengan mudah tanpa ada kewajiban mengembalikan adalah previlage yang tidak dimiliki kebanyakan pengusaha pemula.

Sebagai penutup, sebagai mahasiswa perlu mengikuti berbagai lomba seperti PKM dan PMW guna mengasah jiwa kreatifitas, bekerjasama dan kompetisi. Tapi untuk PKM-K dan PMW jangan berhenti hingga lolos dan Pimnas tapi niatkan benar-benar menjalani usaha yang diajukan. Selamat mencoba.

Penulis: Ika Shintya
Editor: Nandar

Iklan


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »