7 Langkah Praktis Membuat Webinar, Kamu Juga Bisa




Campusnesia.co.id - Sejak diberlakukannya PSSB guna mencegah penyebaran virus covid-19, pelaksanaan seminar, rapat hingga kegiatan belajar mengajar secara online menjadi sebuah kebiasaan baru.

Kemudian karena kebutuhan, kini semua orang dituntut untuk bisa megadakan cara online, apalagi jika kamu adalah anggota organisasi, komunitas atau instansi tertentu.

Untuk yang masih bingung bagaimana step by step membuat webinar, artikel berikut akan membahasnya satu persatu.

Sebelumnya buat yang masih belum tahu apa itu webinar, secara harfiah berarti web based seminar, seminar yang dilalukan melalui website secara online, baik dengan audio saja maupun audio dan video.

Platform yang digunakan pun beragam, yang paling umum adalah Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, atau menggunakam platform sosial media seperti facebook live, instagram tv, youtube live streaming, twitter live streaming atau jika pesertanya hanya segelintir orang cukup menggunakan video call whatsapp.

Tahap demi tahap membuat membuat webinar:

1. Menentukan Tema
Hal pertama yang perlu kamu lalukan adalah menentukan tema misal tentang entrepreneurship. Selanjutnya menentukan judul yang lebih spesifik dari tema besarnya misalkan "agar bisnis tetap bertahan di masa pandemi".

2. Menentukan waktu
Setelah tema besar dan judul yang lebih spesifik, berikutnya adalah menetapkan waktu, tanggal bulan hari dan jam pelaksanaan.

3. Mencari pembicara yang kompeten
Jika webinar yang kamu buat membutuhkan pembicara lain, maka langkah nextnya adalah mencari dan memghubungi pembicara yang kompeten sesuai topik yang akan dikupas dalam seminar nanti. 

Jangan lupa hubungi pembicara dengam sopan, sampaikan maksud dan tujuan serta siapkan TOR (term of reference) yang berisi latar belakang acara, topik dan poin-poin yang ingin didapat dari pembicara, profile peserta seperti latar belakang, jumlah metode pelaksanaan seminar, apakah talkshow atau seminar, waktu, pelaksanaan tanya jawab, media yang digunakan dll. Dengan memberikan TOR yang detail akan memudahkan persiapan pembicara agar webinar lebih maksimal.

4. Membuat poster acara 
Jika tiga langkah di atas sudah dilaksanakan selanjutnya adalah membuat poster atau pamflet kegiatan yang akan disebar ke khalayak bahwa akan ada sebuah webinar yang kamu buat.

Hal penting yang tidak boleh dilupakan dalam membuat sebuah poster acara adalah kelengkapan informasinya. Desain yang estetik itu bagus tapi jangan melupaka esensi informasi acaranya.

Poster acara yang baik setidaknya harus memenuhi unsur, nama acara, judul acara, pembicara (bisa ditambahan background pembicara yang sesuai dengan topik), waktu pelaksanaan, metode pelaksanaan, platform yang digunakan, cara pendaftaran, kontak penyelenggara (narahubung), sponsor dan media partner jika ada.

Bisa juga ditambahkan benefit dari mengikuti webinar tersebut, contoh akan diberikan copy materi, memdapat sertifikat atau yang benefit yang lain. Jika kesulitan membuat sendiri poster yang menarik bisa memanfaatkan jasa desainer grafis.

5. Promosi
Setelah selesai membuat poster atau pamflet acara, selanjutnya adalah menyebar informasi tersebut agar banyak khalayak yang mengetahui dan berpotensi mendaftar.

Bisa menggunakan sosial media seperti twitter, instagram, facebook atau kirim ke group-group whatsapp. Tips agar tidak mubazir sebarlah di paltform yang sesuai dengan target peserta, misal target peserta adalah mahasiswa tentu akan leboh efektif jika mengirim poster di grup kampus daripada grup keluarga besar.

6. Persiapan hari H
Apabila semua persiapan pra acara sudah lengkap, berikutnya adalah menyiapkan pelaksanaan webinar hari H, pastikan sebelum hari kembali mengingatkan pembicara. Pastikan peralatan seperti laptop atau PC, microfon, jaringan intermet dan peralatan teknis yang lain sudah siap sebelum pelaksanaan. 

And..Silahlan melaksanakan webinar semoga lancar.

7. Evaluasi
Acara sudah selesai? Eits jangan jangan leha-leha dulu. Hal yang tidak boleh dilupakan adalah evaluasi, seperti rumus sederhana yaitu Plan-Action-Evaluation.

Evaluasi pelaksanaan webinar, apa saja yang kurang, apa penyebanya dan menurutmu apa solusinya.

Hasil evaluasi ini akan berguna tatkala membuat webinar selanjutnya, sehingga tidak perlu mengulang kesalahan yang sama dan bisa jadi lebih baik.

Oke sobat campusnesia, itu tadi 7 langkah membuat webinar yang sukses. Punya tips lain? Jangan lupa share di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat sampai jumpa.

Penulis: Nandar
Gambar: Freepik

Baca Juga:

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »